features

Bahrul Ulum Modernisasi Cara Belanja Kebutuhan Dapur

Pesanan Diantar Sendiri, Packing Dibantu Istri

Bu sayur bu…. Teriakan pedagang sayur keliling yang saban pagi mengitari perkampungan itu kini menjadi nama sebuah aplikasi di Play Store. Ahmad Bahrul Ulum menggagasnya untuk memudahkan ibu rumah tangga memenuhi kebutuhan dapurnya dari smartphone. Temuannya relevan dengan situasi pandemi sekarang ini.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

TINGGAL klik barang sampai. Jargon itu menggambarkan cara kerja aplikasi yang wilayah edarnya khusus Kota Madiun. Bahrul terpikir menciptakan aplikasi itu setelah melihat kerumunan orang belanja di pasar tradisional. ‘’User tinggal klik belanjaan yang yang dipesan dan tunggu di rumah. Gratis ongkir,’’ katanya.
Setelah melewati proses empat bulan, idenya berhasil diwujudkan. Aplikasi yang dibuat bersama dua rekannya itu resmi rilis di Play Store 5 Januari lalu. Untuk mendaftar di Play Store dia membayar 25 dolar AS. Setelah itu tinggal difungsikan. Juga, bertahap di-update kualitas dan sistemnya. ‘’Kami terus berbenah dan perlahan membangun mindset masyarakat bahwa untuk belanja enggak harus ke pasar,’’ ujarnya.
SayurBU dipilih sebagai nama aplikasi karena mudah diingat. Sistem pembayaran orderan bisa cash on delivery (COD), transfer bank, maupun via GoPay. Cakupan pelayanannya khusus Kota Madiun. ‘’Yang mengantar saya sendiri, packing-nya dibantu istri. Saat ini sistem pengantarannya H+1,’’ terangnya.
Bahrul berencana mendirikan markas di Jalan Slamet Riyadi. Jika sudah punya lokasi khusus, pengantaran pesanan dipastikan lebih maksimal dan on time. Untuk sayuran, dia biasa belanja ke Magetan karena lebih segar. Jalan dua pekan, tak lantas semua pekerjaan berjalan lancar. Pria 26 tahun itu pernah salah antar pesanan. Namun, setiap kekurangan terus disempurnakan untuk memuaskan konsumen. ‘’Pesannya paha ayam, yang diantarkan bagian lain,’’ kenangnya. * (fin/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close