Ponorogo

Balap Liar di Ponorogo Masih Saja Merajalela

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Balap liar di Ponorogo ibarat jamur di musim hujan. Meski berulang kali dirazia polisi, aksi kebut-kebutan tetap merajalela. Puluhan remaja berani menggeber kencang sepeda motornya di jalan protokol setiap akhir pekan. ‘’Ternyata belum cukup memberikan efek jera,’’ kata Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali) Satlantas Polres Ponorogo Iptu Agus Syaiful Bahri Senin (9/3).

Pihaknya tidak henti menyisir ruas jalan yang kerap dijadikan sirkuit dadakan. Di antaranya, kawasan alun-alun, Jalan Juanda, hingga Jalan Suromenggolo. Penindakan kali terakhir adalah mengamankan 29 pembalap amatir itu Minggu lalu (8/3). ‘’Banyak laporan dari masyarakat terkait balap liar ini, hampir di setiap akhir pekan,’’ ungkapnya.

Pembalap liar yang sebagian masih di bawah umur 18 tahun itu dikenai tilang. Kendaraan modifikasi yang tidak memenuhi standar diminta untuk dikembalikan ke bentuk aslinya. Polisi juga memberikan pembinaan. ‘’Tapi, kalau tidak jera seperti ini, tentu kami prihatin,’’ ucapnya seraya menyebut sosialisasi dari satu pintu sekolah ke lainnya juga sudah dilakukan.

Syaiful prihatin dengan hobi kebut-kebutan itu. Sebab, balap liar rentan memicu tindakan kriminalitas lainnya. Seperti bentrokan antarkomunitas sepeda motor. Sehingga bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Lantas, mengapa aksi balap liar bisa dilakukan? ‘’Mereka memanfaatkan kelengahan petugas yang patroli,’’ ujarnya. (naz/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button