AdvertorialMadiun

Begini Konsep Penataan Sumber Umis Kota Madiun, Ada Replika Menara Eiffel dan Patung Merlion

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Konsep penataan kawasan Sumber Umis dipaparkan langsung oleh Wali Kota Madiun Maidi, Rabu (11/3). Dia mengatakan, kawasan itu bakal menjadi taman wisata dunia tematik. Misalnya dengan menghadirkan replika beberapa ikon negara. Salah satunya ikon Kota Paris, Prancis berupa menara Eiffel.

Selain itu ada replika patung Merlion seperti di Singapura, jam Big Ben seperti di Inggris, kincir angin seperti di Belanda, serta Kakbah di Makkah, Arab Saudi. Sebagai pelengkap, bakal ditambah wisata air river tubing dan sentra UMKM. ‘’Kalau dibuat konsep begini bisa mendapatkan beberapa manfaat. Mendatangkan wisatawan dan memperbaiki keadaan ekonomi di masyarakat Kota Madiun,’’ katanya.

Maidi menambahkan, penataan kawasan Sumber Umis tersebut telah dimulai dengan pembersihan saluran air. Setelah itu, dilanjutkan penataan bibir saluran dengan menggunakan alat berat.

Dia mengaku telah mempersiapkan konsep kawasan Sumber Umis itu secara matang. Artinya penataan tersebut murni idenya. Karena itu, dalam perjalanannya nanti progres penataan Sumber Umis bakal dipantau secara berkala. ‘’Saya harap dalam dua tahun selesai,’’ ujarnya.

Lebih lanjut, Maidi mengungkapkan kalau penataan kawasan Sumber Umis tersebut terpisah dengan rencana merevitalisasi saluran air di sepanjang Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Kalimantan. Yang mana di atas saluran tersebut bakal dipasang box culvert untuk kemudian dibangun Pasar Lorong Seni.

Kendati paket pekerjaannya berbeda, tetapi revitalisasi saluran air di Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Kalimantan itu terintegrasi dengan kawasan Sumber Umis yang pembangunannya sudah dikaji. ‘’Jika tidak terintegrasi, justru nanti kurang bagus,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Maidi juga mengapresiasi langkah Nahroni, 62, warga Jalan Kalimantan yang sadar diri membongkar bangunan tempat usahanya. Sebagai gantinya, pemkot memberikan jatah slot bagi Nahroni lokasi berjualan ketika pembangunan Pasar Lorong Seni rampung. ‘’Saya terima kasih sekali kepada Pak Nahroni. Bahkan, saya dibuat terenyuh ketika dia berkata ingin membongkar sendiri bangunannya,’’ terang Mantan Sekda Kota Madiun tersebut.

Menurut Maidi, tentu sikap Nahroni itu patut dicontoh warga lain. Apalagi, rencana revitalisasi saluran air Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Kalimantan tersebut bermanfaat bagi masyarakat banyak. ‘’Makanya dengan sikap seperti itu saya salut sekali,’’ tuturnya. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button