Madiun

Bakar Daun Tebu, Gudang Ikut Terbakar

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Gudang rongsokan di Jalan Campur Sari, Sogaten, Kota Madiun, dilalap si jago merah Selasa sore (27/8). Titik api itu ditengarai berasal dari sisa pembakaran daun tebu di belakang rumah warga. Kemudian merembet ke depan menyambar gudang penuh isi barang bekas itu. ’’Panik semua, kejadiannya jam 16.00,’’ kata Bandono, adik dari Yayuk, pemilik gudang rongsokan tersebut.

Kata dia, para pekerja di gudang tersebut sudah pulang. Sehingga gudang dalam keadaan kosong. ’’Kalau kakak ya sudah di rumah sebelahnya gudang,’’ jelasnya.

Meskipun tidak seluruhnya terbakar, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta. Mulai dari bak-bak plastik, botol-botol bekas, kardus, hingga barang-barang lainnya sebagian besar tak terselamatkan. Petugas pemadam kebakaran (damkar) cekatan datang. Sehingga api tidak merambat lagi ke rumah warga. ’’Kami dapat info ada kebakaran. Benar atau tidaknya kami tetap berangkat. Sampai di Jalan Gajah Mada kepulan asap hitam tebal sekali,’’ ujar Kasi Damkar Satpol PP Kota Madiun Anang Dwi Sulistyanto.

Dia menambahkan, enam mobil damkar langsung terjun ke TKP agar proses pemadaman bisa lebih cepat. ’’Kami berusaha memadamkan api, kurang lebih dua jam,‘’ jelasnya.

Selain memadamkan api, rumah-rumah yang dekat dengan lokasi kebakaran mereka basahi. Berjaga-jaga agar api tidak menjalar. ’’Karena rumahnya berimpitan, kami siram di sekitar belakang rumah-rumah, setelah itu tinggal pendinginan,’’ paparnya.

Wali Kota Madiun Maidi  kemarin juga tampak terjun ke lokasi. Selain menemui pemilik rumah, Maidi juga memberi instruksi kepada tim damkar untuk melakukan pemadaman secara total. Termasuk membasahi rumah di sekitar lokasi. ’’Saya mengimbau kepada masyarakat Madiun, harus hati-hati. Jangan sampai karena hal tidak penting dibakar, merembet menghabiskan rumah, kan malah jadi masalah,’’ katanya. (mgd/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close