News

Batas Negara Indonesia Bagian Utara Selatan Barat Timur

×

Batas Negara Indonesia Bagian Utara Selatan Barat Timur

Share this article

Batas Negara Indonesia Bagian Utara Selatan Barat Timur – Indonesia merupakan salah satu negara terbesar ketujuh di dunia. Apa saja perbatasan Indonesia bagian utara, selatan, barat, dan timur?

Wilayah Indonesia pertama kali diakui pada tahun 1949 setelah Konferensi Meja Bundar Belanda (KMB) di Den Haag.

Batas Negara Indonesia Bagian Utara Selatan Barat Timur

KMB saat itu menetapkan wilayah Indonesia adalah seluruh bekas jajahan Belanda, terbentang dari barat ke timur sepanjang 5.110 km dan terbentang dari utara ke selatan sepanjang 1.888 km.

Letak, Luas Dan Batas Wilayah Indonesia

Luas wilayah Indonesia mencapai 5.193.252 km2, terdiri dari daratan 1.890.754 km2 dan lautan 3.302.498 km2. Dengan demikian, luas daratan Indonesia hanya 1/3 dari luas wilayah Indonesia, dan 2/3nya berupa lautan.

Di luar batas negara tersebut di atas, pemerintah Indonesia juga menerapkan konsep perairan teritorial maritim yang dikenal dengan Deklarasi Juanda pada 13 Desember 1957.

Inti dari deklarasi tersebut adalah laut dan perairan antar pulau merupakan kesatuan dan penghubung pulau-pulau, dan batas laut diukur 12 mil dari pantai pulau terluar.

Deklarasi Juanda akhirnya mendapat pengakuan dunia pada tahun 1982 ketika Konvensi Internasional Hukum Laut diselenggarakan di Jamaika.

Daftar Wilayah Indonesia Timur Lengkap

Perairan kepulauan merupakan wilayah perairan yang terletak di daratan pada dasar laut, teluk, dan selat yang menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya di Indonesia. Ini termasuk danau, sungai, dan lahan basah di darat.

Batas wilayah adalah batas laut yang ditarik dari garis pangkal ke laut pada jarak 12 mil. Garis pangkal merupakan garis khayal yang menghubungkan titik-titik dari ujung terluar kepulauan Indonesia. Laut yang berada di garis pangkal adalah laut pedalaman. dalam batas-batas laut teritorial ini. Indonesia mempunyai hak berdaulat penuh. Kapal asing yang berlayar di laut teritorial ini harus meminta izin kepada Indonesia. Namun demi perdamaian dunia, Indonesia harus menyediakan jalur pelayaran untuk lalu lintas yang damai.

Indonesia meratifikasi UNCLOS 1982 dengan UU No. 17 tanggal 31 Desember 1985. Diratifikasi sebagai hukum positif pada 16 November 1994. Alhasil. Indonesia akan membuka tiga Jalur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang melewati perairan pedalaman negara kepulauan Indonesia, yaitu ALKI-I, ALKI-II, dan ALKI-III. Dalam kondisi normal, ALKI digunakan pada jarak 25 mil dari kanan ke kiri. Sebagai bentuk konkrit ratifikasinya, Indonesia mengeluarkan tiga peraturan negara yaitu PP nomor 36, 37 dan 38 tahun 2003.

Landas kontinen adalah dasar laut yang, dari sudut pandang geologi dan geomorfologi, mewakili suatu benua atau perpanjangan dari suatu benua. Kedalaman landas kontinen tidak melebihi 150 meter. Batas landas kontinen diukur keluar dari pantai, jarak terjauhnya adalah 200 mil. Apabila terdapat dua negara yang bersebelahan dan menguasai lautan dalam satu landas kontinen yang sama dan jaraknya kurang dari 400 mil, maka landas kontinen masing-masing negara ditarik jarak yang sama dari garis pangkal masing-masing. Negara ini mempunyai kewajiban untuk tidak mengganggu pelayaran damai di dalam batas landas kontinen.

Baca Juga  Kursi Yang Panjang Tts

Batas Negara Asean

Di dalam garis landas kontinen, Indonesia mempunyai hak untuk mengeksploitasi sumber daya alam yang ada di dalamnya, dengan tetap berkewajiban menjamin alur pelayaran yang damai. Deklarasi Batas Landas Kontinen yang dikeluarkan pemerintah Indonesia pada tanggal 17 Februari 1969 menyatakan bahwa kekayaan alam landas kontinen adalah milik negara Indonesia.

Pada tanggal 13 Desember 1957, pemerintah Indonesia mengeluarkan deklarasi yang dikenal dengan Deklarasi Juanda. Deklarasi ini melahirkan Wawasan Nusantara. Deklarasi tersebut menyebutkan bahwa wilayah perairan Indonesia adalah 12 mil dari garis pangkal pantai masing-masing pulau hingga titik terjauh. Sedangkan pada tanggal 21 Maret 1980, pemerintah Indonesia mengeluarkan batas zona ekonomi eksklusif (ZEE) sepanjang 200 mil yang diukur dari garis pangkal wilayah laut Indonesia.

Zona Ekonomi Eksklusif merupakan suatu jalur laut selebar 200 mil ke arah laut lepas, diukur dari garis pangkal sampai laut lepas. Di zona ekonomi eksklusif, Indonesia mempunyai peluang untuk mengeksploitasi sumber daya kelautan. Di zona ekonomi eksklusif ini kebebasan navigasi dan pemasangan kabel dan pipa di permukaan laut tetap diakui sesuai dengan prinsip hukum maritim internasional. Apabila batas wilayah, batas landas kontinen, dan batas zona ekonomi eksklusif antara dua negara bertetangga bertumpang tindih, maka batas yang dimaksud adalah garis yang menghubungkan titik-titik yang berjarak sama dari garis pangkal kedua negara.

Link Pengumuman Hasil SKD CPNS Jaksa Agung 2023 beserta arti kode PL, P, TL, TH dan TMS lengkap

Negara Paling Barat Di Dunia Beserta Profilnya!

Data Anda akan digunakan untuk memverifikasi akun Anda ketika Anda memerlukan bantuan atau ketika aktivitas yang tidak biasa terdeteksi di akun Anda. Tahukah Anda seberapa besar Indonesia? Simak pengertian beserta batas wilayah Indonesia baik darat, laut, dan udara pada artikel geografi kelas 11 berikut ini.

Bagaimana jika mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia Susi Pujiastuti suka menenggelamkan kapal pencuri ikan dari negara lain yang melintasi perbatasan kita? Selain itu, mencuri ikan adalah suatu tindakan

Yang dilarang undang-undang, secara regional juga tidak dilarang mengambil ikan dan masuk ke dalam kedaulatan negara kita tanpa izin.

Yuk kenali batas negara kita agar bisa mencintai dan mengenal negara Indonesia tercinta ini.

Baca Juga  Hubungan Indonesia Dan Asean Bersifat Saling

Apa Saja Karakteristik Wilayah Indonesia: Lautan, Perairan, Daratan

Tahukah Anda kalau Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia? Menurut Badan Informasi Geospasial, Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 5.180.053 km2 dan memiliki 17.499 pulau. Dari total luas wilayah tersebut, wilayah perairan Indonesia mencapai 3.157.483 km2, dan luas daratan sekitar 1.922.570 km2. Secara geografis, Indonesia juga berbatasan dengan beberapa negara, baik di darat maupun di laut.

Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 ditegaskan bahwa wilayah negara Indonesia meliputi daratan, perairan, dasar laut dan daratan di bawahnya, serta ruang udara di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya. Pembagian batas hukum tersebut jelas akan mengurangi berbagai bentuk pelanggaran yang mungkin terjadi, seperti masuknya warga negara asing ke wilayah Indonesia tanpa izin.

Dalam menentukan batas maritim Indonesia, biasanya kita menggunakan metode penarikan garis dari pantai terendah saat air surut beberapa mil ke belakang. Terdapat beberapa pembagian dalam batas maritim ini, antara lain sebagai berikut.

Laut teritorial merupakan batas maritim yang terbentang sepanjang 19,3 km dari garis pangkal sampai ke laut lepas. Garis pangkal yang bersangkutan adalah garis yang ditarik di pantai pada saat air pasang. Batasan wilayah menjadikan wilayah maritim Indonesia menjadi satu kesatuan seperti saat ini. Laut antar pulau bukan lagi laut terbuka sehingga kapal asing tidak bisa leluasa keluar masuk wilayah Indonesia.

Kementerian Komunikasi Dan Informatika

Jika dua negara menguasai lautan yang lebarnya kurang dari 24 mil, maka cara menentukan wilayah teritorial kedua negara adalah dengan menarik garis yang berjarak sama dari pantai luar.

Dalam batas laut teritorial ini, Indonesia mempunyai hak berdaulat penuh. Negara lain boleh berenang di kawasan ini dengan izin dari pemerintah Indonesia.

Landas kontinen merupakan perpanjangan benua yang terendam air laut. Batas landas kontinen diukur pada kedalaman 200 meter di bawah permukaan laut. Namun jika landas kontinen sangat landai, batasnya akan diukur pada jarak 200 mil dari pantai.

Oleh karena itu, wilayah laut dangkal sedalam 200 m di zona laut ini merupakan bagian dari wilayah negara. Batas landas kontinen diukur keluar dari pantai, jarak terjauhnya adalah 200 mil.

Kesepakatan Patok Batas Wilayah Indonesia Malaysia Dari Masa Penjajahan Hingga Kemerdekaan

Negara ini dapat memanfaatkan sumber daya alam yang ada di landas kontinen negaranya. Pemerintah berhak dan berwenang memanfaatkannya, seperti ikan atau mineral, dengan menghormati dan tidak melanggar jalur pelayaran internasional.

Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE adalah wilayah maritim sepanjang 200 mil yang diukur dari garis pangkal sampai pantai pulau terluar menuju laut lepas. Apabila ZEE suatu negara tumpang tindih dengan ZEE negara lain, hal tersebut dapat ditentukan melalui perundingan kedua negara dan dibagi rata.

Baca Juga  Istilah Narcotics Memiliki Arti

Di ZEE, masing-masing negara mempunyai hak untuk melakukan eksplorasi, eksploitasi, dan pengembangan seluruh sumber daya alam yang ada di dalamnya, baik sumber daya hayati maupun non hayati yang ada di permukaan, di dalam, dan di dasar laut untuk kesejahteraan bangsa. Sedangkan negara lain mempunyai kebebasan navigasi dan pemasangan kabel atau pipa bawah laut.

Mengenai kegiatan Indonesia di ZEE diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1983 Pasal 5 tentang ZEE. Di ZEE, Indonesia mempunyai hak untuk:

Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta, Keadaan Alamnya

Perbatasan darat adalah batas negara yang terletak di darat dan berbatasan langsung dengan wilayah lain. Perbatasan tersebut dapat berupa ciri-ciri geografis seperti hutan, pegunungan dan wilayah daratan lainnya, baik yang tidak dapat diakses maupun tidak berdasarkan perjanjian dengan negara yang berbatasan dengannya.

Indonesia sendiri mempunyai perbatasan darat langsung dengan 3 negara yaitu Papua Nugini (berbatasan dengan Provinsi Papua), Timor Timur (berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur) dan Malaysia (berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Timur).

Perbatasan udara suatu negara terbagi menjadi 2, yaitu perbatasan horizontal dan vertikal. Batasan ini ditentukan oleh persyaratan masing-masing negara dan lebih mudah untuk dilanggar karena sulit untuk dipelihara dan mahal untuk dipelihara. Penentuan batasannya juga dipengaruhi oleh potensi penerapannya, seperti penerbangan, komunikasi, dan satelit cuaca.

Menurut Konferensi Chicago (1944) tentang Penerbangan Sipil dan Perjanjian Luar Angkasa (1967) tentang Pengelolaan Luar Angkasa, batas udara vertikal suatu negara belum dapat ditentukan, tetapi berada pada kisaran ketinggian 110-130 km.

Peta Lampung Lengkap Beserta Daftar Kabupaten Dan Kotanya

Batas udara horizontal Indonesia mempunyai luas yang sama dengan wilayah negara Indonesia, baik wilayah darat maupun laut Indonesia.

Bagaimana, mungkin Anda sudah memahami penjelasan di atas mengenai sebaran dan pembagian batas wilayah di Indonesia bukan? Mengapa Anda perlu mengetahui topik ini? sebagai warga negara di negara ini

Batas wilayah indonesia bagian utara, batas negara indonesia bagian utara, kompas utara selatan barat timur, batas wilayah bagian timur negara indonesia adalah, cara melihat utara selatan barat timur, penunjuk arah timur barat selatan utara, cara menentukan arah timur barat utara dan selatan, menentukan barat timur utara selatan, batas utara negara malaysia, batas utara negara vietnam, batas wilayah indonesia barat timur utara selatan, batas indonesia bagian timur