AdvertorialNgawi

Belajar dari Pandemi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Wabah Covid-19 bisa menjadi pembelajaran tepat dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020. Termasuk dalam usaha mencegah penyebaran virus tersebut. ‘’Adanya wabah Covid-19 jangan sampai melemahkan kita, tetapi harus dijadikan semangat untuk belajar hal baru,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Ngawi Muhamad Taufiq Agus Susanto Minggu (3/5).

Menurutnya, ada sejumlah hal yang bisa dijadikan pelajaran bagi peserta didik, guru, serta orang tua murid dari pandemi ini. Seperti diberlakukannya pembelajaran online menjadi sebuah tuntutan bagi guru untuk memahami dan menguasai teknologi. ‘’Guru juga memiliki banyak waktu luang untuk memperdalam kompetensinya seiring ditiadakannya beberapa kegiatan di sekolah,’’ ujar Taufiq.

Sementara bagi orang tua murid, mereka bisa merasakan beban menjadi seorang tenaga pendidik. ‘’Siswa juga tidak perlu keluar rumah, sehingga tidak berisiko terpapar virus Covid-19,’’ tuturnya.

Taufiq menambahkan, pandemi ini sekaligus mengajarkan kepada semua pentingnya belajar selain di sekolah. Yang mana media pembelajarannya bisa beragam. Baik lewat tayangan televisi, media dalam jaringan (daring), maupun aplikasi belajar lainnya. ‘’Semua orang bisa menjadi guru, dan rumah menjadi tempat belajar,’’ sebutnya.

Di Ngawi, kata dia, kegiatan belajar di rumah telah berjalan efektif. Karena prosesnya dilakukan dengan komunikasi daring antara siswa dengan guru. ‘’Jadi tetap efektif, dalam artian pembelajaran tetap jalan. Dan yang lebih penting, anak-anak tetap belajar di rumah saja,’’ katanya. (tif/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close