Pacitan

Banyak Pendidik Belum Vaksin, PTM Juli Terancam Gagal

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) Pacitan terancam gagal. Pasalnya, dari 13.052 guru dan tenaga pendidik baru 93 persennya yang telah divaksin. Sisanya memilih tak hadiri undangan imunisasi antikorona.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan Hendra Purwaka masih menerka-nerka sebab tak hadirnya sisa guru dan tenaga pendidik tersebut. Dia belum mendapat laporan pastinya. ‘’Kita belum tahu yang tidak hadir ini kenapa. Entah belum paham, menolak, atau karena alasan lain,’’ ujarnya, Kamis (10/6).

Selain absen, sebagian guru didapati petugas vaksinasi mengidap beberapa penyakit komorbid. Sehingga tak lolos skrining kesehatan. Dinkes tetap berharap progres vaksinasi berjalan sesuai rencana. Petugas medis telah disiagakan untuk mengejar kesiapan pembelajaran tatap muka (PTM) bulan depan. ‘’Datang saja, jangan karena punya riwayat sakit lalu merasa tidak bisa divaksin sehingga memutuskan tidak datang,’’ tuturnya.

Jika sisa persentase ini tak bisa dikejar, dinkes menyerahkan pembinaannya ke instansi masing-masing. Hendra menyarankan ada teguran hingga larangan mengajar bila memang guru belum mendapat suntikan vaksin. Mumpung masih ada waktu tersisa, pendekatan persuasif perlu dilakukan. ‘’Termasuk yang penyintas kami harapkan datang juga. Nanti kami berikan surat keterangan,’’ ucapnya. (gen/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button