Magetan

Bangun Ikon Nol Kilometer Magetan

Berupa Tugu Setinggi 3 Meter dan Terdapat Globe

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Sebuah ikon tugu nol kilometer dibangun di depan SMPN 3 Magetan. Pembangunan menyentuh seluruh kawasan. Seperti pembongkaran pagar sisi timur serta pengecatan. Dengan harapan, tugu itu terlihat dari jalan langsung. ‘’Saat ini masih dalam pengerjaan,’’ kata Plt Kepala Disperkim Magetan Mujiono Selasa (3/12).

Dampak dari perbaikan tugu tersebut, halte angkutan yang berada di depan SMPN 3 Magetan digeser ke barat. Karena kawasan tugu itu bakal ditata untuk spot foto. Pembangunan mencakup pagar pembatas sekolah serta dua pilar dan penambahan prasasti sebagai penanda tugu. Sementara tinggi tugu mencapai tiga meter. ‘’Ujung tugu akan diberi globe,’’ ujarnya.

Mujiono mengaku, konsep penataan kawasan tugu nol kilometer itu meniru yang ada di Bandung dan Jogjakarta. Anggaran sebesar Rp 335,2 juta dikucurkan untuk membangun tugu tersebut. Pekerjaan ditargetkan selesai pada 15 Desember mendatang. ‘’Kami tetap mengawasi pekerjaannya dan mengingatkan pelaksana untuk mengerjakan sesuai kontrak,’’ tuturnya.

Penentuan lokasi pembangunan tugu nol kilometer memang tidak tertera dalam arsip. Namun, di lokasi pembangunan tugu tersebut saat ini sudah terdapat patok nol kilometer.

Dari situ, kemudian oleh disperkim dijadikan patokan untuk menentukan lokasi pembangunan tugu nol kilometer. ‘’Karena selama ini penanda itu hanya berupa patok. Kami tidak ingin ketinggalan dengan daerah lain,’’ kata Mujiono. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button