News

Berikut Ini Merupakan Struktur Teks Eksplanasi Yang Benar Adalah

×

Berikut Ini Merupakan Struktur Teks Eksplanasi Yang Benar Adalah

Share this article

Berikut Ini Merupakan Struktur Teks Eksplanasi Yang Benar Adalah – Apakah Anda ingin menulis draf teks ekspositori tetapi bingung mencari referensi? Sekarang mari kita lihat beberapa contoh teks ekspositori beserta penjelasan strukturnya pada makalah bahasa indonesia kelas 11 berikut ini.

Anda pasti penasaran juga kan, bagaimana kejadian gempa dan tsunami Aceh tahun 2004 lalu?

Berikut Ini Merupakan Struktur Teks Eksplanasi Yang Benar Adalah

Banyak fenomena alam dan sosial yang terjadi di sekitar kita. Biasanya fenomena ini membuat kita berpikir dan mengajukan pertanyaan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan lebih banyak informasi untuk memahaminya.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Ciri Dan Strukturnya

Nah, ada satu teks yang bisa membantu Anda menjawab semua pertanyaan tersebut, yaitu teks ekspositori. Teks ekspositori adalah teks yang berisi penjelasan tentang fenomena alam dan sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari teks ekspositori adalah untuk memberikan pemahaman secara detail dan jelas sehingga pembaca dapat memahami atau memahami fenomena yang terjadi seiring bertambahnya wawasan pembaca.

Struktur teks ekspositori meliputi pernyataan umum, rangkaian sebab akibat, dan penjelasan penulis. Berikut penjelasan lengkapnya kawan.

Bagian ini mengidentifikasi sesuatu yang akan dijelaskan secara umum. Bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya dan lainnya. Ciri khas bagian ini adalah penggunaan kata kopula. Kata ‘adalah’ dan ‘adalah’ merupakan contoh kata kopula yang umum digunakan dalam teks ekspositori.

Teks Argumentasi: Struktur, Pola Kebahasaan, Dan Contoh

Setelah gambaran umum mengenai fenomena yang dibahas, pada bagian ini akan dirinci fenomena yang berkaitan dengan fenomena yang dijelaskan sebagai jawaban atas pertanyaan “bagaimana” atau “mengapa”. Bagian ini dapat mencakup beberapa paragraf tentang penyebab dan akibat dari peristiwa tersebut.

Gempa bumi dahsyat melanda Aceh pada 26 Desember 2004 pukul 17:58 WIB. Episentrum gempa berada di Aceh Barat dengan kedalaman 10 km. Bencana ini merupakan gempa terkuat dalam 40 tahun terakhir. Kerusakan yang terkena dampak antara lain Aceh, Sumatera Utara, pantai barat Semenanjung Malaysia, Thailand, pantai timur India, Sri Lanka bahkan pantai timur Afrika.

Gempa tersebut menimbulkan gelombang laut setinggi 9 meter. Pada akhir tahun 2004 kekuatan gempa mencapai 9,0 skala Richter dan korban jiwa mencapai 283.100 jiwa, serta 14.000 orang hilang dan 1.126.900 orang kehilangan tempat tinggal. Gempa bumi dan tsunami merupakan bencana yang menimbulkan korban jiwa terbesar sepanjang sejarah.

Di Indonesia, gempa tersebut menewaskan lebih dari 126.000 orang. Puluhan bangunan hancur akibat gempa utama, khususnya di wilayah Meulaboh dan Banda Aceh di pinggir Sumatera. Di Banda Aceh, tsunami merusak sekitar 50% seluruh bangunan, sedangkan tsunami yang melanda pesisir pantai Aceh Barat dan Sumatera Utara menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga  Everybody May I Have Your Attention Please

Ciri Ciri Teks Eksplanasi: Pengertian Dan Strukturnya

Di Sri Lanka, 45.000 kematian telah dikonfirmasi dan lebih dari 1 juta orang di negara tersebut terkena dampak langsung akibat gempa bumi. Di India, termasuk Kepulauan Andaman dan Nikobar, diperkirakan lebih dari 12.000 orang tewas.

Di Thailand, banyak wisatawan asing juga terkena dampak bencana alam tersebut, khususnya di kawasan Phuket yang diperkirakan menyebabkan 4.500 orang meninggal dunia. Bhumi Jensen, cucu Raja Rama IX atau yang dikenal dengan Bhumibol Adulyadej, juga menjadi korban. Bhumi Jensen baru berusia 21 tahun.

Bahkan di Somalia, ribuan kilometer jauhnya dari Indonesia, telah dilaporkan lebih dari 100 kematian. Namun sebagian besar dari mereka adalah nelayan.

Gempa bumi dan tsunami Aceh juga melanda Thailand. Selain menempati posisi gempa terbesar kedua setelah gempa berkekuatan 9,5 SR di Chile pada tahun 1960, gempa Aceh menduduki peringkat pertama sebagai gempa dengan waktu pecah terlama. ) adalah yang terlama, biasanya sekitar 10 menit. Gempa ini begitu dahsyat hingga seluruh bumi berguncang.

Soal Bahasa Indonesia Real (klp 8 11)

Satu. Teks bencana Aceh di atas menjelaskan secara detail fenomena alam dahsyat yang terjadi pada tahun 2004. Paragraf pertama menjelaskan struktur deklarasi bersama, kapan peristiwa ini terjadi dan apa dampaknya secara keseluruhan.

B. Pada paragraf 2 hingga 6, Anda akan mendapatkan informasi detail mengenai intensitas gempa, tinggi gelombang, jumlah korban tewas dan negara yang terkena dampak bencana alam tersebut. Jelaskan urutan peristiwa dalam struktur paragraf penjelasan rinci.

C. Paragraf terakhir kembali menjelaskan betapa besarnya gempa dan tsunami Aceh yang mengguncang dunia.

Ayo istirahat, teman-teman! Tahukah Anda bahwa kami meluncurkan ADAPTO Learning, satu-satunya video pembelajaran adaptif di Indonesia yang dapat disesuaikan dengan pemahaman Anda.

Pengertian Teks Eksplanasi

Belakangan ini, terjadi protes hampir setiap saat dan di banyak tempat. Faktanya, protes sudah menjadi fenomena umum di masyarakat kita. Menanggapi kejadian ini, seorang pemimpin daerah mengatakan bahwa penyebab terjadinya protes dan anarki tidak lain adalah rasa lapar masyarakat. Ia kemudian mencontohkan masyarakat Malaysia dan Brunei yang tenang dan damai, protes jarang terjadi di negara-negara tersebut karena kesejahteraannya terpenuhi.

Namun komentar tersebut menimbulkan reaksi balik di kalangan mahasiswa. Mereka protes dan meminta Bupati mencabut pernyataannya. Siswa tidak terima dan merasa motivasinya rendah. Mereka mengklaim bahwa protes yang sering mereka lakukan adalah demi kebenaran dan melawan kejahatan yang terjadi di depan mata mereka.

Protes massal tidak selalu dilatarbelakangi oleh masalah perut, bahkan banyak kejadian yang tidak berlatar belakang motif tersebut. Abraham Maslow membagi kebutuhan manusia menjadi beberapa tingkatan. Kebutuhan yang paling mendasar adalah makanan dan minuman. Sedangkan puncaknya adalah kebutuhan aktualisasi diri.

Baca Juga  Fungsi Dari B Atau U Pada Microsoft Word Adalah

Namun, protes massal pada umumnya lebih mengandalkan tingkat tuntutan terakhir tersebut. Masyarakat melakukan protes karena membutuhkan pengakuan dari pemerintah atau pihak lain untuk mengakui hak dan keberadaannya. Karena merasa ditelantarkan, ditolak haknya, bahkan dipermalukan, mereka ingin membuktikan jati dirinya dengan melakukan protes.

Pengertian Teks Eksposisi: Ciri Ciri, Struktur, Jenis, Dan Contohnya

Banyak fakta yang bisa membuktikannya. Aksi protes massa pada awal masa reformasi di negeri ini pada tahun 1997-1998 tidak dipimpin oleh masyarakat miskin atau kelaparan. Faktanya, hal ini dilakukan oleh kalangan menengah, dalam hal ini para pelajar dan kaum intelektual. Belum lagi jika menyangkut acara yang terjadi di luar negeri. Pada skala yang berbeda (besar atau kecil), protes bukan hal yang aneh lagi di negara-negara Eropa. Demonstrasi yang mereka lakukan tentu tidak dilatarbelakangi oleh perut lapar karena pada umumnya kondisi mereka sangat sejahtera.

Dalam kenyataan seperti ini jelas bahwa kemiskinan bukanlah penyebab utama gelombang protes. Namun fenomena tersebut lebih disebabkan oleh kemampuan berpikir kritis anggota masyarakat. Mereka mengetahui hak-hak mereka dan juga memahami bahwa pelanggaran dan pelanggaran terjadi di sekitar mereka. Kemudian mereka protes dan mengajukan beberapa tuntutan. Jika unsur-unsur ini tidak ada dalam diri mereka, apa pun yang terjadi di sekitar mereka, mereka akan seperti kerbau yang hidungnya mancung: mereka akan menganggukkan kepala dan berkata “ya” terhadap tindakan apa pun yang diambil pemimpinnya. Melakukannya, bahkan ketika mereka menyimpang, bahkan menganiaya diri mereka sendiri.

Satu. Ayat di atas memuat ayat-ayat yang menjelaskan akibat dan penyebab terjadinya protes massal di masyarakat. Pada paragraf pertama Struktur Identifikasi Fenomena, teks menjelaskan fenomena protes dan pendapat kepala daerah tentang penyebab terjadinya protes.

B. Selanjutnya pada paragraf berikut ini, Anda dapat memahami sejelas mungkin proses protes berdasarkan sebab dan akibat. Pada paragraf 3-5, penulis menggunakan beberapa fakta yang berfungsi untuk menjelaskan sebab atau akibat protes tersebut. Paragraf ini dapat disebut struktur peristiwa berurutan.

Apa Itu Teks Eksplanasi? Pengertian Dan Strukturnya Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp

C. Ya, paragraf terakhir termasuk dalam kerangka review. Pada paragraf ini Anda dapat melihat kesimpulan dan pendapat penulis tentang penyebab protes massa.

Pemerintahan Kabupaten Bandung dimulai pada tanggal 20 April 1641 dengan piagam Sultan Agung Mataram. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Bupati Bandung.

Sebelum membentuk pemerintahannya saat ini, Bupati Bandung melewati banyak tahapan peningkatan kekuasaan. Pada saat Kesultanan Pazazaran berkuasa, pada akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, Tatar Periangan tidak mempunyai kerajaan tetapi hanya terdiri dari beberapa kecamatan. Kata prabuan berasal dari prabu yang berarti ‘leluhur’ atau ‘raja muda’.

Baca Juga  Tarikan Atau Dorongan Yang Menyebabkan Benda Bergerak Atau Berubah Dinamakan

Pada tahun 1575, pemerintahan Islam mengambil alih kekuasaan di daerah Pajajaran. Hal ini disusul oleh pemerintahan Mataram (1621–1677) dan pemerintahan Belanda. Ketika Mataram berkuasa, nama Prabuan diubah menjadi kabupaten.

Ciri Ciri Teks Eksplanasi Dan Penjelasannya Untuk Tugas Smp!

Berdasarkan piagam tersebut, Sultan Agung Tumengung mengangkat Wirangunangun sebagai Bupati Bandung. Saat itu pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapak atau Bojonggasih. Tepatnya di tepian Sungai Sikapundung, dekat muara sungai khususnya Sungai Citaram. Nama Krapyak kemudian berubah menjadi Citeureup. Nama ini tetap menjadi salah satu nama desa Dayuhaklot hingga saat ini.

Pada masa pemerintahan Bupati Wiranatakusumah II (1794–1829), bupati memindahkan ibu kota Bandung dari Krapiak (Daiuhkolot) ke tepian Sungai Sikapundung atau Alun-Alun Bandung yang sekarang. Pemindahan tersebut dilakukan atas perintah Gubernur Jenderal Hindia Belanda “Dindels”. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 25 Mei 1810. Alasan relokasi tersebut akan membawa prospek yang baik bagi pengembangan kawasan tersebut. Saat itu Dindales yang akrab dipanggil “Mas Galak” sedang dalam perjalanan menuju Panarukan dari Anyar. Kebetulan jalur ini melewati kota Tatar Priangan atau Bandung saat ini.

Satu. Rupanya teks di atas menjelaskan sejarah perkembangan Kabupaten Bandung di Jawa Barat. Pada paragraf pertama dapat dibaca tentang awal mula berdirinya pemerintahan Kabupaten Bandung yang tertuang dalam kerangka Deklarasi Bersama.

B. Pada paragraf berikut teks tersebut menjelaskan urut-urutan peristiwa yang terjadi pada masa berkembangnya Kabupaten Bandung, mulai dari berdirinya hingga masa selanjutnya. Ini adalah bagian dari kerangka rantai sebab dan akibat, yang menjelaskan hubungan antara peristiwa atau proses yang melaluinya sesuatu terjadi. Berdasarkan contoh tersebut maka peristiwa yang digambarkan merupakan sejarah perkembangan suatu kabupaten.

Berikut Ini Merupakan Struktur Teks Eksplanasi Yang Benar Adalah​

Listrik atau aliran energi bersumber dari matahari sebagai sumber utamanya. Sinar matahari masuk ke bahan biologis melalui pembangkit energi. Oleh produsen, energi sinar matahari diubah menjadi energi kimia. Energi kimia mengalir melalui rantai makanan dari produsen ke konsumen pada tingkat trofik yang berbeda. Energi kimia yang diperoleh organisme akan digunakan untuk kehidupannya.

Setiap organisme memasukkan dan menyimpan energi. pendapatan dan

Struktur teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi tsunami, berikut ini yang merupakan kegiatan distribusi adalah, urutan struktur teks biografi yang benar adalah, struktur teks eksplanasi kompleks, berikut ini yang merupakan sumber energi terbarukan adalah, struktur teks eksplanasi banjir, berikut ini yang merupakan kekurangan dari energi terbarukan adalah, struktur teks eksplanasi kekeringan, urutan struktur teks ulasan yang benar adalah, berikut ini yang merupakan prosedur penggunaan apar yang benar adalah, berikut ini yang merupakan lagu keroncong adalah