Berikut Ini Bukan Kombinasi Tolakan Melompat Melayang Mendarat Adalah – Pemberitahuan penting untuk pemeliharaan server yang dijadwalkan pada Minggu, 26 Juni (GMT) mulai pukul 02.00 hingga 08.00. Situs ini down pada waktu-waktu tertentu!
1. Lakukan pose lilin selama 30 detik. 2. Lakukan gerakan kayang. 3. Lakukan gerakan mengangkang secara berpasangan. Lakukan kegiatan ini dengan semangat dan percaya diri. Penilaian praktik ini meliputi penilaian sikap dan keterampilan. B. Variasi dan Kombinasi Gerakan Senam Lantai Dengan Peralatan Pada sub pembelajaran sebelumnya anda telah mempelajari variasi dan kombinasi gerakan senam lantai tanpa peralatan. Anda kemudian akan mempelajari variasi dan kombinasi gerakan senam lantai dengan peralatan. Contoh alat yang digunakan adalah tikar, batangan (balok), tongkat kayu, dan batangan besi. Lakukan kegiatan tersebut bersama teman anda untuk memulai pembelajaran ini. Oke, mencari info! Apa saja variasi dan kombinasi pola gerak pada kegiatan senam lantai dengan peralatan? Mencari informasi dengan membaca buku atau menggunakan internet. Pertimbangkan informasi yang Anda temukan dalam buku tersebut. Diskusikanlah informasi tersebut dengan teman-temanmu lalu jelaskan dengan sopan hasil diskusi tersebut kepada teman-temanmu dan guru. Lakukan tindakan ini dengan jujur dan bertanggung jawab. Dari aktivitas di atas pasti Anda sudah familiar dengan variasi dan kombinasi pola gerak pada aktivitas senam lantai dengan peralatan. Yuk pelajari materi berikut ini secara intensif untuk memperdalam ilmumu. 1. Melompati rintangan Bagaimana cara melompati rintangan? Pada gerakan ini terdapat mode gerakan seperti mendorong, terbang dan mendarat. Sebelum melakukan kegiatan ini siapkan balok (target) berukuran 10 cm x 100 cm. Posisi awal kemudian berdiri dalam formasi barisan. Mulailah dengan melompati rintangan secara bergantian. 130 Buku Siswa Kelas IV SD/MI Pers, Terbang dan Mendarat
Berikut Ini Bukan Kombinasi Tolakan Melompat Melayang Mendarat Adalah
Nah, lakukan tindakan ini dengan disiplin. Perhatikan gerakan melompati rintangan seperti pada Gambar 6.7. BC DE Gambar 6.7 Melompati rintangan atau sasaran Apa saja langkah-langkah yang dilakukan untuk melompati rintangan? Diskusikan dengan teman Anda. Gunakan berbagai sumber bacaan untuk mendukung kesimpulan diskusi. Menjelaskan dengan sopan hasil diskusi kepada teman dan guru. 2. Senam dengan tongkat Berkumpullah bersama teman-temanmu dan lakukan senam dengan tongkat. Siapkan tongkat sepanjang satu meter. Bagaimana cara bergeraknya? Amati dan latih gerakan-gerakan seperti Gambar 6.8. Posisi awal, kaki dibuka selebar bahu untuk menopang. Tekuk badan dan pegang tongkat dengan kedua tangan. Angkat tongkat hingga lebih tinggi dari kepala Anda. Lakukan langkah ini dengan bebas dan bertanggung jawab. BC Gambar 6.8 Mengayunkan tongkat ke depan dan mengayunkan tongkat ke atas 3. Menggantung dengan kombinasi ayunan Bagaimana cara menggantung dan mengayun dari mistar? Perhatikan gerakan menggantung dan mengayun seperti pada Gambar 6.9. Aktif dalam Olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 131
Soal Pts Pjok Kls6
BC Gambar 6.9 Menggantung dengan Swing Compound Posisi awal berdiri tegak dan melompat untuk meraih mistar. Pegangannya bisa berupa pegangan atas, pegangan bawah, atau pegangan campuran. Gantung kedua kaki lurus di lantai. Ayunkan kedua kaki ke depan dan ke belakang hingga tubuh berayun. Sebelum mendarat, perlambat ayunannya. Posisi terakhir, mendarat dengan kedua kaki. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. Perhatikan faktor keamanan pada saat digantung dan diayun. 4. Variasi pola gerak dasar menangkap, mendorong, memutar dan mendarat pada tendangan samping Bagaimana cara melakukan tendangan samping? Gerakan menggelinding ke samping dilakukan di atas matras. Lihat Gambar 6.10. Latih gerakan seperti figur bersama teman-teman Anda. Rasakan gerakan yang dilakukan. Amati gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada teman dan guru dengan jujur dan sopan. B C DE F GH Gambar 6.10 Gerak Roda Lateral 132 PRINSIPAL IV. Buku Siswa Kelas
Anda melakukan tembakan samping. Apakah gerakannya sulit? Bandingkan gerakan yang Anda lakukan dengan langkah selanjutnya. Posisi awal, posisi jongkok sejajar matras. Kedua tangan memegang lutut. Putar tubuh Anda ke kanan atau ke kiri. Jaga keseimbangan tubuh dan usahakan arah putaran tetap lurus. Kembalikan tubuh Anda ke posisi jongkok. Berdiri tegak dengan kedua tangan lurus. Posisi terakhir, turunkan lengan ke samping. 5. Variasi Pola Gerak Tahan, Dorong, Putar dan Mendarat Guling ke Depan Amati gerak menggelinding ke depan seperti terlihat pada Gambar 6.11. Lakukan langkah ini dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal adalah posisi membungkuk dengan kedua tangan bertumpu pada matras. Dorong tubuh Anda ke depan. Saat tubuh berputar, angkat kaki. Setelah berputar, lepaskan tangan Anda. Tekuk lutut Anda dan tahan lutut Anda. Akhiri dengan jongkok, lalu berdiri tegak. Sedang mencari. Lakukan gerakan ini dengan disiplin dan fokus. Kembangkan keberanian dan rasa percaya diri untuk melakukan gerakan ini. B C DE F GH 6.11. Gerakan menendang ke depan dari sosok tersebut. 6. Variasi Pola Gerakan pada Tahan, Pergeseran, Rotasi dan Tendangan Mendarat Kembali Perhatikan gerakan berguling ke belakang seperti terlihat pada Gambar 6.12. Latihlah gerakan ini bersama teman-temanmu. Amati gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan dengan sopan hasil pengamatanmu kepada teman dan guru. Aktif dalam Olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 133
B C DE F GH Gambar 6.12 Gerakan berjalan mundur. Berlatihlah berjalan mundur dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal, duduk dan melihat ke depan. Lutut ditekuk dengan baik, dagu dekat dengan dada. Lipat kedua lengan dan buka telapak tangan sejajar bahu. Dorong tubuh Anda ke belakang. Saat Anda melepaskan dan mendekati posisi terakhir Anda, angkat kaki Anda. Akhiri dengan jongkok, lalu berdiri tegak. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. 7. Variasi Pola Gerakan pada Stand, Push, Spin dan Landing Box Rolling Bagaimana cara melakukan walk in a box jump? Amati gerak menggelindingkan kotak seperti terlihat pada Gambar 6.13. Latihlah gerakan-gerakan tersebut bersama teman-temanmu seperti pada gambar berikut. BC D EF Gambar 6.13 Berguling di atas kotak Anda telah berlatih berguling di atas lompat kotak. Apakah sulit untuk bergerak? Bandingkan dengan langkah berikut. A. Mulailah berlari mendekati kotak, lalu lompat dengan kedua kaki. Kedua telapak tangan bertumpu pada awal garis dada. 134 PENDIDIKAN DASAR IV. Buku Pelajar Dharam/MI
B. Naiklah dengan sedikit dorongan. Lanjutkan pada jump box dengan cara berguling ke depan. Posisi badan berputar mengelilingi dada. C. Posisi terakhir, kedua kaki di lantai. Kedua lengan diarahkan ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Penjelasan macam-macam variasi dan kombinasi senam lantai dengan peralatan. Apakah Anda kesulitan bergerak? Jika masih mengalami kesulitan, silakan bertanya kepada guru. Apa manfaat senam? 1. Manfaat Fisik Senam bermanfaat untuk mengembangkan komponen tubuh dan kemampuan motorik. Senam membantu mencapai perkembangan tubuh yang seimbang. 2. Manfaat Mental dan Sosial Saat mengikuti program olahraga, anak perlu mengembangkan keterampilannya sendiri. Kemampuan mental anak berkembang melalui olahraga. 3. MANFAAT BAGI PENGEMBANGAN PRIBADI Kegiatan senam memberikan pengalaman yang luar biasa. Dengan pengalaman, anak dapat mengendalikan tubuhnya dengan lebih percaya diri dan sukses. Pengalaman ini memungkinkan berkembangnya konsep diri yang positif. Gerakan-gerakan senam pada materi di atas dapat dikuasai dengan latihan yang cermat. Melakukan senam lantai memerlukan kedisiplinan, keberanian dan rasa percaya diri. Anda akan senang jika menguasai gerakan senam lantai bukan? Aktif dalam Olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 135
Kombinasi Tolakan Melayang Mendarat Adalah
Latih variasi gerakan berguling. Anda mempelajari variasi gerakan senam lantai dengan peralatan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menguji keterampilan Anda. 1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4-6 orang. Urutkan setiap kelompok. 2. Mempersiapkan peralatan olah raga seperti matras dan jumping box. Letakkan peralatan di lantai. 3. Latihlah gerakan-gerakan berikut. A. bergerak b. Kembali c. Putar kotak lompat. 4. Melakukan kegiatan ini dengan disiplin dan tanggung jawab. Jika kamu masih mengalami kesulitan, tanyakan pada gurumu. 1. Senam lantai adalah latihan jasmani yang dilakukan di lantai atau di atas peralatan yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kelenturan, koordinasi, dan pengendalian tubuh. 2. Pola gerak pada kegiatan senam lantai merupakan variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai tanpa alat dan variasi serta kombinasi pola gerak senam lantai dengan alat. 3. Variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai non peralatan dapat dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut. A. pendekatan lilin. B. Tautan rantai c. Sayang. E. Mereka yang berjalan berpasangan. e. Pendekatan penerbangan. 4. Variasi dan kombinasi pola gerakan senam lantai dapat dilakukan dengan peralatan yang mencakup aktivitas tersebut. 136 PENDIDIKAN DASAR IV. Buku Pelajar Dharam/MI
A. Melompati rintangan. B. Senam dengan tongkat. C. Menggantung dengan kombo ayunan. E. Variasi dan kombinasi pola gerakan membungkuk, mendorong, memutar dan mendarat secara side roll. e. Variasi dan kombinasi mode gerak maju, dorong, putar, dan turun. F. Variasi dan kombinasi gerakan membungkuk, mendorong, memutar dan mendarat pada gerakan berguling ke belakang. G. Variasi dan kombinasi pola gerak membungkuk, mendorong, memutar dan mendarat pada suatu kotak. Penilaian Pengetahuan A. Pilihlah jawaban yang benar! 1. Randy dan temannya melakukan pose lilin. Ini adalah posisi awal candle. . . . A. Berdiri tegak B. Jongkok C. Tidur telentang D. Tidur tengkurap 2. Hendy dan kawan-kawan terkena infeksi berantai. Ini merupakan variasi gerakan satu kaki yang dilakukan Hendy dan kawan-kawan. . . . A. Angkat kaki yang lain B. Ubah posisi C. Lompat melewati rintangan D. Gerakkan kaki ke samping 3. Perhatikan gambar pada halaman! Kegiatan seperti menggambar figur menunjukkan variasi pola gerak pada satu kaki dengan variasi. . . . A. Keseimbangan B. Ayunan C. Pendaratan D. Tolakan Latihan Aktif – Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan 137
4. Pada postur Kayang, bagian tubuh yang menjadi pusat tumpuan. . . . A. Perut B. Bahu C.
Berikut bukan fungsi protein adalah, berikut ini yang bukan merupakan perubahan fisika adalah, berikut ini yang bukan merupakan alat ukur massa adalah, berikut ini yang bukan dampak pemanasan global terhadap ekosistem adalah, berikut ini yang bukan merupakan sumber energi terbarukan adalah, berikut ini yang bukan manfaat lidah buaya adalah, berikut ini yang bukan merupakan penyebab penyakit asma adalah, berikut ini yang bukan merupakan fungsi dari planetary gear adalah, hidrokarbon berikut yang bukan isomer heksana adalah, berikut ini yang bukan termasuk kelompok program microsoft office adalah, perangkat berikut ini yang bukan termasuk perangkat jaringan adalah, berikut ini yang bukan termasuk kegunaan infaq adalah