AdvertorialMadiun

Bayar PBB Lebih Awal Dapat Reward, Pelunasan Diperpanjang Sampai 31 Desember

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Madiun menggelar pekan panutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perkotaan, Selasa (28/4) lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan agar masyarakat tidak telat membayar PBB sebelum jatuh tempo.

Wali Kota Madiun Maidi memberi contoh dengan menjadi orang pertama yang membayar PBB sejak Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) diterbitkan. Dia berharap masyarakat turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah dengan membayar PBB sesuai aturan. ‘’Pembayaran PBB sudah dimulai. Tetapi karena ini masih korona, masa pembayarannya diperpanjang sampai 31 Desember mendatang,’’ katanya.

Dengan demikian, masyarakat mempunyai waktu tiga bulan lebih lama dari biasanya untuk melunasi PBB. Kebijakan itu ditempuh sebagai bentuk keringanan bagi masyarakat pemilik objek pajak. ‘’Pajak ini hukumnya wajib, biarpun ekonomi tengah tidak stabil, kewajiban pajak harus tetap dilaksanakan. Karena waktunya diperpanjang, bisa mulai menabung dari sekarang,’’ ujarnya.

Menurutnya, PBB dapat menopang keberlangsungan pembangunan daerah. Karena itu hasil pendapatan dari pembayaran PBB tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung. ‘’Kemanfaatan pajak ini bisa dirasakan langsung, apabila ada keluhan dari masyarakat bisa segera ditangani dengan menggunakan hasil pajak tadi,’’ terang Maidi.

Pada tahun ini bapenda menargetkan penerimaan PBB perkotaan sebesar Rp 20,5 miliar. Pemerintah Daerah akan memberikan reward bagi wajib pajak dengan SPPT di atas Rp 200 ribu dan yang paling cepat membayar PBB.

Kepala Bapenda Kota Madiun Sudandi menyebutkan sebanyak 56.723 SPPT PBB telah diterbitkan pada tahun ini. Sedangkan, realisasi PBB sampai dengan 30 April lalu mencapai Rp 2,47 miliar. Hasil tersebut masih dibawah capaian tahun lalu karena terdampak Covid-19.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya bakal intensif melakukan pengecekan di lapangan dan penyesuaian baru terhadap objek pajak. ‘’Yang jelas optimalisasi akan terus kami lakukan,’’ katanya. (fit/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close