Ponorogo

Beras Wonogiri Ekspor Luar Negeri

Empat Komoditas Kantongi Sertifikat Organik Internasional

WONOGIRI, Jawa Pos Radar Ponorogo – Para petani di eks Karesidenan Madiun patut mencontoh petani Wonogiri. Pertanian organik yang sudah mereka rintis sejak belasan tahun lalu akhirnya membuahkan hasil. Mulai tahun lalu, puluhan ton beras organik sukses diekspor ke berbagai negara. ‘’Sejak tahun lalu beras organik. Setelah ini segera menyusul biji mete,’’ kata Harjanto, anggota Asosiasi Pertanian Organik Wonoagung, Wonogiri, Jumat (21/2).

Kemarin Dahlan Iskan menyambangi pertanian organik di Wonogiri. Dia tertarik mempelajari kisah para petani yang sukses menembus pasar mancanegara dengan produk pertanian organiknya. Pintu ekspor para petani, kata Harjanto, adalah badan usaha bernama PT Pengayom Tani Sejagad (PT PTS). Pertanian organik sejatinya telah dikenalkan sejak 1997. Namun, butuh waktu lama sampai petani bersedia menerapkannya. ‘’Setelah lima kali masa tanam, produktivitas lahan akhirnya meningkat dan harganya menjadi tinggi,’’ ujarnya.

Pun, semakin banyak petani setempat yang mulai menerapkan sistem serupa. Hingga akhirnya perkumpulan para petani organik mengajukan sertifikasi organik nasional. Padi para petani Wonogiri telah mendapat sertifikasi itu. Dari awalnya hanya sebelas hektare, kini telah mencapai 350 hektare dan dimiliki oleh sekitar 1.600 petani. Komoditas tanamnya tak hanya padi. ‘’Sekarang ada empat komoditas yang sudah mendapatkan sertifikat organik internasional. Padi, mete, kakao, dan jahe,’’ bebernya.

Mulai tahun lalu, PT PTS mengekspor padi organik Wonogiri ke Malaysia, Singapura, hingga Prancis dan Amerika Serikat. Rata-rata ekspor per bulannya sekitar 20 ton. Harjanto mengklaim petani juga mendapat bagi hasil dari keuntungan ekspor tersebut. Sehingga, petani tidak hanya menerima pendapatan dari penjualan komoditas organik kepada eksporter. ‘’Ini untuk memastikan fair trade atau perdagangan yang adil dengan petani. Lima persen dari hasil penjualan ekspor kembali ke petani,’’ ujar Harjanto. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close