Ngawi

Belum Berubah dari Risiko Rendah, Bupati Sebut Ngawi Masih Zona Kuning

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Laman Bersatu Lawan Covid (BLC) yang dikelola Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sempat memasukkan Ngawi sebagai salah satu daerah yang masuk zona hijau alias tidak terdampak Covid-19. Namun, hal itu dibantah Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono. Dia menyatakan Ngawi sejauh ini masih berstatus zona kuning atau risiko rendah.

Kanang mengungkapkan, sejak beberapa hari lalu memang tidak ada tambahan kasus terkonfirmasi positif di Ngawi. Pun, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari paparan virus korona meningkat. ‘’Mungkin karena kondisi itu (tidak ada penambahan kasus dan jumlah pasien sembuh bertambah, Red) dianggap sudah zona hijau,’’ ujarnya Senin (6/7).

Kendati demikian, Kanang berharap Ngawi segera masuk zona hijau. Jika itu terjadi, sektor pendidikan bakal menjadi perhatian utama. Sebab, berdasarkan surat keputusan bersama menteri pendidikan dan kebudayaan, menteri dalam negeri, serta menteri agama, hanya sekolah di zona hijau yang boleh dibuka lagi.

Bagaimana dengan sektor lain? Kanang menegaskan tidak akan mencabut ketentuan terkait protokol kesehatan, sekalipun kelak Ngawi sudah masuk zona hijau. Sebaliknya, pihaknya bakal lebih memperketat pengawasan terhadap pelaksanaannya. ‘’Meskipun sudah hijau bukan berarti bisa bebas. Justru harus lebih diperketat supaya tidak kembali kuning,’’ tegasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close