AdvertorialNgawi

Bentuk Duta Srikandi, Kanang Ajak Pemuda Berwirausaha

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ribuan orang berpakaian rapi berbondong-bondong mendatangi Pendapa Wedya Graha Rabu (25/9). Mereka datang silih berganti sejak pagi. Di tempat tersebut sedang berlangsung bursa kerja terbuka (job fair) yang diadakan Pemkab Ngawi.

Bupati Ngawi Budi ”Kanang” Sulistyono mengatakan, bursa kerja itu sebagai bentuk upaya pemkab mengurangi angka pengangguran daerah yang mencapai sekitar 16 ribu jiwa. Dengan rata-rata usia antara 15–29 tahun. ‘’Bayangkan saja jika 16 ribu orang itu berkumpul di alun-alun, seperti apa ngerinya. Makanya kami selenggarakan job fair ini,’’ katanya.

Kanang menambahkan, peluang pencari kerja (pencaker) terserap dalam bursa kerja itu besar. Karena terdapat 40 perusahaan dari berbagai daerah yang ikut berpartisipasi. Mereka bergerak di berbagai bidang. Mulai industri pengolahan, perdagangan, jasa keuangan, hingga angkutan. Sekalipun kuota yang disediakan terbatas –hanya sekitar 11 ribu lowongan pekerjaan– namun setidaknya dapat mengurangi angka pengangguran saat ini. ‘’Tentu ini kesempatan bagi warga Ngawi untuk mendapatkan pekerjaan,’’ ujarnya.

Bupati Ngawi dua periode itu sempat meninjau stan bursa kerja tersebut. Dia mendapati masih adanya beberapa masyarakat yang ingin bekerja di bidang industri luar negeri. ‘’Untuk ke luar negeri, kalau formal tidak apa-apa. Tapi, yang informal agak kami hambat. Karena selain susah ngontrol, kami juga tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,’’ ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kanang juga mendorong generasi muda di Ngawi untuk berwirausaha. Upaya itu didukung dengan pembentukan Duta Srikandi sebagai motivator. Dengan harapan, mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru setelah diberikan motivasi dan sosialisasi. ‘’Jadi, ada beberapa anak yang sudah kami bekali dengan sejumlah materi untuk menyosialisasikan kepada sesamanya,’’ jelasnya. (tif/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button