Ponorogo

Bendungan Bendo Dioperasikan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Bendungan Bendo yang berada di Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Sawoo, Ponorogo diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bupati Sugiri Sancoko yang mendampingi peresmiannya.

Bangunan waduk yang menelan biaya Rp 1,1 triliun itu memiliki kapasitas 43 juta meter kubik air dengan luas genangan 170 hektare. Pun, mampu menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah dan pasokan air baku 370 liter per detik. ‘’Selain bisa mereduksi banjir hingga 31 persen atau sebesar 117,4 meter kubik per detik,’’ terang presiden sembari menyebut bendungan setinggi 74 meter itu akan menambah pasokan air yang mampu meningkatkan produktivitas bidang pertanian.

Sementara itu, Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan bahwa warga Ponorogo maupun Madiun akan menerima manfaat dari kelarnya pembangunan Waduk Bendo. Petani dapat menambah masa tanam yang menandai ikut meningkatnya hasil panen. Keberadaan bendungan juga menahan kelimpahan air yang menjadi sumber baku. ‘’Air yang melimpah tidak terbuang percuma ke sungai,’’ jelasnya. (irs/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button