Laka LantasNgawi

Belok tanpa Tanda, Vario Ditabrak Ertiga

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Masih banyak pengendara yang tidak paham tata tertib berlalu lintas. Di Ngawi, dua pemotor celaka dalam kurun sepekan karena tidak menyalakan lampu sein ketika berbelok. Kasus teranyar menimpa Harnoto, 56, warga Desa Kedungmiri, Karangjati, Senin (2/3). 

Motor Honda Vario nopol AE 5296 LU yang dikendarainya ditabrak mobil Suzuki Ertiga AE 1582 JA yang dikemudikan Ngakan Made, 43, warga Kelurahan Ketanggi, Ngawi. Kondisi pemotor kritis dalam kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Jalan Raya Ngawi–Caruban Km 15–16, masuk Desa/Kecamatan Karangjati, itu. ‘’Pemotor tidak sadarkan diri akibat kerasnya benturan di kepala,’’ kata Kepala Jaga Pos Laka 1 Satlantas Polres Ngawi Aiptu Sunarto.

Sunarto mengungkapkan, insiden bermula ketika Harnoto melajukan kendaraannya dari arah barat. Ketika di tempat kejadian perkara (TKP), pemotor belok ke selatan tanpa memberikan tanda. Berdasar keterangan saksi, dia ingin ke toko kelontong miliknya yang ada di seberang jalan. Di saat bersamaan, melaju mobil Ertiga dari arah belakang. ‘’Karena jarak sudah dekat, tabrakan tidak bisa terhindarkan,’’ ujarnya.

Dia menyebut, motor rusak parah pada bagian belakang. Sedangkan mobil hanya penyok bagian kanan depan-bawah. Jika pemotor kritis, kondisi Ngakan yang diketahui berprofesi sebagai dokter itu tidak terluka. ‘’Pemotor tidak mengenakan helm,’’ ungkapnya seraya menyebut kendaraan yang terlibat laka lantas dibawa ke pos laka.

Hasil pemeriksaan sementara dan olah TKP, laka lantas itu diduga karena kelalaian Harnoto ketika berbelok. Dia belok mendadak dengan tidak menyalakan lampu sein. Akibatnya, pengemudi mobil yang ada di belakang hilang kendali. Kasus laka lantas serupa terjadi 27 Februari lalu di Jalan Raya Ngawi–Caruban. Seorang pemotor harus meregang nyawa. ‘’Pengguna jalan harus memakai helm sebagai standar keamanan dan memahami tata tertib berlalu lintas,’’ pesan Sunarto. (mg1/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button