Madiun

Bayi yang Ditemukan di Musala Kini Punya Orang Tua Asuh

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Masih ingat penemuan ”bayi musala” di Desa Tiron, Madiun, awal Desember tahun lalu? Selasa (15/6) bayi tersebut resmi mendapat orang tua asuh. Setelah sekitar setengah tahun bayi itu dirawat di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Anak Balita (PPSAB) Sidoarjo, kini sudah diadopsi. ‘’Orang tua asuhnya orang yang pertama menemukan bayi tersebut di musala waktu itu,’’ kata Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Madiun Agung Budiarto Selasa (15/6).

Bayi perempuan itu ditemukan Muhammad Thoha di Musala Al Falah desa setempat. Seiring berjalannya waktu, aparat kepolisian belum dapat menemukan pelaku penelantaran bayi tersebut. ‘’Sebelumnya kami menerima surat pemberitahuan dari polsek setempat mengenai kasus itu. Intinya pelaku belum ditemukan untuk keperluan administrasi penyerahan bayi,’’ jelas Agung.

Penyerahan bayi kepada orang tua asuh tidak serta-merta kasus selesai. Agung menyampaikan, akan ada pantauan dan evaluasi dari UPT PPSAB terkait perawatan bayi. Jangka waktunya maksimal enam bulan sejak hari penyerahan atau kemarin. ‘’Jika lolos pemantauan dan evaluasi, dilanjutkan sidang di pengadilan agar proses adopsi berkekuatan hukum,’’ paparnya.

Selain ”bayi musala”, akhir November tahun lalu juga ada penemuan ”bayi poskamling” laki-laki. Tepatnya di Desa Tapelan, Balerejo. Hanya sepekan sebelum penemuan ”bayi musala”. ‘’Untuk bayi yang ditemukan di Desa Tapelan itu belum ada yang mengadopsi. Masih di PPSAB Sidoarjo, kondisinya sehat,’’ jelasnya. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button