Madiun

Bebaskan Pahlawan Street Center dari Kabel Semrawut

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Ibarat gadis cantik tapi berjerawat. Begitulah wajah Kota Madiun. Puluhan miliar anggaran digelontorkan untuk faceoff agar paras si gadis makin elok. Nyatanya, ”jerawat” berupa kabel semrawut di kawasan metropolis sepanjang Jalan Pahlawan masih mengganggu estetika. Setidaknya harus menunggu dua tahun lagi untuk benar-benar bersih.

Padahal, trotoar berlantai granit untuk menata jalur pedestrian di sepanjang jalan itu berhasil menyedot pengunjung. Wali Kota Madiun Maidi menarget penataan kabel tuntas 2023 mendatang. Maidi ingin semua kabel semrawut itu tertata rapi. Alternatifnya menggunakan sistem ducting atau ditanam memanfaatkan box culvert. ‘’Kabel ditata, saya kasih waktu dua tahun,’’ kata Maidi, Senin (31/5).

Menurut Maidi, box culvert di bawah trotoar multifungsi. Selain untuk saluran dan pengontrol air, juga dapat dimanfaatkan untuk jaringan kabel. Sehingga, jalur pedestrian yang sudah dibangun lebih rapi tanpa kabel yang bergantungan. ‘’Kalau digali sendiri rusak semua nanti, kita tata pelan-pelan,’’ ujarnya.

Untuk tahap awal, Maidi minta kawasan Pahlawan Street Center (PSC) terbebas dari kabel semrawut. Saat ini prosesnya tengah berjalan. Penataan diharapkan juga dilakukan di jalur pedestrian lain yang dalam waktu dekat dibangun di beberapa ruas jalan lainnya. Seperti Jalan Jawa dan Panglima Sudirman. ‘’Bertahap pedestrian diteruskan ke Jalan Cokroaminoto dan alun-alun,’’ ungkapnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button