Madiun

Banyak Peminat, Armada ASG Terbatas

Rencana Tambah Tiga Bus dan 10 MPU Tahun Depan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Jumlah siswa yang berminat menggunakan angkutan sekolah gratis (ASG) terus bertambah. Sayangnya, armada milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun terbatas. Hanya 23 unit yang beroperasi. Meliputi tiga unit bus dan 20 unit mobil penumpang umum (MPU).

Akibatnya, operasionalnya belum menjangkau seluruh sekolah di Kota Madiun. Karena itu, pemkot berencana menambah tiga armada bus baru tahun depan. Anggaran Rp 2,1 miliar dialokasikan untuk menambah moda transportasi masal tersebut. ‘’Kami berharap dengan penambahan bus tahun depan para orang tua tidak perlu waswas ketika anaknya sekolah,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi.

Selain untuk mengangkut siswa, armada bus tersebut bisa dioperasikan untuk kegiatan lain. Pada Sabtu dan Minggu bisa difungsikan sebagai bus wisata. ‘’Untuk meramaikan tempat-tempat wisata di Kota Madiun,’’ ujarnya.

Terkait permintaan jam operasional ASG sampai pukul 17.00–18.00, Maidi masih mempertimbangkannya. Permintaan warga tersebut akan diinventarisasi. Sebab, beberapa sekolah ada yang melaksanakan kegiatan TPA hingga sore hari. ‘’Mungkin bukan jamnya yang diperpanjang. Tapi, rute sekolah yang perlu diakomodasi. Karena saat ini hanya menjangkau sekolah tertentu,’’ terang Maidi.

Kepala Dishub Kota Madiun Ansar Rosidi menambahkan, dengan rencana penambahan armada bus tahun depan, pihaknya bisa mewujudkan tujuan menyosialisasikan program lebih sadar dalam keselamatan dan keamanan serta tertib berlalu lintas kepada pelajar. ‘’Dari armada yang tersedia, baru 320 siswa yang bisa diangkut. Sementara yang mendaftar 752 siswa,’’ sebutnya.

Rencananya, rute operasi armada tambahan baru nanti mencakup beberapa sekolah yang saat ini belum terlayani ASG. Jumlah itu belum termasuk rencana penambahan 10 MPU untuk meng-cover permintaan siswa. ‘’Armada (bus) yang baru nanti kami konsep bukan seperti yang ada sekarang,’’ jelasnya. (her/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button