Madiun

Bangunan Kios Baru di Kompleks Monumen Kresek

Lebih Bagus tapi Pedagang Waswas Tidak Aman

CARUBAN, Jawa Pos Radar Caruban – Waswas membayangi belasan pedagang kios di kompleks Monumen Kresek, Wungu, Kabupaten Madiun. Agustus mendatang mereka bakal direlokasi ke kios baru. Mereka setuju. Hanya, model kios baru yang terbuka dinilai tidak aman. ‘’Tidak bisa dipakai menyimpan barang dagangan,’’ kata Asminem, salah seorang pedagang, Kamis (20/2).

Kios-kios baru itu semiterbuka. Petak persegi itu hanya tertutup tembok belakang dan atap. Pun, tidak ada pintunya. Sehingga, perempuan 62 tahun itu bingung menyimpan barang dagangan kelak. ‘’Sebenarnya tempatnya bagus, tapi tidak ada tempat menyimpan barang,’’ ujar warga Dusun Brojo, Kresek, Wungu, itu.

Di kios lama, Asminem dan pedagang lain biasa meninggalkan barang dagangan di kios. Pertimbangannya efisiensi, agar tidak setiap hari membawa pulang ke rumah. Namun, itu tidak mungkin di kios baru nanti. ‘’Katanya memang seperti itu modelnya. Belum bisa pindahan, masih menunggu jalannya disemen,’’ ungkapnya.

Suprapto, pedagang lain, menambahkan, dengan kios model baru itu tidak mungkin meninggalkan barang dagangan. Dia berharap kios baru berpintu dan lebih tertutup. Dengan begitu, bisa meninggalkan barang dagangan dengan tenang. ‘’Bagus, tapi keamanannya kurang,’’ sebutnya.

Deretan kios baru itu terletak sekitar 100 meter dari lokasi kios lama. Jumlah kios 20 unit. Sedangkan kios lama 18 unit. ‘’Bentuk bangunan ya seperti itu, sudah sesuai perencanaan dan sudah final,’’ kata Kabid Pengembangan Wisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun Isbani.

Bentuk bangunan kios baru tidak dapat diubah lagi. Kendati demikian, untuk keamanan, para pedagang diperbolehkan memodifikasi sendiri. Contohnya, kolong dapur bisa ditambah semacam laci untuk menyimpan barang dagangan. ‘’Bangunan kiosnya sudah selesai itu, tinggal jalan. Keperluan lain-lain ditargetkan selesai Agustus nanti,’’ terangnya. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button