News

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Prinsip Pembangunan Kota Adalah

×

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Prinsip Pembangunan Kota Adalah

Share this article

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Prinsip Pembangunan Kota Adalah – Presiden Joko Widodo menyampaikan pemaparan perkembangan Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN) di sela-sela peresmian gedung Menara Nasdem di Jakarta, Selasa (22 Februari 2022). Presiden menyampaikan, IKN Nusantara merupakan kota berkonsep “smart forest city” yang 70 persen wilayahnya merupakan ruang hijau, 80 persen kendaraan yang ada merupakan angkutan umum, dan lebih dari 80 persen didukung oleh energi hijau. “pembangkit listrik tenaga air” di Sungai Kayan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Ponsel. (FOTO OLEH ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) – Perkembangan Ibu Kota Negara (IKN) bernama Nusantara semakin dekat setelah UU No. 3 Tahun 2022 di IKN pada tanggal 15 Februari 2022.

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Prinsip Pembangunan Kota Adalah

Untuk benar-benar membangun IKN, diperlukan regulasi dari UU IKN yang meliputi 3 Peraturan Pemerintah (PP), 5 Peraturan Presiden (perpres), 1 Peraturan Presiden (keppres) dan 1 Peraturan Kepala Kantor IKN. .

Memahami Pembangunan Dan Pengembangan Wilayah

Banyak spekulasi mengenai siapa yang akan diangkat menjadi ketua badan IKN, karena undang-undang mengatur bahwa pengangkatan ketua badan IKN dilakukan paling lambat 2 bulan setelah undang-undang tersebut diundangkan.

Presiden Jokowi mengumumkan pada pembukaan kantor DPP Nasdem pada 22 Februari 2022 bahwa ia akan menunjuk ketua partai di badan IKN pada awal Maret.

Diharapkan pula pimpinan lembaga IKN dapat mewujudkan visi IKN yang menunjukkan kehebatan bangsa Indonesia, mencerminkan jati diri bangsa, menjamin kelestarian sosial ekonomi dan lingkungan, mewujudkan kota hutan, “cerdas”. kota”, modern dan berkelanjutan serta berstandar internasional.

Masa jabatan ketua badan IKN adalah 5 tahun dan dapat diangkat oleh Presiden setelah berkonsultasi dengan DPR dan dapat diangkat kembali.

Profil Gender Dan Anak Kota Bandung 2021 By Open Data Kota Bandung

Untuk dapat membayangkan seperti apa bentuk IKN tersebut, pemerintah menyiapkan rencana umum IKN yang tertuang dalam undang-undang no. 3 Tahun 2022 di IKN.

Rencana induk setebal 126 halaman itu merinci bagaimana IKN akan dibangun seluas sekitar 256.142 hektar dan wilayah laut sekitar 68.189 hektar di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam penjelasan undang-undang no. Dalam Pasal 3 IKN 2022, pemerintah juga menjelaskan alasan perpindahan modal. Dokumen tersebut menyatakan: “Penyerahan tersebut didasarkan pada terkonsentrasinya kegiatan perekonomian di Jakarta dan Jawa sehingga menimbulkan kesenjangan ekonomi antara Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa.

Pemindahan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa diharapkan dapat mempercepat pengurangan kesenjangan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah di luar Pulau Jawa, khususnya di wilayah timur Indonesia.

Materi Geografi Kelas 12 Semester 1, Interaksi Desa Dan Kota

Alasan kedua adalah hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa Jakarta tidak lagi mampu memenuhi perannya sebagai ibu kota negara karena pesatnya pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, menurunnya kondisi dan fungsi lingkungan hidup, serta menurunnya kenyamanan hidup. .

“Dari segi semantik sejarah, makna nusantara berbeda-beda, namun secara umum diartikan sebagai lautan antara pulau dan pulau. Dalam berbagai versi sejarah, nusantara dimasukkan sebagai lingua franca dan menjadi bahasa ikonik yang dikenal dunia. kata ganti kepulauan Indonesia,” bunyi UU IKN.

Baca Juga  Berikut Ini Yang Bukan Sifat Bangun Ruang Kerucut Adalah

A. Kota berkelanjutan di dunia yang menciptakan kenyamanan, keselarasan dengan alam, ketahanan dengan penggunaan sumber daya yang efisien dan emisi karbon yang rendah;

B. Mendorong perekonomian Indonesia menuju masa depan dengan memberikan peluang ekonomi bagi semua melalui potensi, inovasi dan pengembangan teknologi; sebaik

Teori Maqashid Al Syariah Dan Penerapannya Pada Perbankan Syariah

Rencana induk IKN menyebutkan bahwa IKN memadukan tiga konsep perkotaan, yaitu IKN sebagai kota hutan, kota spons, dan kota pintar. Apa artinya?

Penggunaan konsep kota hutan di IKN bukan untuk penghijauan kota yang dibangun dengan penyediaan ruang terbuka hijau (RTH), melainkan kota yang didominasi oleh lanskap hutan terstruktur atau RTH.

Prinsip kota hutan adalah kota yang dapat menjaga fungsi ekologi hutan, menyerap karbon, melestarikan keanekaragaman hayati, dan mengelola lingkungan hidup.

1. Meminimalkan kerusakan ekosistem yang ada atau melestarikan ekosistem alami (termasuk habitat alami hewan atau tumbuhan) dan menjamin kelestarian hutan

Inisiatif Smart City Di Indonesia: Konsep, Manfaat, Dan Implementasi

5. Pembangunan terkendali (Anti-Sprawl Development), mengembangkan permukiman kompak sehingga mengurangi jumlah kendaraan pribadi, menghindari berkembangnya permukiman di kawasan rawan bencana dan menciptakan jalur hijau di sekitar kota.

6. Merangkul kearifan masyarakat lokal dan melibatkan masyarakat sebagai “warga kehutanan” baik dalam penanaman pohon maupun pengelolaan dan pemantauan pohon perkotaan.

Tujuan dari konsep ini terutama untuk memulihkan siklus air alami yang telah diubah oleh pembangunan. Sponge site adalah suatu area yang berfungsi sebagai spons sehingga dapat mencegah air hujan mengalir langsung ke saluran pembuangan sehingga dapat meningkatkan infiltrasi air ke dalam tanah> Diharapkan dapat mengurangi banjir dan meningkatkan kualitas dan kuantitas air dengan menyaring tanah. dan menyimpannya lebih dalam di dalam tanah (akuifer).

1. Penyediaan ruang terbuka hijau dan biru dengan jarak yang luas, merata dan terhubung dalam satu sistem hidrologi yang berfungsi sebagai “taman hujan”.

Apa Yang Dimaksud Investasi Hijau (green Investment)?

2. Merancang atap mikro-hijau pada fasilitas perkotaan, seperti bangunan dan struktur, untuk menampung air hujan sebelum diserap ke dalam tanah atau dialirkan ke saluran pembuangan, dan pembuatan tangki air hujan yang permeabel.

3. Perencanaan infrastruktur perkotaan pada tingkat makro, seperti penerapan jalan dan trotoar berpori, biosoil dan sistem bioretensi untuk retensi/penyerapan air hujan dengan cepat.

Rencana Induk IKN menyebutkan sejumlah inisiatif cerdas yang diprioritaskan IKN, yaitu akses dan mobilitas; lingkungan dan iklim; keselamatan dan keamanan; Sektor publik; sistem perkotaan dan layanan serta dinamika perumahan. IKN harus menjadi basis “kota pintar” dan layanan digital, pendidikan abad 21, serta pariwisata perkotaan, kewirausahaan dan kesehatan.

Baca Juga  Di Bawah Ini Merupakan Ciri-ciri Fakta Kecuali

IKN dirancang untuk terdiri dari lingkungan padat dengan kepadatan tinggi yang bertindak sebagai blok bangunan kota dan menawarkan semua fungsi yang diperlukan hanya dalam waktu 10 menit dari akses ke semua fasilitas dasar. Kawasan terbuka hijau juga dapat diakses dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan mobil otonom (berjalan kaki-bersepeda-mengemudi). Pemerintah merencanakan 80 persen perjalanan di IKN akan dilakukan dengan angkutan umum.

Sabuk Hijau (green Belt): Pengertian, Fungsi Dan Contohnya

Kawasan pemukiman kawasan IKN didorong untuk bertransformasi guna memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat bagi semua kalangan (inklusif) dan sejalan dengan arah pengembangan kawasan IKN menjadi “10 Minute City”.

Perumahan di IKN terdiri dari perumahan aparatur sipil negara (ASN), yang dimungkinkan oleh pemerintah melalui pembukaan kerjasama swasta, dan pengembang untuk pejabat non pemerintah (masyarakat) dengan menggunakan mekanisme pasar swasta.

Sistem perumahan rakyat terdiri atas rumah susun sewa dan rumah susun primer dan sekunder yang ditempati oleh pemilik dengan hak terbatas, yang diatur dan dikelola oleh pengelola perumahan dan perumahan (manajer properti) di lingkungan ASN IKN dan otoritas perumahan rakyat.

Apartemen dirancang secara efisien, yaitu tinggal pada apartemen kompak vertikal, sehingga segala kebutuhan tersedia secara cepat dan terjangkau serta menggunakan teknologi pintar.

Prosiding Fkph Law Fair 2022 By Fkph Brawijaya

Sedangkan akomodasi dinas anggota TNI dan Polri akan dilaksanakan pada 2022-2024 dengan memperhatikan modul unit multi-apartemen yang ada di proyek utama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perhubungan.

IKN menargetkan mengolah sampah 100 persen. Sebanyak 5 persen sampah anorganik langsung dibuang ke tempat pembuangan sampah. Fasilitas daur ulang sampah adalah tujuan utama sistem pengelolaan sampah dan mendorong penggunaan barang daur ulang sebagai bahan baku.

Air limbah diolah secara terpusat di instalasi pengolahan dua sistem yang melayani IKN dan industri, dan air limbah tersebut diolah dan dialihkan ke air pengolahan (bukan untuk dikonsumsi). Tujuan pemerintah adalah mendaur ulang 60% air limbah yang dihasilkan pada tahun 2045.

Strategi pengelolaan air terpadu sejalan dengan prinsip kota spons, yang menggabungkan penggunaan air, limpasan air hujan, dan pengolahan air limbah.

Pengertian Lca (life Cycle Assessment), Prinsip, Manfaat, Dan Kegunaannya (2022)

Kantor Asosiasi Apartemen (DZ) terhubung dengan ruang serbaguna dan perpustakaan. Kantor kabupaten dan kecamatan digabungkan dengan ruang serba guna dan dapat diakses dalam waktu 10 menit berjalan kaki dari pusat transportasi, kantor polisi dan pemadam kebakaran yang terpisah dari berbagai layanan publik dan fungsi pemerintahan.

Fasilitas medis tidak boleh berlokasi lebih dari 10 menit berjalan kaki dari halte angkutan umum. Disarankan untuk menempatkan fasilitas kesehatan di dekat ruang terbuka umum dan bangunan keagamaan. Pelayanan kesehatan primer (puskesmas, klinik pratama), rujukan (rumah sakit) dan laboratorium kesehatan didasarkan pada jumlah kecamatan, rasio jumlah penduduk dan karakteristik wilayah.

Semua jenis sekolah harus memiliki dua lantai atau lebih untuk mengurangi kebutuhan lahan. Sekolah menengah terdiri dari universitas terkemuka dan sekolah menengah lainnya. Jumlah mahasiswa dan pegawai perguruan tinggi terkemuka mengikuti kebutuhan perkembangan dan kemajuan IKN. Dikatakan bahwa 16 persen penduduk berusia 19-25 tahun sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Baca Juga  Tembung Kang Digunakake Kanggo Narasi Ekspositoris Yaiku

Jaringan transportasi yang akan dikembangkan antara lain pembangunan koridor kereta api Balikpapan-IKN dan terminal bus antar kota jarak jauh di kawasan KIKN. Dua bandara yang berperan besar dalam IKN adalah Bandara Balikpapan dan Bandara Samarinda. Sementara itu, Pelabuhan Semayang di Teluk Balikpapan merupakan pusat pelabuhan, dan Terminal Kariangau (KKT), yang terletak di pedalaman Teluk Balikpapan, berfungsi sebagai pelabuhan kargo internasional.

Prinsip Kunci Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pilihan transportasi umum meliputi angkutan cepat (MRT), kereta ringan, trem listrik, bus listrik, kendaraan terhubung dan otonom (CAV) dan layanan first/last mile lainnya.

Fasilitas pusat parkir umum (parkir kolektif) di dekat area lalu lintas tinggi, lokasi pengantaran khusus atau PUDO, trotoar adaptif, mengemudi bersama, kendaraan pribadi bersama (berbagi mobil), sistem parkir pintar, pengisian kendaraan listrik, dan kendaraan otonom yang terhubung juga direncanakan. . (CAV), pusat pengiriman parsel atau ekspedisi last mile (sepeda roda tiga listrik, drone, atau kendaraan otomatis (AV) sebagaimana berlaku).

Pemerintah juga merencanakan transportasi umum bertenaga listrik atau hidrogen, sistem yang diaktifkan secara digital, preferensi penggunaan bahan bangunan rendah energi dan rendah karbon atau peralatan yang bersumber secara lokal atau didaur ulang, dan kendaraan yang menggunakan pendekatan “siklus hidup”. dan mempromosikan ekonomi sirkular.

Dalam jangka panjang, Solusi Transportasi Cerdas (ITS) akan diperkenalkan, yang terdiri dari informasi perjalanan multimoda “waktu nyata”, tindakan manajemen insiden, tiket pintar terintegrasi, tindakan prioritas, data dan manajemen analisis waktu nyata. Dalam strategi logistik kota, sistem manajemen area pemuatan dan sistem manajemen armada mobil akan digunakan

Profil Gender Dan Anak Kota Bandung 2022 By Open Data Kota Bandung

Rencana induk IKN mengatur bahwa 100 persen kebutuhan listrik tahunan IKN akan dipenuhi oleh pembangkit listrik energi terbarukan, yaitu pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga surya atap (panel).

Berikut ini yang bukan merupakan syarat wajib zakat fitrah adalah, berikut ini yang bukan merupakan teknik membuat batik adalah, berikut ini yang bukan merupakan contoh interaksi sosial adalah, berikut ini yang bukan merupakan cara menangkap peluang usaha adalah, berikut ini yang bukan merupakan sumber energi terbarukan adalah, berikut ini yang bukan merupakan aplikasi komputer akuntansi adalah, berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembuatan reklame adalah, berikut yang bukan merupakan software presentasi adalah, berikut ini yang bukan merupakan perangkat lunak sistem operasi adalah, berikut ini yang bukan merupakan cms adalah, berikut ini yang bukan merupakan perubahan fisika adalah, berikut ini yang bukan merupakan alat ukur massa adalah