Ponorogo

Berharap Ada Jalur Sepeda di Ponorogo

Diatur UU LLAJ, Kewenangan Pemda

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Undang-undang (UU) 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) mengatur keberadaan jalur sepeda. Kendati begitu, kebijakan untuk menyediakannya jadi wewenang pemerintah daerah. ‘’Menurut sudut pandang kami, jalur sepeda itu penting,’’ kata Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Indra Budi Wibowo Selasa (14/7).

Dalam UU tersebut terdapat sejumlah pasal yang mengatur jalur sepeda. Di pasal 25 disebutkan bahwa fasilitas bagi pesepeda termasuk dalam perlengkapan jalan umum, selain fasilitas bagi pejalan kaki dan penyandang disabilitas. Dalam pasal 45, fasilitas tersebut berupa lajur sepeda.

Menurut Indra, pejalan kaki dan pesepeda diprioritaskan dalam berlalu lintas. ‘’Jika kendaraan bermotor menabrak pesepeda atau pejalan kaki, ada hukumannya,’’ ujarnya.

Di sisi lain, maraknya hobi bersepeda di Ponorogo sangat jarang menimbulkan kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Dia berharap bertumbuhnya jumlah pesepeda tidak menimbulkan laka lantas yang melibatkan pesepeda. ‘’Selain pentingnya jalur sepeda, pesepeda juga harus memperhatikan keselamatan,’’ tegasnya.

Misalnya, mengenakan helm, memasang reflektor, hingga lampu pada malam hari.  Pun dianjurkan tidak berkerumun  demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. ‘’Yang terpenting, pesepeda, pejalan kaki, maupun pengguna jalan lain harus saling menghargai. Harapan kami, fasilitas jalur sepeda dapat disediakan karena jumlah pesepeda semakin banyak,’’ tuturnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close