Madiun

Banyak Truk Tronton Abaikan Papan Larangan Melintas

Portal Jalan Raya Munggut

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Papan larangan kendaraan bertonase lebih dari 20 ton melintasi Jalan Raya Munggut seolah hanya pajangan. Masih banyak truk tronton yang melewati ruas Kelurahan Munggut, Wungu, Kabupaten Madiun, itu hingga membuat kondisi jembatan setempat kian mengkhawatirkan.

Pemkab yang hilang kesabaran Selasa (14/4) mengambil langkah tegas dengan memasang portal di sana. Media itu untuk menghalangi kendaraan berat melintasi jalan kelas III tersebut. ‘’Keretakan semakin lebar karena masih banyak kendaraan melebihi batas maksimal tonase melintas,’’ kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Madiun Anang Tri Cahyono.

Penghalang model buka-tutup menyerupai gawang sepak bola itu diletakkan sekitar 75 meter utara jembatan. Batas ketinggian alat itu sekitar tiga meter. ‘’Kami mengamankan jalan dan jembatan dengan pemasangan portal. Kendaraan ringan dan sedang masih bisa lewat,’’ paparnya.

Anang menyebut, masih banyak sopir truk tronton yang nekat menggelindingkan kendaraannya di Jalan Raya Munggut. Fakta tersebut diketahui dari pengamatan petugas di lokasi. Intensitas kendaraan besar yang melintas meningkat saat malam. ‘’Titik pemasangan portal sudah melalui kajian. Jika ada kendaraan besar yang telanjur masuk akan diarahkan untuk manuver (putar balik, Red),’’ terangnya.

Diketahui, Jalan Raya Munggut dijadikan pengalihan arus lalu lintas kendaraan dari ruas jalan nasional di Kota Madiun. Pemkab mempersilakan dengan dua pengecualian. Selain membatasi tonase kendaraan, juga hanya memperbolehkan kendaraan dari arah utara atau Surabaya yang bisa melintas. ‘’Kami juga telah berkoordinasi dengan Pemkot Madiun mengenai pemasangan portal ini,’’ ungkap Anang. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close