Advertorial

Bangkitkan Usaha Anyaman Bambu, Ini Yang Dilakukan Karta Persada Dagangan Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Upaya membangkitkan UMKM digalakkan Karang Taruna Persada Dagangan, Kabupaten Madiun. Kelompok karang taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community itu membuatkan papan nama bagi para perajin anyaman bambu di Desa/Kecamatan Dagangan.

Ketua Karta Persada Dagangan Nofan Puji Handaru mengatakan, Dusun Dagangan dulu dikenal sebagai sentra kerajinan anyaman bambu. Mulai dari besek, kukusan, tumbu, tampah, dan lain sebagainya.

Namun, saat ini kerajinan itu makin tergerus produk lain berbahan plastik. Sehingga peminatnya terus menurun. Kini tinggal tersisa delapan perajin anyaman bambu di dusun tersebut. ”Oleh karena itu, kami dari Karta Persada Dagangan yang tergabung dalam Heppiii Community berusaha untuk membangkitkan kembali UMKM ini. Kami berharap kerajinan anyaman bambu di Dusun Dagangan kembali ramai pembeli,” harap Nofan, Minggu (8/3).

Bentuk dukungan dari Karta Persada Dagangan itu berupa pembuatan papan nama masing-masing perajin dengan berbahan dasar besi, alumunium dan banner. Selain itu, mereka juga membantu memasarkan kerajinan anyaman bambu tersebut melalui media sosial (medsos).

Hasil pendampingan tersebut ternyata tidak sia-sia. Pemesanan pun datang mengalir. Antara lain 1.300 besek dari Karta Candimulyo dan 100 besek dari Karta Desa Sareng untuk kegiatan Pasar Heppiii.

Mushonif selaku perwakilan perajin anyaman bambu mengaku peran Karta Persada Dagangan dalam meningkatkan UMKM lokal begitu cukup besar. Dia berharap produksi kerajinan bambu di dusunnya kembali laris. ”Saya mewakili para perajin anyaman bambu sangat berterima kasih kepada Karta Persada yang sangat mendukung kebangkitan Dusun Dagangan sebagai sentra kerajinan anyaman bambu. Dengan bantuan mereka, saya yakin produk-produk yang dijual murah sekitar Rp 2.500 hingga Rp 10.000 ini akan kembali laris,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Dagangan Rudi Panca Widadi mengapresiasi inisiatif Karta Persada Dagangan. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan kelompok karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community itu selaras dengan upaya Pemkab Madiun dalam mengurangi sampah plastik. (*/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button