Mejayan

Bangunan Warga, Pohon, dan Tiang Listrik Kena Tumbal Proyek Trotoar Mahal

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Ada konsekuensi di setiap pilihan. Tiga proyek pembangunan trotoar di kawasan Caruban berdampak pada sarana dan prasarana (sarpras) di sekitarnya. Selain ratusan pohon harus ditebang, posisi puluhan tiang listrik harus digeser. ‘’Bukan sebuah masalah karena sudah diperhitungkan,’’ kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Madiun Anang Tri Tjahjono Rabu (4/11).

Tiga proyek mahal senilai Rp 17,1 miliar. Pepohonan yang ditebang di dua sisi Jalan Ahmad Yani, MT Haryono, dan Letjen Sutoyo. Mayoritas pohon teduh dengan dedaunan yang rimbun. Seperti pohon mahoni dan trembesi. ‘’Ada 220 pohon ditebang. Tapi, hanya yang keberadaannya tidak simetris dengan pembangunan trotoar,’’ ujarnya.

Anang menyampaikan, ratusan pohon kena tebang bakal diganti. Pihaknya memilih pohon tabebuya karena lebih memiliki estetika. ‘’Kami tanam di pinggir trotoar,’’ ucapnya.

Informasi yang dihimpun, puluhan bangunan warga juga kena tumbal. Anang menyebut area terdampak sekadar pelataran, bukan bangunan utuh. Langkah itu bukan semata-mata mencaplok, melainkan tanahnya berstatus aset pemkab. ‘’Ini ibaratnya sekalian penertiban,’’ jelasnya.

Anang mengungkapkan, 47 bangunan rumah dan pertokoan terdampak pembangunan trotoar. Paling banyak di Jalan Ahmad Yani. Sosialisasi telah dilakukan sambil berkoordinasi dengan polsek, camat, dan lurah setempat. Pihaknya juga menawarkan pembongkaran pribadi. Supaya material yang masih bagus bisa digunakan kembali. ‘’Sudah beres. Kami apresiasi respons masyarakat yang sangat bagus,’’ tuturnya.

Pembangungan trotoar juga mengharuskan pemindahaan terhadap penyangga kabel listrik. DPUPR mencatat 29 tiang listrik mesti digeser. Perinciannya, 22 di Jalan MT Haryono, Letjen Sutoyo (6), dan Ahmad Yani (1). Pemindahannya dalam proses. ‘’Sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait. Semoga bisa selesai tepat waktu,’’ harapnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close