Ponorogo

Bawaslu Ponorogo Rekomendasikan Hasil Kajian ke KASN

Pelanggaran Netralitas ASN Penuhi Syarat Formil Materiil

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ponorogo merampungkan kajian dugaan pelanggaran netralitas dua aparatur sipil negara (ASN) aktif. Hasilnya telah diserahkan ke Komisi ASN (KASN). ‘’Sudah kami kirimkan tertanggal 6 Agustus,’’ kata Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Ponorogo Marji Nurcahyono Rabu (12/8).

Kedua ASN tersebut adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo Jamus Kunto dan Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Ponorogo Bambang Tri Wahono. Jamus mendaftar bakal calon wakil bupati (balon wabup) di penjaringan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan Bambang mendaftar balon wabup di PKB dan Partai Demokrat.

Sebelumnya bawaslu telah menelusuri dan memanggil sejumlah saksi. Pun telah menggelar rapat guna mengkaji berbagai keterangan tersebut. ‘’Hasil kajian kami, memenuhi syarat formil materiil sebagai sebuah temuan dugaan pelanggaran netralitas,’’ bebernya.

Marji menyebut, pihaknya sudah menyampaikan rekomendasi dugaan pelanggaran netralitas itu ke KASN. Nantinya, KASN yang berwenang memutuskan sanksi yang layak dijatuhkan kepada kedua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) itu. ‘’Bawaslu hanya mengkaji temuan dugaan pelanggaran netralitas ini, kemudian menyampaikan hasilnya ke KASN,’’ jelasnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close