Magetan

Belum Semua Desa di Magetan Tangguh Bencana

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Ketangguhan wilayah menghadapi bencana tidak sama. Ada yang sudah melakukan persiapan hingga tahap perencanaan dan penanggulangan secara matang. Ada yang masih berupa rintisan forum penanggulangan.

Di Magetan, lima desa/kelurahan sudah menyandang desa tangguh bencana (destana) kategori madya. Meliputi Desa Gonggang, Genilangit di Poncol, dan Ngancar di Plaosan. Juga, Kelurahan Sarangan di Plaosan dan Alastuwo di Poncol. Level di bawahnya, terdapat 12 desa/kelurahan destana kategori pratama.

Kalaksa BPBD Magetan Ari Budi Santosa mengatakan bahwa desa tangguh bencana bukan sebatas predikat. Pengelompokan itu penting untuk menandai sekaligus melatih kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di setiap wilayahnya. ‘’Sebenarnya ada sekitar 67 desa/kelurahan yang terkategorikan rawan bencana. Sayangnya, baru 17 yang termasuk destana,’’ terangnya.

Minimal, lanjut Ari, desa/kelurahan rawan itu memiliki forum penanggulangan bencana. Kesadaran awal itu menjadi pijakan untuk menjadi destana kategori pratama. Sehingga, ketika terjadi bencana, sudah ada pihak yang bertanggung jawab melakukan penanganan. ‘’Tahun ini dua desa dipertimbangkan masuk destana,’’ ujarnya.

Dua wilayah yang dimaksud Ari itu adalah Desa Jajar di Kecamatan Kartoharjo dan Desa Puntukdoro di Kecamatan Plaosan. Pertimbangannya, Jajar rawan banjir. Sungai Ulo kerap meluap hingga membanjiri hunian dan lahan pertanian. Sedangkan Puntukdoro rawan longsor lantaran kontur kewilayahannya dikepung tebing. ‘’Jajar sudah pasti masuk, Puntukdoro masih belum,’’ ungkapnya.

Ditarik skala lebih luas, sejatinya 135 desa/kelurahan dalam pantauan kerawanan bencana. Tak terkecuali wilayah Kecamatan Magetan yang dilewati aliran Sungai Gandong. Namun, penetapan destana harus menyesuaikan kekuatan anggaran daerah. Adanya penambahan usulan dua desa di tahun ini pun terdorong bantuan dari pemprov. ‘’Kami hanya memfasilitasi,’’ kata Ari. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button