Magetan

Beli Mobil Dinas, Dua Unit Luxio, Rogoh Rp 386 Juta

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Bagian Umum Setdakab Magetan membeli dua unit mobil dinas (mobdin) pada masa perubahan anggaran keuangan (PAK) 2019 ini. Dua kendaraan jenis Daihatsu Luxio 1.5 X M/T itu bakal diberikan kepada bagian humas dan protokoler serta dinas komunikasi dan informatika (diskominfo).

Kabag Umum Setdakab Magetan Dwi Astutik mengatakan, kedua mobdin itu bukan untuk pimpinan. Melainkan kendaraan operasional untuk menunjang kegiatan para personel dua organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut. ‘’Sudah kami proses pengadaannya,’’ ujar Dwi Minggu (17/11).

Dia menjelaskan, satu unit mobdin harus ditebus dengan duit Rp 198 juta sehingga kas daerah yang harus dikeluarkan total sebesar Rp 396 juta. Dalam waktu dekat pengadaan kedua mobdin itu segera terealisasi dan siap didistribusikan kepada OPD. ‘’Tinggal menunggu kapan datangnya,’’ imbuh Dwi.

Menurut dia, spesifikasi mobdin itu sudah disesuaikan dengan kebutuhan di dua OPD tersebut. Jatah untuk bagian humas dan protokoler, misalnya, dimodifikasi agar bisa membawa mesin cetak foto bagi warga yang berniat berswafoto bersama bupati. ‘’Spesifikasi mobdin itu berbeda, tergantung peruntukannya,’’ katanya sembari menyebut tahun depan tidak ada pengadaan mobdin baru, termasuk untuk bupati, wabup, maupun pimpinan dewan.

Sembilan kepala OPD yang baru saja mengikuti seleksi terbuka jabatan pemimpin tinggi pratama, kata dia, tahun depan juga dipastikan tetap menggunakan mobdin lama. ‘’Tidak masalah, toh kondisinya masih bagus dan layak digunakan,’’ ujarnya.

Dia menyatakan, pengadaan mobdin tidak selalu dilakukan setiap tahun. Melihat kebutuhan setiap OPD. ‘’Jika masih layak digunakan, tak perlu beli baru sehingga dananya bisa dialokasikan untuk kegiatan lain yang lebih prioritas,’’ pungkasnya. (bel/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button