Ponorogo

Belasan Tiang Instalasi Listrik Rusak, PLN Merugi Puluhan Juta

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa pekan terakhir mengakibatkan sejumlah tiang instalasi listrik milik PLN rusak. Pun, perusahaan setrum itu harus menanggung kerugian hingga puluhan juta rupiah. ‘’Kalau dirupiahkan sekitar Rp 90 juta,’’ kata Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Ponorogo Redi Zusanto Jumat (13/12).

Di Ponorogo ada ratusan tiang penyangga kabel instalasi listrik yang tersebar di berbagai titik. Namun, sejak cuaca tak bersahabat awal bulan ini, sedikitnya 18 tiang listrik milik PLN rusak akibat puting beliung, tertimpa pohon, hingga diterjang material longsoran. Per tiang kerugiannya ditaksir Rp 5 juta.

Redi menyebut, belasan tiang listrik yang rusak itu tersebar di Siman, Balong, Bungkal, hingga Nawangan, Pacitan. Sementara, perbaikannya hanya membutuhkan waktu tiga jam. ‘’Tapi, kalau kondisi seperti sekarang ini tidak mungkin teman-teman dipaksa full memperbaiki semua titik kerusakan,’’ ujarnya.

Sejatinya, PLN sudah menambah petugas baru yang khusus memantau perkembangan jaringan di seluruh kabupaten.  Mereka juga bekerja piket menormalisasi jaringan yang rusak sehingga jika terjadi kerusakan bisa segera tertangani.

PLN juga berkoordinasi intens dengan dinas lingkungan hidup (DLH) dan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat seputar kondisi tersebut. ‘’Kami minta bantuan dinas terkait untuk sama-sama saling mengamankan. Sebelum musim penghujan, kami dan dinas-dinas juga sudah melakukan penebangan pohon yang dirasa mengganggu jaringan, di sejumlah lokasi,’’ tutur Redi. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button