Ponorogo

Bantuan Pusat Salah Sasaran, Data Tidak Sesuai Usulan Tingkat RT 

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – DPRD Ponorogo mengawasi ketat penyaluran berbagai program bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19. Hasilnya, sejumlah catatan terkait penyaluran bantuan dari pusat, provinsi, daerah, sampai di tingkat desa, terangkum. Salah satu yang jadi sorotan adalah akurasi data dari pemerintah pusat. Dewan menduga, data yang digunakan pusat berbeda dengan usulan tingkat RT. ‘’Ada temuan bantuan tidak tepat sasaran,’’ kata Ketua DPRD Ponorogo Sunarto Kamis (21/5).

Sunarto mengajak masyarakat mendukung pemerintah dalam menyukseskan penyaluran berbagai program bantuan. Caranya, memberi masukan. Di Kecamatan Ponorogo (kota), misalnya. Ada sembilan temuan bantuan salah sasaran. Di wilayah lain, sepasang suami-istri menerima dua bantuan. ‘’Kami sudah konfirmasi, kebanyakan masyarakat yang tidak seharusnya menerima rela mengembalikan dan tahap berikutnya akan distop,’’ ujarnya.

Dari sekian banyak program bantuan, dewan menilai bantuan dari pusat paling minim akurasinya. Bantuan langsung dari Kementerian Sosial yang dicairkan melalui transfer bank BUMN, salah satunya. Padahal, lanjut Sunarto, pendataannya dari tingkat terbawah. Namun, ternyata data yang digunakan pusat beda dengan yang usulan RT. ‘’Kami tidak tahu asal muasal data tersebut. Ini akan menjadi bahan evaluasi untuk penyaluran tahap berikutnya,’’ sebutnya.

Sunarto berharap masyarakat memberi masukan kepada pihak desa atau kelurahan agar kekeliruan data dapat ditindaklanjuti. Hal senada diungkapkan Wakil Ketua DPRD Dwi Agus Prayitno. Menurutnya, pemerintah perlu mendapat dukungan masyarakat agar ke depan bantuan bagi warga terdampak Covid-19 bisa lebih akurat. ‘’Seluruh temuan pada pencairan tahap pertama ini menjadi bahan evaluasi agar pencairan kedua bisa lebih tepat sasaran,’’ tutur Dwi. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close