features

Berkah Kemajuan Teknologi Digital bagi Perpustakaan di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 tidak menjadi kendala bagi kalangan pelajar untuk memperkaya literasinya. Mereka dapat meminjam buku koleksi perpustakaan melalui aplikasi online. Salah satunya E-Library.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

KOMPLEKS SMAN 3 Taruna Angkasa siang itu tampak lengang. Hanya terlihat beberapa guru dan petugas kebersihan. Pun, ruang-ruang kelas kosong melompong dengan pintu terkunci rapat.

Pemandangan serupa terlihat di ruang perpustakaan sekolah itu. Hanya terlihat dua petugas sedang mengecek online public access catalog (OPAC) sembari mendata beberapa buku.

Suasana sepi itu dapat dimaklumi. Sebab, tidak ada pembelajaran tatap muka (PTM) karena masih dalam situasi pandemi. Meski begitu, perpustakaan sekolah tersebut tetap beroperasi. Urusan pinjam-meminjam buku tetap jalan melalui aplikasi E-Library yang dapat diakses melalui gadget, laptop, maupun komputer. ‘’Syaratnya sudah terdaftar dan memiliki akun,’’ kata Waka Kurikulum SMAN 3 Taruna Angkasa Muhadi Prayitno.

Aplikasi E-Library tidak semata untuk mendapatkan literatur dalam format e-book. Melainkan di dalamnya juga ada kegiatan interaktif dan tersistem yang dapat diakses 24 jam nonstop. ”Saat ini koleksinya ada 10 ribu judul dengan 20 ribu eksemplar. Ditambah e-book sebanyak 300 judul,’’ ungkapnya.

Meminjam buku melalui E-Library tidak terkendala seberapa banyak koleksi buku. Sebab, buku yang disediakan disesuaikan jumlah siswa dan guru. ‘’Jadi, misalnya siswa kelas XII jumlahnya 204 anak, setiap judul buku jumlahnya juga kurang lebih segitu,” imbuhnya.

Selain E-Library, SMAN 3 Taruna Angkasa juga mengembangkan portal sekolah digital. Baik lewat akun belajar.id yang disediakan kementerian, Google for Education, maupun platform hasil kreasi sendiri. Dengan platform itu, setting kelas online, pembuatan jurnal mengajar, maupun presensi dapat dilakukan dengan mudah. ”Saat ini fiturnya masih dikembangkan,” ujarnya. * (dilengkapi Elit AS-Friska OF/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button