Ponorogo

Banyak Kelompok Penularan Bermunculan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Ponorogo terus bertambah. Sehari Rabu (30/9) tambah 10 pasien positif baru. Sembilan di antaranya hasil pelacakan kasus sebelumnya. ‘’Saat ini transmisi lokal sudah terjadi. Mari kita menahan diri demi keselamatan semua orang,’’ kata Plt Bupati Ponorogo Soedjarno.

Sembilan pasien kontak erat dengan pasien terkonfirmasi terdahulu menunjukkan transmisi lokal tidak hanya dari satu kelompok penularan. Bahkan, beberapa kasus yang bermunculan membentuk kelompok penularan baru. ‘’Kini sudah terbentuk beberapa klaster keluarga. Ada juga dari kegiatan yang melibatkan orang banyak,’’ bebernya.

Sementara, tambahan pasien sembuh enam orang. Yakni, pasien nomor 267, 361, 331, 338, 363, dan 383. Sehingga, total  pasien sembuh 317 orang. Sementara 13 pasien meninggal dunia. Serta masih ada 98 yang menjalani isolasi. Sedangkan total kasus konfirmasi jadi 428 orang.

Dari 98 pasien isolasi, sekitar 40 pasien isolasi mandiri. Mereka memiliki kasus asimtomatik atau orang tanpa gejala (OTG). Lainnya di rumah sakit dan selter. Soedjarno menegaskan, rumah sakit rujukan difokuskan merawat pasien bergejala dan butuh perawatan ekstra. ‘’Mari peduli dengan turut memantau kedisiplinan masyarakat yang isolasi mandiri, supaya rantai penularan Covid-19 bisa terkendali,’’ ajaknya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close