Berikut Yang Bukan Termasuk Keunikan Dan Heterogenitas Bangsa Indonesia Adalah – E-modul ini mencakup teori dasar, tutorial, dan lokakarya. Memberikan kursus cara membuat peta sebaran tanaman daerah di Indonesia menggunakan ArcGIS Desktop dan ArcGIS Online, membuat informasi menggunakan Peta dan petunjuk penggunaan dalam E-Atlas Nasional. Modul e-learning ini diharapkan dapat membantu para guru geografi untuk mengembangkan dan memperkenalkan suku bangsa Indonesia dan berbagai platform pembelajaran.
KATA PENGANTAR Bismillahirrohmanirrohim Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang selalu melimpahkan kasih sayang, taufik, dan hidayah-Nya kepada saya, yang telah memberi saya kekuatan dan kesabaran untuk dapat menulis bagian ini. Tentang Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Sosial untuk Persiapan Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam Wabah Corona Virus Disease (COVID-19) 2019. Tidak ada pengajaran tatap muka di beberapa daerah. Artinya, penulis e-modul bertanggung jawab untuk membuat e-modul untuk mengidentifikasi berbagai suku bangsa Indonesia melalui ArcGIS Desktop, ArcGIS Online, StoryMap dan E-Atlas, serta tutorial dalam penggunaannya sebagai platform pembelajaran. . Modul e-learning ini diharapkan dapat membantu para guru geografi untuk mengembangkan dan memperkenalkan suku bangsa Indonesia dan berbagai platform pembelajaran. Karena siswa bersemangat dan ingin tahu tentang apa yang disajikan. Akhir kata, komentar, kritik, saran dan pendapat dalam bentuk apapun dari para pembaca akan diterima oleh penulis untuk perbaikan email selanjutnya. Circon, Juli 2021, Penulis 1
Berikut Yang Bukan Termasuk Keunikan Dan Heterogenitas Bangsa Indonesia Adalah
TAMBAHKAN KATA UNTUK SAMBUTAN GRATIS ……………………………………………… ……… .. . .1 DAFTAR ISI. . . . . . . . . …………………………4 A. Pengaturan Modul … ……. . . . . .. ………………….4 B. Kompetensi Dasar ………………………… . . . … ……4 C. Proyek Studi ……………………………… … MASTER. . . . . . . . A. Syarat dan Ketentuan ………………………………………. .. . .5 B. Ibadah Kebangsaan ……………………………………….. ………… .. .. D. Penyebaran Etnis di Indonesia. . . . . . . . . . . . . . . ………………………………15 2) Menurut situasi setempat …… .. 18 E Kebudayaan Tradisional di Indonesia ……………………………….. …. ……. ………………………………………. ….. ………………………… . . . . . . . . . . . . . . ……………………………………………23 A. Alat dan Bahan ….. …. … . . ……. .. .. .. .. . . . . . KURSUS ………………………………………. . ….. …………………………………….. . …….26 A. Alat dan Bahan. . . . . . ………………. .. ..26 B. Jejak ………… .. . . . . . . …….. 26 2
Berikut Yang Bukan Merupakan Keunikan Dan Heterogenitas Bangsa Indonesia Adalah
TUTORIAL CERITA ArcGIS ………………………………………. . …. . . . . . . . . . … 34 B. Langkah-langkah ………………………… … . 34 Informasi Daring ATLAS. . . . . . . . . . . . . . . . . .46 B. Langkah. ………………………………………. .. .46 Siswa lokakarya. . Buku kecil…… . . . . 54 3
PENDAHULUAN A. Identitas Mata Kuliah : Kelas/Semester Geografi : XI/Even Online Link Modul : • https://www.arcgis.com/apps/instant/countdown/ind ex.html?appid=3a9c68fc9780464ebe93a848fc20fdb 3 • (Arcgis Online) https . sebagai wilayah identitas budaya sebagai satu kesatuan bangsa yang didasarkan pada keunikan budaya nasional. Saya merentangkan tangan. C. Tujuan Pembelajaran Berdasarkan model pembelajaran, siswa diharapkan mampu: • Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman budaya di Indonesia • Memvalidasi keberadaan berbagai budaya di negara tersebut, menggunakan platform pembelajaran yang berbeda. di Indonesia • Memvalidasi keberadaan berbagai budaya tanah air menggunakan berbagai platform pembelajaran ArcGis Online 4
SUBJECT A. Budaya dan Kebudayaan Arti kata budaya dalam bahasa Sanskerta atau buddhayah, bentuk jamak dari buddhi (budi atau budi) berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan pemikiran seseorang. Bentuk lain dari kata tradisi adalah tradisi, yang berasal dari bahasa Latin tradisi. Budaya adalah cara hidup yang dikembangkan dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Mereka semua adalah contoh budaya. Budaya memiliki banyak kompleksitas, termasuk disiplin agama dan politik, adat istiadat, bahasa, alat, pakaian, bangunan, dan seni. Budaya sangat dekat dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski berpendapat bahwa segala sesuatu dalam masyarakat dibentuk oleh budaya masyarakat itu sendiri. Istilah untuk gagasan itu adalah determinisme budaya. Berikut pengertian budaya menurut para ahli: • Menurut Herskovits, artinya berpindah dari satu generasi ke generasi lainnya dan disebut superorganik. • Budaya Andreas Eppink mencakup semua pengetahuan, nilai, praktik, pengetahuan dan struktur sosial, agama, dan lainnya, selain ekspresi intelektual dan keterampilan yang mewakili masyarakat. • Edward B.Taylor 5
Budaya adalah totalitas pengetahuan, agama, seni, tata krama, hukum, adat istiadat, dan hak-hak lain yang diperoleh seseorang sebagai anggota masyarakat. • Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi Kebudayaan adalah cara membuat, mengecap dan mencipta masyarakat. Dari jenis-jenis definisi tersebut kita dapat melihat pengertian kebudayaan yang sampai pada tataran pengetahuan, yang meliputi sistem pemikiran atau gagasan yang ada dalam benak seseorang, dan oleh karena itu dalam dunianya masing-masing. Tapi maknanya abstrak. . Budaya dapat dibagi menjadi budaya lokal dan budaya nasional. Kebudayaan daerah adalah kebudayaan suatu daerah atau masyarakat tertentu, yang diwariskan secara turun-temurun dalam batas-batas wilayah tersebut. Kultus lokal lahir ketika penduduk suatu wilayah berpartisipasi dalam semua aspek tindakan dan perilaku, bahkan dengan pemikiran yang sama. Semua ini untuk membedakan jalan dari penduduk daerah lain. Kebudayaan lokal merupakan salah satu aspek dari kebudayaan nasional, sehingga kebudayaan nasional merupakan kompleks kebudayaan lokal atau daerah suatu bangsa. Nilai budaya Menurut J.J. Hoenigman membagi hakikat budaya menjadi tiga: ide, tindakan, dan benda. • Budaya pikir (spesimen) adalah kumpulan pemikiran, gagasan, nilai, adat istiadat, hukum, dan lain-lain, yang sifatnya abstrak, yaitu tidak mungkin disentuh atau disentuh. Sifat budaya ini tergantung pada pendapat anggota masyarakat. Jika masyarakat menyampaikan pendapatnya dalam bentuk 6
Soal Kelompok 3 Pkn
Menulis, ada tempat budaya yang baik dalam jurnal dan buku-buku dari Writers’ Society. • Kerja (doing) merupakan wujud kebudayaan sebagai model perilaku manusia dalam masyarakat tersebut. Bentuk ini disebut sistem sosial. Sistem sosial ini menyangkut kegiatan orang-orang yang berinteraksi, berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain menurut pola-pola tertentu berdasarkan prinsip-prinsip organisasi. Sifatnya pasti terjadi dalam kehidupan bersama dan dapat diamati serta dicatat. • Baik (pekerjaan) adalah wujud kebudayaan jasmani berupa hasil kerja, perbuatan dan kegiatan semua orang dalam masyarakat, benda atau benda yang dapat disentuh, dilihat dan ditulis. Karakternya paling konkret di ketiga budaya. Dalam masalah kehidupan sosial, satu jenis budaya tidak dapat dipisahkan dari jenis budaya lainnya. Misalnya: budaya yang ideal akan mengendalikan dan memusatkan perhatian pada aktivitas (pekerjaan) dan aktivitas orang. Unsur Kebudayaan Menurut Kluckhohn, ada 7 unsur kebudayaan di seluruh dunia (berbagai jenis kebudayaan di dunia), yaitu: • Bahasa • Ilmu pengetahuan, sistem teknis • Sistem teknis, alat • Sistem kesenian • Sistem kehidupan • Sistem religi • Sistem keluarga, dan Lembaga Sosial 7
B. Kebudayaan Nasional Menurut Koentjaraningrat dalam buku Kebudayaan, Pikiran dan Pembangunan (2004), kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang didukung oleh mayoritas warga bangsa, merupakan tatanan istimewa dan membanggakan yang memberikan identitas kepada pemerintah. dan warga negara. Hal-hal yang harus diperhatikan dan dihadapi dalam rangka melestarikan aset budaya adalah: • pengalaman budaya (cultural experience) dapat menjadi model pengalaman budaya dengan mengajarkan anak lagu daerah sejak kecil dan sosialisasi bernyanyi bersama. Dengan cara ini lagu-lagu daerah yang populer akan dikenang. • Pengetahuan budaya Salah satu cara melestarikan budaya adalah dengan membuat pusat informasi budaya. Misalnya Pusat Kebudayaan Betawi di Setu Babakan. Jika Anda berkunjung ke sana, Anda akan melihat dan mendapatkan banyak pengetahuan tentang budaya Betawi. • Pengenalan Budaya Nasional Strategi pelestarian budaya lainnya adalah dengan memperkenalkan budaya nasional kepada masyarakat melalui pameran budaya, pemutaran film budaya, dan wisata budaya. • Pemerintah memainkan peran yang semakin penting dalam memperoleh dan mempertahankan budaya. Pengendalian event tersebut adalah: a. Pengetahuan daerah yang komprehensif seperti bahasa daerah dan keterampilan daerah pada kurikulum kelas 8
B. Promosi budaya didasarkan pada pariwisata daerah, menjual produk lokal tertentu, termasuk pertunjukan budaya. Menyelenggarakan berbagai pertunjukan budaya. • Memperluas kolaborasi Komunitas Lokal dengan meningkatkan kreasi komunitas lokal untuk mengoptimalkan proses dan potensi budaya yang sangat penting. Tujuannya adalah untuk menciptakan sektor pariwisata sekaligus ekonomi kreatif berbasis budaya lokal. • Tulisan dan Tulisan Tradisional seperti foto, video dan audio adalah cara terbaik untuk memperkenalkan budaya kepada generasi mendatang. Oleh karena itu, jika memungkinkan untuk memiliki benda-benda seperti kesenian, tujuannya jangan sampai menghilangkan budaya daerah karena dirusak atau diklaim oleh pihak asing. Mereka adalah di antara fungsi budaya nasional. • Sistem konsep dan simbol yang mewakili identitas warga negara Indonesia. Namun karena kebudayaan masyarakat India sangat dibutuhkan, unsur utamanya adalah hasil karya masyarakat India dan menjadi dasar pemikiran dan sikap mereka dalam kondisi India, maka kebudayaan harus menjadi kebanggaan warga negara india agar semua orang dapat hidup. yang ingin mengidentifikasi dengan budaya Indonesia. . • Sebagai sistem dan simbol yang dapat digunakan oleh banyak orang Indonesia untuk berkomunikasi satu sama lain. 9
C. Keanekaragaman Budaya Indonesia Kebudayaan merupakan bagian dari kehidupan manusia, karena segala aspek kehidupan manusia berkaitan dengan kebudayaan. Dengan kemampuan masyarakat untuk belajar dalam kehidupan, budaya juga berkembang. Keanekaragaman budaya didefinisikan sebagai proses pengembangan budaya yang berbeda untuk menjadi bangsa yang multikultural. • Keberagaman suku Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), suku bangsa adalah kelompok suku dan budaya yang terbentuk secara turun-temurun. Identitas dan atribut etnis suatu kelompok sosial diwariskan kepada anak cucu. Ini adalah identitas etnis dan atribut sistem keragaman budaya
Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (differentiated Instruction)
Berikut ini yang bukan termasuk software spreadsheet adalah, berikut ini yang bukan termasuk media iklan non elektronik adalah, berikut ini yang bukan termasuk media untuk iklan elektronik adalah, berikut ini yang bukan termasuk infaq sunnah adalah infaq, berikut ini yang bukan termasuk aplikasi komputer akuntansi adalah, berikut yang bukan termasuk teknologi informasi dan komunikasi modern adalah, berikut yang bukan termasuk komponen bargainser adalah, berikut yang bukan termasuk rasul ulul azmi adalah, berikut ini yang tidak termasuk lembaga keuangan bukan bank adalah, berikut ini yang bukan termasuk kegunaan infaq adalah, berikut yang bukan termasuk perangkat keras hardware adalah, berikut ini yang bukan termasuk kelompok program microsoft office adalah