Madiun

Bangun Tugu Penanda 0 Kilometer di Kota Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tinggal menunggu hari, tugu 0 kilometer bakal segera dibangun di Kota Madiun. Pemkot Madiun telah memesan tugu yang rencananya dipajang tepat di Perempatan Tugu. Menggantikan tiang penerangan jalan umum (PJU) yang selama ini terpasang.

Konsepnya menyerupai tugu Jogjakarta. Pembangunannya bersamaan penataan jalur pedestrian di Jalan Pahlawan. ‘’Konsepnya seperti Jogjakarta,’’ kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun Jariyanto.

Penempatan titik dan gaya lantai tugu dikonsep langsung oleh Wali Kota Madiun Maidi. Lantai bundaran menggunakan batu granit. Dipasang lima meter ke empat arah di perempatan itu. Pekerjaannya bakal diawali dengan mengeruk aspal. ‘’Tepat di bundaran itu nanti lantainya dari batu granit. Nyambung lima meter ke empat arah di perempatan itu,’’ terangnya.

Wali Kota Madiun Maidi menargetkan pekerjaan rampung sebelum Lebaran. Dia ingin warga kota yang merantau ke luar daerah dapat menikmati destinasi baru itu. ‘’Hari raya selesai,’’ kata Maidi.

Maidi menguraikan, konstruksi tugu terbuat dari tembaga dengan sentuhan warna klasik. Juga ditambahi ornamen-ornamen penunjang. Pejabat asal Magetan itu ingin menghadirkan suasana tempo dulu dengan warna baru di titik 0 kilometer Kota Karismatik. ‘’Tugu sudah dipesan, nanti tinggal pasang,’’ ujarnya.

Maidi berharap pembangunan tugu dapat menarik kunjungan warga dari berbagai daerah. Seiring dengan pembangunan jalur pedestrian mulai selatan balai kota hingga Perempatan Tugu. ‘’Dikembalikan ke masa lalu, tapi kalau dulu kecil. Sekarang kami buat agak besar dan lebih bagus,’’ ungkapnya.

Jawa Pos Radar Madiun telah mengulas tentang titik 0 kilometer pada 12 Januari lalu. Titik 0 kilometer di persimpangan tiga jalan utama, mulai Jalan Pahlawan dari arah utara (balai kota), Jalan Cokroaminoto menuju selatan, dan Jalan Panglima Sudirman dari arah barat (alun-alun), telah berdiri sejak era kolonial Belanda. Di masa kolonial, perlambang itu berfungsi sebagai menara pandang. Benang merah tugu sebagai titik nol kilometer ditandai dengan patok nol kilometer yang tidak jauh dari Perempatan Tugu. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close