Ngawi

Bandel, Lapak PKL Terancam Dibongkar Paksa

Bupati Ngawi Keluarkan SE Baru New Normal PKL

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ini warning bagi para pedagang kaki lima (PKL) maupun pembeli. Satpol PP bakal menindak tegas mereka yang abai terhadap aturan new normal terkait potensi penyebaran Covid-19 yang tertuang dalam surat edaran bupati terbaru.

‘’Sekarang masih kami sosialisasikan. Bulan depan baru dilakukan penindakan,’’ kata Kabid Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Ngawi Arif Setiyono Kamis (25/6).

Arif menuturkan, beberapa hari lalu bupati resmi meneken surat edaran bernomor: 443/31.34/404.106.2020 tentang Tatanan Normal Baru PKL. SE itu memuat empat poin aturan tentang kegiatan PKL yang produktif dan aman dari risiko penyebaran virus korona. ‘’Ada beberapa perubahan dari aturan sebelumnya,’’ ungkapnya.

Aturan yang diberlakukan di antaranya jam berjualan mulai pukul 16.00 hingga 23.00. Selain itu, pembeli diizinkan makan di tempat, namun dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. ‘’Khusus untuk Jalan Teuku Umar (depan pendapa Pemkab Ngawi, Red) harus steril dari aktivitas PKL,’’ tegasnya.

Dalam SE tersebut juga disebutkan bahwa jika sudah melewati batas waktu yang ditentukan, pembeli wajib membubarkan diri alias pulang ke rumah masing-masing. ‘’Jika tidak mau mematuhi ketentuan akan kami tindak tegas,’’ ancamnya.

Bagi pedagang yang membandel, kata dia, aktivitas berjualannya bakal dibekukan. Bahkan, petugas tidak segan melakukan pembongkaran paksa lapak. Sedangkan pembeli yang bandel akan dibubarkan menggunakan mobil pemadam kebakaran (damkar). ‘’Tapi sebelumnya kami lakukan sanksi administratif dulu,’’ ujarnya.

Bagaimana dengan PKL di alun-alun yang buka sejak pagi? Arif menyebut, ketentuan dalam SE itu hanya berlaku untuk PKL sementara. Sedangkan PKL di Jalan Merdeka belum ada ketentuan resmi yang mengatur aktivitas mereka. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button