News

Berapa Panjang Garis Tepi Lapangan Permainan Bola Voli

×

Berapa Panjang Garis Tepi Lapangan Permainan Bola Voli

Share this article

Berapa Panjang Garis Tepi Lapangan Permainan Bola Voli – Sekilas Pertandingan antara Bhayangkara Samator Surabaya vs. Jakarta BNI 46 (kiri) pada laga lanjutan PLN Mobile Proliga 2022 di Lapangan Voli Padepokan GOR Jenderal Polisi Kunarto, Bogor, Jumat (14/1/2022). (Bola.com/Bagaskara Biru)

, Jakarta Mengetahui luas lapangan bola voli merupakan salah satu hal mendasar bagi para pemain. Lapangan bola voli merupakan bagian terpenting selain sepak bola dan para pemainnya. Ukuran lapangan bola voli harus memenuhi standar internasional bila digunakan dalam pertandingan resmi.

Berapa Panjang Garis Tepi Lapangan Permainan Bola Voli

Secara umum ukuran lapangan bola voli mempunyai aturan yang ditetapkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Ukuran lapangan voli dalam dan luar ruangan juga disertakan.

Sejarah Permainan Bola Voli

Tak hanya itu, luas lapangan bola voli di Indonesia sendiri bergantung pada standar nasional yang ditetapkan oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Namun tetap mengacu pada aturan yang ditetapkan FIVB. Lalu seberapa besarkah lapangan voli menurut standar nasional dan internasional?

Berikut update ukuran lapangan voli menurut standar nasional dan internasional yang dirangkum berbagai sumber, Rabu (16/3/2022).

Situasi pada pertandingan Jakarta BNI 46 vs. Bogor LavAni dalam PLN Mobile Proliga 2022 pada babak perempat final pertama di Sentul Boleibol Padepoka, Jumat (11/3/2022). Bogor LavAni menang 3-0 dengan skor 25-19, 25-13, 25-11. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lapangan bola voli sendiri harus memenuhi persyaratan ukuran sesuai dengan peraturan resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Ukuran lapangan voli indoor berbeda dengan lapangan outdoor. Namun keduanya harus berada pada permukaan yang rata.

Berapa Ukuran Lapangan Bola Voli? Ini Aturannya Menurut Fivb Dan Pbvsi

Di area terbuka, disarankan kemiringan 5 mm per meter persegi. Kemiringan ini berguna untuk mengeringkan air di sawah saat kondisi cuaca sedang hujan. Bahan yang digunakan untuk membuat permukaannya terbuat dari bahan anti slip. Hal ini untuk memastikan keselamatan para pemain tidak terganggu.

Dalam kompetisi internasional, diperbolehkan membuat permukaan dari kayu atau bahan sintetis. Namun, jika Anda ingin menggunakan materi selain tersebut, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari FIVB. langkah-langkah ini merupakan standar nasional dan internasional yang sering digunakan dalam pertandingan resmi. Ukuran lapangan bola voli adalah:

Selain ukuran lapangan, FIVB juga menentukan ukuran jaring bola voli putra dan putri. Berikut ukuran jaring bola voli:

Baca Juga  Jangan Serahkan Kendaraan Atau Stnk Begitu Saja Merupakan Kalimat

Perhatikan bahwa lapangan bola voli berbentuk persegi panjang dan terdapat garis-garis yang melintasi lapangan tersebut. Dalam pertandingan resmi internasional, stadion memiliki ruang kosong. Ruang kosong di lapangan bola voli digunakan saat pemain mengejar bola. Tak hanya itu, lapangan voli juga mempunyai garis lapangan. Ada dua jenis garis di lapangan yaitu garis batas dan garis tengah. Garis batas adalah garis yang membentuk persegi panjang. Sedangkan garis tengah terletak pada sumbu pitch. Garis tersebut memotong lapangan menjadi dua bagian kira-kira sepanjang 9 m. Setiap bagian lapangan mempunyai dua area, depan dan belakang. Titik depan berjarak 3 m dari sumbu dan titik belakang berjarak 6 m dari titik depan.

Macam Macam Peraturan Permainan Bola Voli

Permainan bola voli dapat dan dimainkan oleh gender maupun campuran. Namun, pada cabang olahraga resmi putra dan putri berkompetisi secara terpisah sehingga tidak boleh bercampur. Oleh karena itu, tinggi net bola voli putra dan putri berbeda. Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, tinggi net bola voli putra adalah 2,43 meter. Sedangkan tinggi net bola voli putri adalah 2,24 meter atau kurang 19 sentimeter.

Kecuali tinggi net, semua pengukuran pada kategori putra dan putri adalah sama, baik itu ukuran bola, ukuran lapangan, dan lain-lain. Lantas mengapa hanya tinggi net yang berbeda antara divisi bola voli putra dan putri?

Jawabannya adalah perbedaan fisik antara putra dan putri. Perlu dipahami bahwa apa yang tampak adalah suatu hal yang wajar yang tidak dapat diubah dan bersifat abadi. Kemampuan fisik wanita dan pria berbeda karena kekuatan ototnya.

Hal ini dibenarkan oleh Dr. Emily Kraus, seorang dokter olahraga di Stanford Health Care, California, mengatakan bahwa sekitar 80% kaki pria lanjut usia terdiri dari otot, dibandingkan hanya 60% kaki wanita.

Tenis Meja: Dari Sejarah, Peraturan, Hingga Teknik Dasarnya

Berat badan ini tentunya mempengaruhi kecepatan lari dan tinggi lompatan pria dan wanita. Aturan ini masuk akal dengan perbedaan tinggi net dalam bola voli. Sebab, dalam permainan bola voli, melompat merupakan cara dasar melakukan break yang berfungsi untuk mencetak gol atau membuat blok.

Menurut aturan FIVB Internasional, bola voli menggunakan bola yang dirancang khusus. Bentuk bola bulat dengan diameter 65-67 cm dan berat 260-280 gram. Selain itu, bola harus memiliki tekanan udara sebesar 0,40 · 0,45 kg/cm² agar dapat melempar bola dengan benar dengan tangan. Bahannya sebaiknya terbuat dari bahan yang lembut (fleksibel). Kemudian bagian dalam bola terbuat dari karet sehingga fleksibel dan halus dalam penggunaan

Baca Juga  Observer Adalah

* Benar atau salah? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp Cek Fakta di 0811 9787 670 dengan memasukkan kata kunci yang Anda inginkan.

Full Team Persebaya akan menghadapi Rans Nusantara FC di Sleman Jumat besok, Ernando Ari dan Song Ui-Young Siap Bermain. Luas lapangan voli mengacu pada aturan resmi FIVB. seperti kamu Baca lebih lanjut di sini termasuk gambar lapangan voli.

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar Dan Keterangannya

, permainan bola voli pada dasarnya mengikuti aturan yang sama. Aturan tersebut sesuai dengan peraturan resmi yang dikeluarkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB).

Lalu bagaimana peraturan hukum mengenai lokasi, desain dan ukuran lapangan voli? Penampakan lapangan voli dan tinggi net juga akan dibahas secara singkat pada artikel ini.

Salah satu yang diatur dalam FIBV adalah lokasi lapangan voli dan ukurannya. Ukuran lapangan bola voli menurut aturan FIBV adalah persegi panjang sama sisi. Luas lapangan voli adalah 9 x 18 meter persegi.

Pemain dan fasilitas ganti. Panjang tepi lapangan minimal 3 meter dan maksimal 5 meter dari garis lapangan permainan.

Organisasi Bola Voli Indonesia Adalah Namanya Pbvsi, Ketahui Tujuan Dibentuknya

Jarak antara lapangan pertandingan dan tempat duduk wasit juga diatur. Kursi wasit terletak di dekat net dan garis tengah lapangan. Jaraknya 1,75 meter dari garis permainan.

Di bawah ini adalah 3 foto lapangan voli yang diambil dari dua sumber. Foto lapangan voli asli muncul di buku panduan di judulnya

Selain ukuran lapangan voli, FIVB juga mengatur tinggi net bola voli. Jaring bola voli berbentuk persegi panjang dengan panjang 10 meter dan lebar 1 meter. Jaring dibentangkan tepat di atas garis tengah lapangan, dengan jarak 9,5-10 meter dari atas jaring. Kedua sisi jaring disambung pada ketinggian 2,55 meter.

Mengenai tinggi net bola voli terdapat perbedaan antara nomor putra dan putri. Panjang net bola voli putra adalah 2,43 meter. Sedangkan tinggi net bola voli putri adalah 2,24 meter.

Baca Juga  Saat Melakukan Senam Irama Sangat Diperlukan

Berapakah Ukuran Lapangan Bola Voli Dan Bola Kaki

Pemisahan gender dalam permainan bola voli disebabkan karena laki-laki dan perempuan mempunyai ciri fisik yang berbeda. Hal ini juga mempengaruhi peraturan dan ketentuan permainan di lapangan.

Aturan main voli pantai mirip dengan bulutangkis. Bola voli pantai dimainkan oleh dua orang pemain, 2 laki-laki, 2 perempuan atau 2 laki-laki dan satu perempuan (nomor campuran). Sedangkan bola voli dimainkan oleh minimal 6 orang pemain yang berjenis kelamin sama, baik laki-laki maupun perempuan. Namun, ada beberapa standar yang mengatur ukuran lain, seperti jaring, ruang, dan bola.

Di Indonesia, organisasi olahraga ini dinaungi oleh PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Sebagai anggota FIVB, PBVSI juga menerapkan standar lapangan internasional dalam event resmi bola voli Indonesia.

Ada 4 ukuran standar dalam permainan bola voli. 4 tingkatan tersebut adalah ukuran lapangan, ukuran garis lapangan, tinggi dan panjang net, dan ukuran bola voli.

Ukuran Lapangan Basket Dan 7 Peraturannya Menurut Fiba

Panjang dan lebar lapangan bola voli merupakan tepi luar lapangan. Ini adalah standar pengukuran internasional resmi untuk industri

Atau 1,6 hektar. Belum termasuk area luar lapangan yang biasanya masing-masing berjarak maksimal 5m, sehingga minimal ukuran bangunan adalah 322m.

Sedangkan lapangan voli dibagi menjadi dua ruang yang dipisahkan oleh garis setebal 5 cm. Kedua posisi tersebut adalah posisi bertahan di belakang dan posisi menyerang saat terhubung ke gawang.

Jaring membagi wilayah tim lawan. Dalam permainan ini, bola harus melewati net dengan perbandingan sebagai berikut:

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Beserta Tinggi Net Untuk Pria Dan Wanita

Pada bola voli putra tinggi badannya lebih tinggi 20 cm dibandingkan pada bola voli putri. Spesifikasi ukuran net bola voli adalah sebagai berikut :

Jumlah pemain yang bermain bola voli indoor adalah 6 orang per tim. Setiap tim dapat mendaftarkan 11 pemain di setiap event. Suatu grup akan dinyatakan Walk Out jika jumlah grupnya kurang dari 4 orang.

Lebar garis lapangan permainan bola voli adalah, lapangan bola voli mini, perlengkapan lapangan bola voli, lebar garis lapangan bola voli, lampu lapangan bola voli, pembatas lapangan bola voli, garis lapangan sepak bola, panjang lapangan bola voli, garis lapangan voli, berapa panjang lapangan bola voli, cat lapangan bola voli, lapangan permainan bola voli