Madiun

Bangun Monumen Tank Amfibi di Gerbang Tol Dumpil

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Meski telah menjadi pejabat tinggi negara, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono tak lupa pada daerah asalnya. Putra asli Kabupaten Madiun itu bakal menghibahkan kendaraan tempur. Bukan untuk perang, melainkan dijadikan monumen yang akan ditempatkan di simpang empat Dumpil. ‘’Jenisnya tank amfibi PT-76,’’ kata Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Madiun Boby Saktia, Sabtu (28/8).

Dengan bangga Boby menyebut bahwa kendaraan perang berlapis baja itu kelak bakal menjadi ikon baru Kabupaten Madiun. ‘’Pekerjaan di-handle TNI-AL. Pemkab men-support material,’’ ujarnya.

Bahkan, pekerjaan sudah dimulai sejak Senin lalu (23/8). Yakni, menyiapkan fondasi monumen. Setelah semuanya siap, kendaraan tempur pengintai musuh dari laut itu segera didatangkan. ‘’Perkiraan tiga minggu lagi datang. Pemkab diminta membantu menyiapkan crane untuk mengangkut,’’ terang Boby.

Sekadar informasi, nama asli tank amfibi PT-76 adalah Plavayushchiy Tank-76. Kendaraan tempur itu diproduksi Uni Soviet dan diperkenalkan pada 1950. Digunakan sejumlah negara yang masuk dalam Pakta Warsawa. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button