AdvertorialNgawi

Bawaslu Ajak Penyandang Disabilitas Awasi Pilkada

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Para penyandang disabilitas memiliki peran yang sama penting dalam membantu menyukseskan Pilkada Ngawi 2020. Terutama mengawasi jalannya proses pesta demokrasi supaya lancar, jujur, dan adil.

‘’Kami sengaja mengajak mereka ikut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pilkada tahun ini,’’ kata Ketua Bawaslu Ngawi Abjudin Widyas Nursanto usai kegiatan sosialisasi partisipatif di Kurnia Hall and Convention yang diikuti sejumlah penyandang disabilitas, Sabtu lalu (24/10).

Abjudin mengungkapkan, selama ini peran warga penyandang disabilitas kurang terlihat dalam berbagai kegiatan. Termasuk pada penyelenggaraan hajatan politik. ‘’Kami yakin sebenarnya mereka memiliki kapasitas, terutama dalam membantu mengawasi jalannya pilkada,’’ tuturnya.

Dalam kegiatan itu, para penyandang disabilitas diberi penjelasan mengenai peran dan tugas Bawaslu dalam pilkada. Selain itu, tentang tahapan pilkada berikut potensi kerawanannya. ‘’Misalnya saat tahap pendataan pemilih menemukan keluarga atau lainnya yang belum masuk DPT (daftar pemilih tetap, Red), mereka kami minta melapor,’’ paparnya.

Ketua Persatuan Disabilitas Indonesia Cabang Ngawi Ngadiono mengapresiasi langkah Bawaslu melibatkan penyandang disabilitas dalam pengawasan jalannya pilkada. ‘’Kami berjanji akan ikut mengawasi dan menyukseskan pilkada tahun ini,’’ ujarnya.

Berdasarkan sensus kependudukan BPS Jatim, jumlah warga penyandang disabilitas di Ngawi saat ini sekitar 3 ribu jiwa. Namun, Ngadiono menyebut yang tercatat di organisasinya hanya sepertiga. ‘’Dalam data kami hanya sekitar 1.050 jiwa,’’ katanya. (ti9/tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button