Madiun

Belasan Titik Median Disambar Kendaraan

MADIUN – Median jalan rupanya menjadi sasaran empuk kendaraan. Sampai November ini, sudah ada 14 kerusakan di median jalan pemkot akibat disambar kendaraan. Seringnya median jalan jadi korban laka lantas memaksa DPUTR menyisihkan anggaran khusus pemeliharaan median, mulai P-APBD tahun ini. ’’Istilahnya supaya njagani kalau ada yang rusak, bisa langsung ditangani,’’ kata Kabid Bina Marga DPUTR Kota Madiun Thariq Megah kepada Jawa Pos Radar Madiun, Jumat lalu (23/11).

Terbaru, laka lantas yang terjadi di MT Haryono, Jumat pagi. Truk Surabaya-Pacitan yang dikemudikan Budi terlibat laka lantas tunggal menghantam median jalan, sebelum perempatan Jalan Salak. Insiden tersebut rupanya tidak hanya terjadi sekali sepanjang bulan ini. Menurut Thariq, sudah tiga kali median jalan rusak akibat laka lantas selama November ini. Yakni, di Soekarno Hatta, MT Haryono, dan Ring Road Barat. ’’Dulu perbaikan masuk pos penyelenggaraan rutin kecamatan, sekarang perlu dianggarkan tersendiri,’’ ujarnya.

Pada P-APBD tahun ini, pemkot menyisihkan Rp 182 juta untuk dana taktis mengatasi kerusakan median. Penyisihan anggaran khusus perbaikan median, kata Thariq, merupakan yang pertama kali dilakukan pemkot. Dengan dana Rp 182 juta, median yang rusak dapat langsung diperbaiki sedia kala. ‘’Itu karena, sekalipun median rusak disebabkan laka lantas, tentu tidak etis meminta ganti rugi kepada masyarakat. Bagaimanapun, pemerintah tetap yang berkewajiban melakukan penanganan,’’ tutur Thariq.

Tahun depan, anggaran yang akan disisihkan lebih banyak. Mencapai Rp 600 juta. Itu, kata Thariq, diproyeksikan untuk memperbaiki median di Jalan Urip Sumoharjo, Yos Sudarso, dan Mastrip. Pun, karena median acap jadi korban, mulai tahun depan DPUTR mengeluarkan kebijakan pemeliharaan selama setahun penuh bagi rekanan yang mengerjakan proyek perbaikan tersebut. Sehingga jika suatu ketika rusak, menjadi tanggungan rekanan. ‘’Selebihnya, upaya pengamanan sebenarnya sudah dilakukan. Seperti pemasangan lampu penanda di tiap ujung median,’’ ungkapnya. (naz/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button