AdvertorialNgawi

Bappelitbang Bulatkan Tekad Buat Ngawi Berkembang

Fokus Empat Garapan Serius

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Di tengah pandemi Covid-19 ini, Hari Jadi Ngawi ke-662 diperingati secara sederhana. Meski begitu, tidak mengurangi khidmat maupun makna penyelenggaraannya. ‘’Semoga peringatan hari jadi ini menjadi momentum terwujudnya Ngawi yang ramah, produktif dan aman dari Covid-19 serta sebagai barometer tatanan kehidupan normal baru di Jatim,’’ kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Ngawi Indah Kusumawardhani.

Danik –sapaan akrab Indah Kusumawardhani- mengungkapkan tahun ini ada empat hal penting yang menjadi fokus Bappelitbang Ngawi. Pertama mengenai tindaklanjut perubahan nama Stasiun Ngawi. Selain berupaya menggeliatkan transportasi lokal, ke depan pemkab juga memiliki keinginan agar PT KAI menyediakan kereta khusus pengangkut barang. ‘’Harapannya dapat mengangkut komoditas dari Ngawi, mengingat potensi kawasan industri dan exit tol di Widodaren lokasinya sangat dekat dengan Stasiun Walikukun,’’ ungkapnya.

Selain soal stasiun, kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) juga menjadi fokus Bappelitbang. Tahun 2020 ini, sudah dilakukan konsultasi publik terkait hal itu dengan menghadirkan seluruh pemangku kepentingan. Tim teknis KPBU sesuai tema yakni pengembangan agro wisata juga dibentuk. Fasilitasi kajian awal dan akhir tahap pra-studi kelayakan oleh Bappenas juga jadi agenda tahun ini. ‘’Harapannya (tahun ini) sudah masuk tahap pra kualifikasi untuk KPBU,’’ harapnya.

 Untuk program Simpul Jaringan yang bekerjasama dengan badan informasi geospasial (BIG) diharapkan tahun ini juga sudah mulai entry data spasial per semester meliputi pertanian, perijinan, permukiman, pariwisata, rawan bencana dan potensi industri maupun usaha kecil menengah (UKM). Bappelitbang juga terus melakukan percepatan Perpres 80/2019 yang diantaranya pembangunan dan revitalisasi kawasan tradisional eks kepatihan, revitalisasi pasar besar, revitalisasi pasar beran, pembangunan taman teknologi pertanian, pengembangan agropolitan, pembangunan exit tol walikukun dan pembangunan kawasan industri ngawi. (tif/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close