Madiun

Baru Dioperasikan, EMT Isolasi 10 Pasien Terkonfirmasi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Sepuluh warga terkonfirmasi positif korona mulai menempati emergency medical train (EMT) di PT Inka Kota Madiun. Sejak kereta darurat kesehatan itu dioperasikan Jumat (5/2), baru satu trainset yang dioperasikan. Dua bekas kereta rel listrik (KRL) commuterline Jabodetabek lainnya masih proses sterilisasi.

Wali Kota Madiun Maidi memastikan sepuluh warganya yang menghuni EMT itu merupakan pasien bergejala ringan atau tanpa gejala (asimtomatik). Dari 12 tenaga kesehatan yang disiapkan, saat ini lima telah disiagakan melakukan perawatan. ‘’Kalau ada yang terkonfirmasi, kita isolasi di sini. Secara medis, protap dan pola EMT sudah disiapkan dan memadai,’’ katanya.

Satu trainset yang beroperasi berkapasitas 48 pasien. Saat ini masih ada 38 tempat tidur yang tersedia. Kapasitas itu lebih dari cukup mengingat kapasitas isolasi yang disiapkan di Asrama Haji berisi 149 tempat tidur sekarang tinggal terisi 20 pasien. ‘’Untuk jaga-jaga karena tidak dapat mencari tempat mendadak, dua EMT sedang disterilkan dan siap dibuka sewaktu-waktu,’’ ujar Maidi. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button