Madiun

Bantuan Paket Data Hadapi Banyak Kendala

IGI Dukung Pemerintah Ringankan Beban Pendidikan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Seluruh insan pendidikan bakal menerima bantuan paket data untuk melangsungkan pembelajaran dan perkuliahan tatap muka. Bantuan itu bakal diterimakan mulai September hingga Desember.

Bagi siswa disubsidi kuota 35 GB, guru 42 GB, mahasiswa dan dosen masing-masing mendapatkan 50 GB. Untuk merealisasikan itu, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran Rp 9 miliar. ‘’Waktunya terlalu mepet. Tata cara pencairannya dengan memasukkan nomor peserta didik ke dapodik (data pokok pendidikan, Red) juga butuh waktu,’’ kata Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Madiun Bayu Bramasta Giri Minggu (30/8).

Diketahui, Kemendikbud merealisasikan bantuan subsidi paket data itu setelah raker bersama Komisi X DPR RI Kamis lalu (27/8). Hanya terpaut beberapa hari dengan rencana realisasinya yang dimulai besok. Kendala di daerah terletak pada kevalidan nomor peserta didik yang aktif. Seringkali data yang dimiliki oleh sekolah tidak update, karena banyak peserta didik yang berganti-ganti nomor. Sedangkan wacana dan realisasi bantuan kuota terbilang mendadak. ‘’Sekolah pasti kesulitan untuk mendaftarkan nomor ponsel peserta didiknya ke Kemendikbud,’’ terangnya.

Problem lainnya, tidak seluruh peserta didik telah memiliki fasilitas gadget. Itu pula yang menjadi kesenjangan sosial dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Belum lagi peserta didik tinggal di daerah pelosok yang masih minim jaringan. ‘’Masalah itu pasti ada,’’ ungkap Bayu.

Kendati demikian, bantuan paket data dipandang masih relevan untuk memudahkan PJJ di masa pandemi ini.  Keyakinan itu berdasarkan pengalaman saat siswa menerima bantuan paket data dari sekolah menggunakan biaya operasional sekolah (BOS). ‘’Setidaknya bantuan itu meringankan beban peserta didik dan guru,’’ ujarnya.

Bantuan itu pun masih relevan meski kini daerah mulai uji coba pembelajaran tatap muka. Sebab, sekolah pelaksananya masih dibatasi beserta jumlah peserta didiknya yang tatap muka.  (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close