News

Berikut Yang Termasuk Potensi Perairan Laos Adalah

×

Berikut Yang Termasuk Potensi Perairan Laos Adalah

Share this article

Berikut Yang Termasuk Potensi Perairan Laos Adalah – Makalah Geografi kelas 8 ini membahas tentang potensi sumber daya alam yang dimiliki setiap negara ASEAN.

Pernahkah Anda mendengar tentang ASEAN? ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah perkumpulan negara-negara Asia Tenggara di bidang ekonomi dan geopolitik. Jadi hanya negara-negara Asia Tenggara yang bisa bergabung dalam serikat ini. Namun, ada satu negara di kawasan Asia Tenggara yang belum menjadi anggota ASEAN lho! Negara tersebut adalah Timor Timur.

Berikut Yang Termasuk Potensi Perairan Laos Adalah

Faktanya, Timor Timur telah mengajukan keanggotaan ASEAN sejak tahun 2011. Namun, pembicaraan keanggotaan masih berlangsung di antara negara-negara anggota ASEAN lainnya.

Taman Nasional Indah Di Asia Tenggara, Bromo Dan Pulau Komodo Masuk Daftar

Karena letaknya dalam satu kawasan, kondisi alam dan sosial negara-negara ASEAN cenderung homogen. Hal ini memudahkan interaksi antar negara-negara ASEAN. Hampir semua negara ASEAN punya sumber daya alam di bidang pertanian dan pertambangan, kawan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail potensi berbagai jenis sumber daya alam di negara-negara ASEAN. Apakah Anda ingin mengetahui sesuatu? Ayo

Negara pertama adalah Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan potensi sumber daya alam yang sangat banyak lho! Mulai dari potensi alam yang indah, air bersih, tanah subur, transformasi hewan dan tumbuhan menjadi habitatnya. Yang mendominasi sektor pertanian adalah rempah-rempah, beras, teh, kopi, kelapa sawit, karet, tebu dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya unggul di sektor pertanian, sektor kelautan dan perikanan juga sangat kaya akan sumber daya alam. Dengan 70% wilayahnya tertutup air, Indonesia telah menjadi rumah yang nyaman bagi banyak ikan dan hewan air lainnya. Maka Indonesia tidak mau kalah di sektor pertambangan. Minyak bumi, gas alam, emas, timah dan tembaga masih menjadi sumber daya alam dan sumber penghidupan sebagian besar masyarakat.

Baca Juga  500 Gram Berapa Sendok

Ia berpindah dari Pulau Kalimantan ke negara tetangga yaitu Malaysia. Malaysia masih satu negara dengan kita lho! Hal ini terbukti dengan kondisi geografis yang hampir sama, dan potensi sumber daya alam yang dimilikinya hampir sama dengan negara kita. Dari sektor pertanian, komoditas utama Malaysia adalah beras, karet, teh, dan minyak sawit. Di luar sektor pertambangan, Malaysia memiliki sumber daya alam berupa minyak, gas alam, timah, emas, dan bauksit. Kedengarannya seperti Indonesia, bukan?

Manfaat Waduk Bagi Lingkungan Dan Makhluk Hidup Di Sekitarnya

Berikutnya adalah negara ASEAN ketiga yakni Brunei Darussalam. Terletak di puncak Pulau Kalimantan, negara ini juga kaya akan sumber daya alam

Yaitu di sektor pertambangan minyak dan gas bumi. Tahu? Brunei mampu memproduksi 180.000 barel minyak setiap harinya lho! Hingga didirikan monumen miliar barel di pantai Seria untuk mengenang satu miliar barel minyak yang diproduksi di negeri ini. Tidak hanya sektor pertambangan yang menghasilkan produk, dari sektor pertanian, Brunei Darussalam juga memiliki sumber daya alam berupa kelapa, kelapa sawit, dan karet.

Negara kelima adalah Kamboja. Tahukah Anda kalau bendera Kamboja merupakan satu-satunya bendera di dunia yang bergambar bangunan?

Artinya bentuk bangunan Angkor. Kamboja mempunyai potensi sumber daya alam yang hampir sama dengan negara tetangganya di bidang pertanian, yaitu karet, beras, kayu, dan umbi-umbian. Sektor pertambangan di negara Kamboja cukup luas, artinya memiliki gas alam, minyak, dan batu mulia berupa safir dan rubi.

Pengalaman Snorkeling Dan Menyelam Moon Bay Dari Kota Kinabalu, Malaysia

, atau kira-kira seukuran kota Jakarta. Oleh karena itu, Singapura tidak memiliki sumber daya alam seperti negara-negara ASEAN lainnya. Namun letak geografis negara yang strategis yaitu berada di selatan Semenanjung Malaka membuat negara ini berkembang dalam hal transportasi internasional. Meskipun Singapura tidak menghasilkan banyak pendapatan dari sektor sumber daya alam, namun Singapura merupakan salah satu negara maju di ASEAN yang pendapatannya didominasi oleh sektor jasa.

Baca Juga  Berikut Yang Tidak Disebabkan Oleh Tumpukan Sampah Adalah

Negara terakhir yang bergabung dengan ASEAN adalah Vietnam. Vietnam merupakan negara unik berbentuk S. Selain bentuk negaranya yang unik, Vietnam memiliki sumber daya alam yang luar biasa yaitu Teluk Halong. Teluk Halong adalah keajaiban dunia ke-7

Di sektor pertanian, Vietnam memiliki sumber daya berupa beras, karet, kedelai, kopi, dan teh. Hampir seperti negara tetangga, di sektor pertambangan, Vietnam juga memproduksi minyak dan batu bara.

Negara ketujuh adalah Myanmar. Myanmar merupakan negara yang kaya akan sumber daya mineral yaitu tembaga, emas, timah, seng, perak, batu mulia, gas alam, dan nikel. Tahukah Anda kalau batu giok menjadi salah satu favorit negeri ini? Nah, tak hanya pertambangan, Myanmar juga punya sektor pertanian yang besar

Daftar Negara Asia Yang Terkena Dampak Gelombang Panas, Ada Indonesia?

Negara selanjutnya yang akan kita bahas adalah Filipina. Filipina adalah negara kepulauan di dekat Samudera Pasifik. Tahukah Anda bahwa Filipina merupakan negara dengan potensi sumber daya alam pertanian seperti padi, jagung, gula, kopra, buah-buahan dan abaka (serat Manila). Tak hanya sumber daya pertanian, Filipina juga punya sumber daya pertambangan

Thailand merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan terkenal dengan keindahan pantainya. Namun tahukah Anda kalau Thailand terkenal dengan hasil pertaniannya selain pantainya yang indah

Thailand mampu menghasilkan produk pertanian berupa padi, jagung, tebu, umbi-umbian, karet, cengkeh, jati, bahkan kayu ulin. Tak hanya itu, Thailand juga memiliki timah, tembaga, minyak, gas alam, bijih besi, emas, timah, dan tungsten.

Berikutnya negara keenam adalah Laos. Walaupun negara ini tidak memiliki laut, namun mempunyai sumber daya alam yang sangat dimanfaatkan dengan baik. Negara ini menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang menyuplai listrik secara online

Baca Juga  Persamaan Negara Indonesia Dan Malaysia

Nomor 2 Yaaaa Pliiis Bgtttt

. Wah, bagus sekali, bukan? Listrik dalam jumlah besar ini dihasilkan dengan menenggelamkan sebuah danau besar di Luang Prabang, Laos. Laos tak hanya punya banyak listrik, tapi juga penghasil kayu jati dan cendana lho!

Sayangnya, potensi sumber daya alam di negara-negara ASEAN ternyata unik. Semua mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ada negara penghasil batu mulia sehingga terkenal dengan bentuknya yang unik. Apakah Anda ingin belajar di negara lain selain ASEAN? Ayo berlangganan Ruangstudy. Jadikan pembelajaran Anda lebih menyenangkan dengan video yang memudahkan pembelajaran.

Mukminan, Endang Mulyani, M. Nursa’ban dan Supardi. 2017. IPS Kelas VIII SMP/MTS Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Hampir 10 Tahun Penantian, Timor Timur Segera Bergabung dengan ASEAN” (2020) [Online]. Tautan: http://setnas-asean.id/news-events/read/almost-10-tahun-menanti-timor-leste-segera-joining-dengan-asean (diakses 19 Agustus 2021).

Mengenal Asia Tenggara: Letak, Keragaman Hingga Organisasi Asean

Yang termasuk perairan nusantara, berikut yang termasuk iklan kesehatan adalah, berikut yang termasuk 6m adalah, berikut yang termasuk reklame adalah, berikut yang termasuk, berikut ini yang termasuk contoh domain adalah, berikut yang termasuk kegiatan impor adalah, berikut yang tidak termasuk limbah anorganik adalah, berikut ini yang termasuk limbah organik adalah, berikut yang termasuk energi terbarukan adalah, berikut yang termasuk alat musik ritmis adalah, berikut ini yang termasuk fungsi protein adalah