News

Bentang Alam Singapura

×

Bentang Alam Singapura

Share this article

Bentang Alam Singapura – Singapura merupakan negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah yang sedikit berbeda dibandingkan DKI Jakarta. Dimanakah letak wilayah tertinggi Negeri Singa?

Singapura adalah negara terkecil di kawasan Asia Tenggara. Luas negara ini sekitar 721,5 kilometer persegi. Menurut data tahun 2020, jumlah penduduk Singapura mencapai 5,7 juta jiwa pada Juni 2020.

Bentang Alam Singapura

Dikutip dari Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk SMP/MTs Kelas IX oleh Ratna Sukmayani dkk, Sebagai negara kecil, Singapura melakukan reklamasi pantai untuk memperluas wilayahnya. Hutan bakau di kawasan ini hampir punah karena dialihfungsikan menjadi lahan. Beberapa pulau kecil berubah menjadi pulau-pulau besar. Klaim tersebut telah berlangsung sejak tahun enam puluhan.

Traveling Di Masa Lebaran? 5 Destinasi Keren Ini Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Singapura terletak di ujung Semenanjung Malaysia, dipisahkan dari Malaysia oleh Selat Johor. Pulau Singapura berbentuk berlian dan terdiri dari 60 pulau kecil. Ini termasuk Pulau Tekong Besar, Sentosa, Ubin dan Eyer Chawan.

Ciri-ciri fisik Singapura beragam. Bagian utara dan tengah berupa pegunungan, bagian timur berupa dataran rendah, dan bagian barat daya berupa lembah dan rawa-rawa. Daerah tertinggi di Singapura adalah Bukit Timah.

Singapura bagian utara dan tengah merupakan daerah perbukitan dengan puncak membulat. Puncak tertingginya adalah Bukit Timah dengan ketinggian ±164 meter. Bukit Timah juga merupakan titik tertinggi di Singapura. Setelah itu Bukit Gombak, Bukit Panjang dan Bukit Mandai.

Bagian timur Singapura merupakan dataran rendah yaitu dataran aluvial dan rawa. Umumnya sungai-sungai yang mengalir di kawasan ini relatif pendek, dangkal, dan arusnya lambat. Akibatnya, sungai-sungai di dataran timur tidak berguna.

Manik Cafe, Seruput Kopi Bentang Alam Mbeliling

Wilayah barat daya Singapura merupakan kawasan lembah dan rawa yang bergelombang. Terdapat beberapa bukit rendah di kawasan ini antara lain Bukit Faber, Bukit Pasir Panjang, dan Bukit Sesop. Faber Hill menjadi destinasi wisata terkenal di sana. Wilayah barat daya ini juga dilintasi oleh beberapa sungai kecil, seperti sungai Jurong, Singapura, Kranji, Choa Chu Kang, dan Pandan.

Bukit Timah merupakan salah satu cagar alam Singapura atau dikenal dengan sebutan Bukit Timah Nature Reserve. Lokasinya berjarak 12 kilometer dari pusat kota.

Menurut Dewan Taman Nasional Singapura, cagar alam ini memiliki salah satu sistem ekologi terkaya dan paling beragam. Pengunjung dapat melihat keanekaragaman kehidupan tumbuhan, hewan, dan serangga khas iklim khatulistiwa yang lembab.

Cagar alam seluas 163 hektar ini merupakan rumah bagi bukit tertinggi di Singapura, Bukit Timah Hill. Kawasan ini juga berfungsi sebagai pertahanan hutan tropis utama negara ini. Hutan perbukitan telah menjadi tempat berkumpulnya tumbuhan selama lebih dari satu abad. Selain itu, spesimen pertama dari banyak jenis tumbuhan Melayu juga ditemukan di tempat ini.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Gerak Tari

Air Terjun Sri Gethuk, Tawarkan Panorama Alam Dan Wahana Rekreasi Seru

Pada tahun 1990, perbukitan tertinggi di Singapura dan Central Field Area ditetapkan sebagai Cagar Alam. Saat ini, cagar alam tersebut ditetapkan untuk mempromosikan, melindungi dan melestarikan flora dan fauna asli Singapura berdasarkan Parks and Trees Act 2005.Grid.id – East Association Asian Nations (ASEAN) adalah sebuah organisasi regional. terdiri dari 11 negara anggota.

Penandatanganan deklarasi tersebut diwakili oleh Menteri Luar Negeri 5 negara yaitu Adam Malik (Indonesia), Malaysia (Tun Abdul Razak), Filipina (Narciso Ramos), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura).

Dari awalnya beranggotakan 5 orang, organisasi regional ini kini beranggotakan 11 orang yang beranggotakan Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Sehingga hubungan kerjasama antar anggota mempunyai arti penting dalam perkembangan ekonomi dan teknologi masing-masing negara.

Travel Bubble Indonesia Singapura, Bintan Dan Batam Pertama?

Di bawah ini akan kami jelaskan secara singkat kondisi alam dan topografi masing-masing negara anggota ASEAN. Nah, selengkapnya simak pada ulasan selanjutnya.

Terdapat lima pulau besar di Indonesia yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Topografinya berupa kepulauan dengan pegunungan aktif dan hutan hujan tropis.

Luas wilayah Malaysia adalah 329.758 km² dan terbagi menjadi dua bagian, Malaysia Timur yaitu Sabah dan Sarawak yang didominasi oleh daerah pegunungan.

Kawasan ini juga memiliki pantai yang sempit dan berbatu. Sedangkan Malaysia Barat yaitu Semenanjung Malaysia (meliputi Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor dan Trenggano) merupakan wilayah pegunungan rendah dan terjal.

Wilayah Paling Tinggi Di Singapura Yang Jadi Cagar Alam, Ini Profilnya

Pulau-pulau di Filipina ditutupi oleh pegunungan aktif dan hutan hujan tropis, mirip dengan topografi Indonesia. Kota pelabuhan terbesar di Filipina adalah Cavite di pulau Luzon.

Topografi wilayah utara bergunung-gunung, dengan lembah sungai datar di tengahnya yang mengalir ke Teluk Thailand. Di selatan terdapat pegunungan.

Luas wilayah Singapura 660 km² terdiri dari pulau-pulau kecil. Topografinya merupakan dataran rendah dengan pantai dan pulau buatan.

Letaknya strategis karena berada di persimpangan jalur pelayaran Asia Timur, Asia Barat, Australia, Eropa dan Amerika.

Wisata Alam Indonesia Terpopuler Yang Mendunia, Wajib Dikunjungi

Pemerintah Singapura memanfaatkan hal ini dengan membangun pelabuhan yang cocok untuk kegiatan distribusi. Fasilitas tersebut menjadikan Singapura sebagai pelabuhan tersibuk di Asia.

Luas wilayah Brunei Darussalam adalah 5.765 km², wilayahnya terletak di Kalimantan Utara. Wilayahnya terbagi menjadi dua, yaitu wilayah barat dan wilayah timur.

Negara ini berbatasan langsung dengan Sarawak di selatan, barat, dan timur. Negara ini juga berbatasan dengan Laut Cina Selatan di utara.

Baca Juga  Faktorisasi Prima Dari 27 Adalah

Vietnam terletak di semenanjung Indochina, dengan luas wilayah 329.707 km². Topografi wilayahnya terdiri dari dataran pantai, perbukitan, pegunungan berhutan lebat, delta sungai, dan dataran rendah.

Kepulauan Derawan Sumberdaya Air Ekosistem Wisata Laut, Laut, Samudra, Pesisir Dan Bentang Alam Samudera, Pantai Png

Berbatasan dengan Tiongkok di utara, Laos dan Kamboja di barat, serta Laut Cina Selatan di selatan dan timur.

Sungai Mekong merupakan sungai besar di Laos, mengalir dari barat daya ke barat daya hingga perbatasan dengan Thailand.

Pesisir utara bergunung-gunung, sedangkan pesisir selatan merupakan dataran pantai luas yang terdiri dari delta sungai dan rawa bakau.

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel pembelajaran untuk menunjang aktivitas belajarmu dan menambah pengetahuanmu. Belajar lebih cerdas dengan bantuan adjar.id, dunia belajar anak Indonesia. Para pecinta jalan kaki patut bergembira karena Singapura memiliki tempat yang tepat untuk menyalurkan hobi mereka. Di Cagar Alam Bukit Timah kita bisa menjelajahi alam Singapura dengan flora dan fauna yang melimpah. Ruang pusat pengunjung juga menampung harimau terakhir yang ditemukan pada tahun 1920 dan kemudian dilestarikan.

Rusaknya Bentang Alam Adalah Kecemasan Kita Bersama

Di sana kita juga bisa melihat indahnya danau granit Hindhede Natural Park dan mendaki puncak alam tertinggi Singapura.

Bukit Timah terletak di Hindhede Dr, Singapura. Untuk sampai ke sini kita bisa naik bus Singapore Land Transport Authority nomor 170, 171 dan 67.

Berlari sambil menikmati keindahan alam Singapura? Mengapa tidak? Taman Alam Bukit Batok adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi. Area penambangan tua ini memiliki kolam penambangan tua yang indah. Flora dan fauna seperti burung endemik langka, elang berkepala abu-abu, dan taman yang indah ada di sini. Tempat ini bisa diakses pada malam hari. Kelap-kelip lampu di taman memberi kesan romantis. Tidak secantik yang dia bayangkan, mungkin ada nyamuk di dalamnya.

Di sebelah timur Bandara Changi terletak Selat Johor. Pulau Ubin merupakan destinasi yang sangat cocok untuk bersepeda mengelilingi pulau. Jika Anda tidak membawa sepeda, jangan khawatir karena kita bisa menyewa sepeda atau kendaraan di sana.

Hal Yang Dapat Dilakukan Di Selandia Baru 2024

Bagi yang ingin tidur malam. Pulau Ubin juga memiliki fasilitas hotel yang nyaman. Pulau Ubin merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Melayu. Untuk sampai ke sini kita bisa naik bus nomor 2, 29, 59 dan 109 menuju Terminal Bus Changi Village, kemudian menuju dermaga dan menyeberang menggunakan perahu menuju Pulau Ubin dengan biaya SGD 2,5.

Sensasi berdiri di tengah jembatan sepanjang 250 meter di Maritchie Nature Park. Menghubungkan Bukit Peirce dan Bukit Kalang. Dari atas jembatan kita bisa menikmati pemandangan hutan alam Singapura. Diiringi suara kicauan burung dan gemericik air bendungan utama MacRitchie. Bagi penggila fotografi, kita bisa memotret berbagai jenis burung di antara pepohonan. Senang berfoto di jembatan. Kita juga bisa bermain di air terjun dan mengunjungi makam salah satu pahlawan Singapura, Lim Bo Seng.

Baca Juga  Zaman Beradab Atas Ditandai Dengan Perkembangan Teknologi Berupa

Untuk menuju ke sana, salah satu rute yang bisa dipilih adalah naik MRT menuju stasiun Marrymount. Kemudian ikuti perjalanan bus menuju Venus Drive lalu berjalan kaki menuju kawasan wisata.

Bosan melihat gedung pencakar langit di Singapura? Nah, Pulau Lazarus adalah tempat yang tepat untuk “melarikan diri”. Sering disebut sebagai pantai terakhir di Singapura yang masih asri, pulau ini menjadi daya tarik bagi kita yang tidak suka keramaian turis. Disana kita bisa menikmati pasir putih dengan air laut berwarna biru kehijauan. Pulau tak bernyawa ini dijadikan tujuan para pemuda dan fotografer berburu matahari dan terbenamnya matahari.

Sinar Mas Land Dukung Indonesia Jadi Destinasi Golf Dunia Dengan Menggelar Nuvasachella Golf Tournament

Keindahan pantai yang jarang terjamah ini adalah minimnya infrastruktur yang memadai. Wisatawan di sini harus membawa perbekalan yang cukup untuk mencapai Pulau Lazarus. Untuk menuju pulau dengan nama awal Pulau Sakijang Pelepah. Naiklah feri di Marina South Pier dan menuju ke St. Pulau Johns Dari sana kita akan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Pulau Lazaro.

Terbukti liburan ke Singapura tidak harus selalu di pusat kota? Ternyata negara ini punya banyak surga tersembunyi yang menunggu untuk dijelajahi. Ayo, kemasi barang-barangmu dan bersiaplah untuk perjalanan menyenangkan ke Singapura bersama Sunburst Adventure! Pemandangan alam Singapura memang tidak terlalu luas mengingat Singapura merupakan negara terkecil di dunia, namun memiliki alam yang sangat indah. Negara Singapura tidak hanya terdiri dari gedung-gedung pencakar langit saja yang bisa dilihat di beberapa bagian kota Singapura.

Negara ini juga memiliki pemandangan alam yang bisa dikunjungi untuk menikmati suasana alam. Meski banyak orang yang belum mengetahuinya di Singapura.

Negara Singapura terdiri dari beberapa pulau besar dan kecil sehingga membuat keindahannya semakin beragam. Berikut beberapa hal mengenai kondisi alam Singapura dari segi geografis:

Selamat! 4 Beasiswa Luar Negeri 2023 Dibuka, Kuliah Ke Singapura Hingga Kanada Semakin Mudah Digapai

Singapura adalah negara yang terdiri dari:

Bentang alam negara singapura, bentang alam negara singapura berupa, bentang alam singapura bagian timur berupa, bentang alam negara india, bentang alam korea selatan, bentang alam negara inggris, bentang alam, bentang alam negara china, kondisi bentang alam singapura, bentang alam di singapura, bentang alam benua afrika, bentang alam afrika