Pacitan

Berkah Ramadan Pedagang Musiman

PACITAN – Jelang matahari tenggelam puluhan pedagang mulai membuka lapak. Berjejer di tepi Jalan Jendral Sudirman, Pacitan. Persisnya di depan Pasar Arjowinangun. Mereka didominasi ibu-ibu yang menawarkan aneka takjil untuk berbuka puasa. Ramadan memang momen para pedagang musiman itu untuk mengais berkah. ‘’Setiap tahun jualan di sini,’’ ujar Rina Andriani, salah seorang penjual takjil, Selasa (7/5).

Rina menekuni tradisi ini sejak tiga tahun silam. Berawal dari melihat banyaknya penjual serupa yang laris manis. Dia lantas membuka stand di lokasi tersebut. Aneka takjil seperti dawet, es buah, es kelapa muda hingga gorengan dijualnya. Saban hari puluhan cup es ludes terjual. ‘’Alhamdulillah. Ini berkah Ramadan,’’ ucapnya.

Lokasi strategis ditambah banyaknya jenis takjil, jadi daya tarik pembeli. Jika dirata-rata, omzet jutaan rupiah masuk ke kantong warga Sirnoboyo, Pacitan, itu dalam sebulan. Dalam sehari dia hanya buka lapak pukul 15.00 hingga pukul 17.00. ‘’Biasanya kalau menjelang magrib sudah sepi, ramainya sekitar jam empat,’’ imbuhnya.

Meski berjualan di tepi jalan, aman dari lalu lalang kendaraan. Pasalnya sisa jalur yang ada masih lancar dilalui kendaraan. Namun, beberapa pembeli yang menggunakan mobil sempat membuat jalur macet karena harus bergantian parkir. Agar tidak lama antre, Rina menyediakan minuman dalam cup. ‘’Hanya sebentar jadi gak terlalu mengganggu,’’ jelas Rina.

Berkah Ramadan juga dirasakan Rahayu. Meski baru tahun ini berjualan takjil, pada hari pertama puasa lalu dagangannya laris manis. Penjual es campur tersebut sampai kuwalahan melayani para pembeli. Dibanding jualan di rumah, omzetnya dua kali lipat. ‘’Banyak yang terjual. Sampai lupa tak menghitung,’’ ujarnya.

Selain di depan Pasar Arjowinangun, penjual takjil juga terlihat hampir di semua ruas jalan Pacitan. Beberapa di antaranya membuka lapak di depan rumah masing-masing. Sebagian lainnya berkelompok seperti yang difasilitasi di halaman Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pacitan. (gen/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close