PeristiwaPonorogo

Beringin Tumbang, Ponorogo-Magetan Macet Sejam

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Laju kendaraan di Jalan Raya Sampung-Parang sempat tersendat Rabu siang (25/12). Pemicunya pohon beringin yang berada di pinggir jalur penghubung antara Ponorogo-Magetan itu tumbang menutup jalan tersebut.

Agar kemacetan tidak terlalu panjang, pihak BPBD yang turun ke lokasi langsung melakukan pemotongan menggunakan gergaji mesin. Beruntung kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa. ‘’Angin yang menyertai hujan kemarin memang cukup kencang di beberapa wilayah, termasuk di Sampung,’’ kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono.

Batang beringin yang roboh tersebut berdiameter 60 sentimeter. Dengan tinggi pohon sekitar 10 meter. Pohon tumbang mengenai kabel jaringan Telkom. ‘’Perlu segera dievakuasi karena jalan raya,’’ ujarnya.

Butuh waktu hampir satu jam untuk mengevakuasi pohon peneduh tersebut. Akibatnya, akses kendaraan sempat lumpuh. ‘’Alhamdulillah bisa langsung teratasi oleh petugas dibantu warga sekitar,’’ ucap Budi.

Curah hujan yang tinggi ditambah embusan angin kencang sempat melanda sebagian wilayah Ponorogo kemarin. Kondisi yang sama masih akan terjadi beberapa hari mendatang.

Budi menyatakan, yang terjadi beberapa hari terakhir merupakan karakter khas musim hujan. Tidak termasuk anomali cuaca. Karena itu, dia mengimbau agar masyarakat Ponorogo tetap tenang. Serta aktif melaporkan kejadian bencana di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka. ‘’Supaya penanganan bisa dilakukan segera dengan cepat dan tepat. Apalagi, saat ini belum memasuki puncak musim penghujan. Masyarakat harus waspada,’’ pesannya. (naz/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close