Pacitan

Bawaslu Awasi Kampanye Terselubung Paslon

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Berbagai modus dilancarkan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati demi meraih dukungan suara. Termasuk mendatangi kegiatan warga yang digelar mandiri. ‘’Kami antisipasi modus semacam itu. Jangan sampai ada kegiatan warga yang bukan kampanye tapi justru ditunggangi kepentingan politik,’’ kata Komisioner Bawaslu Pacitan Syamsul Arifin Kamis (8/10).

Pihaknya sudah menginstruksikan petugas pengawas lapangan (PPL) untuk memantau pergerakan paslon maupun tim pemenangannya di wilayah kerja mereka. Dengan harapan, tidak ada kampanye terselubung dalam kegiatan sosial masyarakat. ‘’Otomatis kami cegah. Jangan sampai hal tersebut terjadi. Karena bukan termasuk giat kampanye,’’ terangnya.

Syamsul menyampaikan, paslon tidak dilarang menghadiri kegiatan masyarakat di luar jadwal kampanye. Namun, mereka dilarang menyampaikan visi-misi. ‘’Sejak ditetapkan sebagai paslon, mereka sudah menjadi objek pengawasan kami,’’ ujarnya.

Sebaliknya, dia berharap paslon berkampanye secara fair. Dengan tidak melakukan kecurangan dan kucing-kucingan. Seperti menyertakan surat tanda terima pemberitahuan (STTP) dalam setiap kegiatan kampanye. ‘’Selama ini sudah ada beberapa yang melaporkan kampanye mereka kepada kami. Tapi, untuk pelanggaran kampanye belum ditemukan,’’ kata Syamsul. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close