News

Bergantung Dan Mengayun Pada Palang Tunggal Bertujuan Melatih

×

Bergantung Dan Mengayun Pada Palang Tunggal Bertujuan Melatih

Share this article

Bergantung Dan Mengayun Pada Palang Tunggal Bertujuan Melatih – Pemberitahuan Penting Jadwal Maintenance Server pada hari Minggu 26 Juni (GMT) mulai pukul 02.00 hingga 08.00. Situs tidak dibuka selama jam yang ditentukan!

1. Lakukan pose lilin selama 30 detik. 2. Lakukan gerakan Kayang. 3. Lakukan gerakan langkah demi langkah. Lakukan pekerjaan ini dengan semangat dan keyakinan. Penilaian latihan ini meliputi penilaian sikap dan keterampilan. B. Variasi dan Kombinasi Gerakan Senam Lantai Dengan Peralatan Pada pembelajaran tambahan sebelumnya anda telah mempelajari variasi dan kombinasi gerakan senam lantai tanpa peralatan. Anda kemudian akan mempelajari variasi dan kombinasi peralatan dan gerakan senam lantai. Contoh alat yang digunakan adalah tikar, batangan (balok), tongkat kayu, dan batangan logam. Lakukan kegiatan ini bersama temanmu untuk mulai belajar. Ya, mencari informasi! Apa saja variasi dan kombinasi pola gerak alat dan kegiatan senam lantai? Cari informasi dengan membaca buku atau menggunakan internet. Perhatikan informasi yang Anda temukan di buku. Diskusikan informasi tersebut dengan temanmu, kemudian jelaskan dengan sopan hasil diskusi tersebut kepada teman dan gurumu. Lakukan pekerjaan ini dengan jujur ​​dan bertanggung jawab. Dari aktivitas di atas pasti Anda sudah familiar dengan variasi dan kombinasi pola gerak saat melakukan senam lantai dengan peralatan. Untuk memperdalam ilmunya, yuk serius pelajari materi berikut ini. 1. Melompati rintangan Bagaimana cara melompati rintangan? Gerakan ini mencakup pola gerakan seperti menyodorkan, lepas landas, dan mendarat. Sebelum melakukan kegiatan ini siapkan rintangan (target) berukuran 10 cm x 100 cm. Posisi awal, berdiri di barisan belakang. Bergiliran melompati rintangan. Dorong, lalu terbang, mendaratkan 130 Buku Siswa Kelas IV SD/MI

Bergantung Dan Mengayun Pada Palang Tunggal Bertujuan Melatih

Benar Kerjakan tugas ini dengan tertib. Amati gerakan melompati rintangan seperti pada Gambar 6.7. BC DE Gambar 6.7 Melompati rintangan atau sasaran Apa saja langkah-langkah yang dilakukan untuk melompati rintangan? Diskusikan dengan teman Anda. Gunakan berbagai sumber belajar untuk mendukung diskusi Anda. Jelaskan dengan sopan hasil diskusi kepada teman dan gurumu. 2. Senam dengan tongkat Lakukanlah senam dengan tongkat bersama teman-temanmu. Siapkan tongkat sepanjang satu meter. Bagaimana cara bergeraknya? Amati dan latih gerakan-gerakan seperti Gambar 6.8. Posisi awal, kaki dibuka selebar bahu sebagai tumpuan. Pegang tongkat dengan kedua tangan dan tekuk tubuh Anda. Naikkan palang hingga berada di atas kepala Anda. Ambil langkah ini secara mandiri dan bertanggung jawab. BC Gambar 6.8 Barbell Forward dan Barbell Raise 3. Menggantung dengan kombinasi ayunan Bagaimana cara menggantung pada bar dan mengayun? Perhatikan gerakan menggantung dan mengayun seperti pada Gambar 6.9. Aktif dalam olah raga – Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan 131

Baca Juga  Saat Melakukan Gerak Tolakan Pada Senam Lantai Sebaiknya Menggunakan

Pjok Kelas 4

BC Gambar 6.9 Barbel dengan kombinasi ayunan Posisi awal, berdiri dan melompat untuk menangkap mistar. Pegangannya bisa berupa pegangan atas, pegangan bawah, atau pegangan campuran. Gantung lurus dan angkat kedua kaki dari tanah. Gerakkan kedua kaki maju mundur hingga badan bergoyang. Perlambat ayunan sebelum mendarat. Posisi terakhir, kedua kaki menginjak tanah. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. Perhatikan faktor keamanan pada saat digantung dan diayun. 4. Variasi Pola Gerakan Dasar Genggaman, Dorongan, Putaran, dan Tendangan Samping ke Tanah Bagaimana Melakukan Tendangan Samping? Gerakan menggelinding ke samping dilakukan di atas matras. Lihat Gambar 6.10. Latih gerakan seperti figur bersama teman-teman Anda. Rasakan gerakan yang dilakukan. Amati gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Bersikaplah jujur ​​dan sopan dalam menyampaikan pengamatan Anda kepada teman dan guru. B C DE F GH Gambar 6.10 Gerak lateral roda 132 Inisial IV. Sebuah buku untuk siswa kelas

Anda melakukan tendangan samping. Apakah gerakannya sulit? Bandingkan gerakan yang Anda lakukan dengan langkah selanjutnya. Posisi awal, jongkok sejajar matras. Kedua tangan memegang lutut. Putar tubuh Anda ke kanan atau ke kiri. Usahakan tubuh Anda tetap seimbang dan arah putarannya lurus. Kembalikan tubuh Anda ke posisi jongkok. Berdiri tegak dengan kedua tangan lurus ke atas. Posisi terakhir, turunkan lengan ke samping. 5. Variasi Pola Gerak Menahan, Mendorong, Memutar, dan Maju Bumi Amati gerak maju seperti terlihat pada Gambar 6.11. Lakukan gerakan ini dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal adalah posisi membungkuk dengan kedua tangan bertumpu pada matras. Dorong tubuh Anda ke depan. Saat tubuh berputar, angkat kaki. Setelah berbalik, lepaskan lengan Anda. Tekuk lutut Anda dan tahan lutut Anda. Buang napas, lalu berdiri tegak. Tunggu sebentar. Lakukan gerakan ini dengan disiplin dan hati-hati. Kembangkan keberanian dan kepercayaan diri untuk melakukan langkah ini. B C DE F GH 6.11. Gerakan menendang sosok ke depan. 6. Variasi Pola Gerakan Hold, Roll, Roll, dan Landing Back Kick Amati gerak back kick seperti terlihat pada Gambar 6.12. Latihlah gerakan ini bersama teman-temanmu. Amati gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan dengan sopan hasil pengamatanmu kepada teman dan gurumu. Aktif dalam olah raga – Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan 133

Baca Juga  Guru Lagu Gatra Kaping Pindho Tembang Ing Dhuwur Yaiku

B C DE F GH Gambar 6.12 Gerak mundur. Berlatihlah berjalan mundur dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal, duduk dan condong ke depan. Lutut ditekuk dengan baik, dagu dekat ke dada. Lipat kedua lengan dan buka telapak tangan sejajar dengan bahu. Dorong tubuh Anda ke belakang. Lepaskan dan angkat kaki Anda saat mendekati posisi akhir. Buang napas, lalu berdiri tegak. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. 7. Variasi Pola Gerakan Stance, Push-Up, Spin, dan Landing Box Bagaimana cara melakukan box jump squat? Amati gerak rotasi kotak seperti pada Gambar 6.13. Latihlah gerakan-gerakan pada gambar di bawah ini bersama teman-temanmu. BC D E F Gambar 6.13 Box roll Anda telah berlatih box roll. Apakah sulit untuk menyalin? Bandingkan dengan langkah-langkah di bawah ini. A. Mulailah berlari mendekati kotak tersebut, lalu cobalah melompat dengan kedua kaki. Kedua telapak tangan berada di bagian atas garis dada. 134 Pendidikan dasar IV. Buku Siswa kelas/MI

B. Lompat dengan sedikit tenaga. Lanjutkan dengan menggulir ke depan di kotak lompat. Posisi badan menjadi dada. C. Posisi terakhir, mendarat dengan kedua kaki. Kedua lengan diarahkan ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Jelaskan berbagai variasi dan kombinasi senam lantai dengan peralatan. Apakah kamu mengalami masalah? Jika masih ada kendala, tanyakan pada guru. Apa manfaat senam? 1. Manfaat Fisik Senam bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan motorik. Senam membantu perkembangan fisik yang seimbang. 2. Manfaat mental dan sosial Saat mengikuti program olahraga, anak hendaknya memikirkan tentang pengembangan kemampuannya. Kemampuan mental anak berkembang melalui olahraga. 3. Manfaat bagi pengembangan pribadi Melakukan senam memberikan pengalaman yang luar biasa. Dengan pengalaman, anak dapat mengendalikan tubuhnya dengan lebih percaya diri dan sukses. Pengalaman ini memungkinkan Anda menciptakan konsep diri yang positif. Gerakan-gerakan senam pada materi di atas dapat dikuasai dengan latihan yang cermat. Melakukan senam lantai memerlukan kedisiplinan, keberanian dan rasa percaya diri. Anda akan senang jika bisa menguasai senam lantai, bukan? Aktif dalam olah raga – Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan 135

Materi Kebugaran Jasmani Kelas X Semester 2 Bayu

Latihan Variasi Gerakan Berguling Anda telah mempelajari variasi gerakan latihan di tanah dengan peralatan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menguji keterampilan Anda. 1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4-6 orang. Sejajarkan setiap bola. 2. Siapkan peralatan olahraga seperti matras dan jumping box. Tempatkan peralatan di tanah. 3. Latihlah gerakan-gerakan berikut. A. tahun depanb. Putar balik c. Alihkan kotak lompat. 4. Melaksanakan pekerjaan ini dengan disiplin dan tanggung jawab. Jika masih ada kendala, tanyakan pada gurumu. 1. Latihan lantai adalah latihan fisik yang dilakukan di lantai atau di atas peralatan yang dirancang untuk meningkatkan stabilitas, kelenturan, koordinasi, dan pengendalian tubuh. 2. Pola gerak pada kegiatan senam lantai merupakan variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai tanpa alat. 3. Variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai non peralatan dapat dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut. A. Hubungan lilin. B. rantai penghubung c. Sayang. D. Orang-orang berjalan berpasangan. D. Sikap pesawat. 4. Variasi dan kombinasi pola gerakan senam lantai dapat dilakukan dengan aktivitas dan peralatan tersebut. 136 Pendidikan dasar IV. Buku Siswa kelas/MI

Baca Juga  Contoh Iringan Lagu Sederhana Adalah

A. melompati rintangan. B. Senam dengan tongkat. C. Menggantung dengan ayunan. D. Variasi dan kombinasi pola gerakan membungkuk, mendorong, memutar dan mendarat secara side roll. D. Variasi dan kombinasi pukulan ke depan, dorongan, putaran dan pendaratan. F. Jenis dan kombinasi gerakan membungkuk, mendorong, memutar dan mendarat pada gerakan berguling ke belakang. D. Variasi dan kombinasi pola gerakan box bending, push up, twist dan landing. Penilaian Pengetahuan A. Pilihlah jawaban yang benar! 1. Randy dan temannya melakukan pose lilin. Ini adalah posisi awal candle. . . . A. berdiri B. berbaring C. tidur telentang D. tidur tengkurap 2. Handy dan teman-temannya terkena infeksi berantai. Ini merupakan jenis gerakan satu kaki yang dilakukan Handy dan kawan-kawan. . . . A. mengangkat kaki yang lain B. mengubah keadaanB. lompat rintangan G. gerakkan kaki ke samping 3. Perhatikan gambar samping! Kegiatan seperti menggambar figur ditandai dengan variasi pola gerakan satu kaki. . . . A. keseimbangan B. ayunan C. pendaratan D. mendorong Latihan aktif – Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan 137

4. Bagian tubuh yang menjadi pusat tumpuan dalam pose Kayan. . . . Perut B. bahuB.

Pull up bertujuan untuk melatih, gerak push up bertujuan untuk melatih otot, sikap lilin bertujuan untuk melatih, alat palang tunggal, palang tunggal, latihan squat thrust bertujuan untuk melatih, gerakan pada gambar bertujuan melatih kekuatan otot, gambar palang tunggal, gerakan sit up bertujuan untuk melatih otot, lari zig zag bertujuan untuk melatih, alat olahraga palang tunggal, gerakan bergantung dapat melatih kekuatan otot