Ngawi

Bahaya! Kasus Harian Positif Covid-19 di Ngawi Meningkat

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Kekhawatiran bertambahnya angka penderita Covid-19 setelah momen Lebaran tahun ini menjadi kenyataan. Dinkes mencatat peningkatan kasus harian rata-rata 12 pasien per hari sejak 1 Juni lalu. ‘’Tren tersebut tidak turun dalam dua pekan terakhir,’’ kata Kepala Dinkes Ngawi Yudono, Senin (14/6).

Terhitung pada Minggu (13/6) lalu, total kumulatif kasus positif 2.516 penderita. Sebanyak 2.252 di antaranya telah sembuh, 238 meninggal dunia, dan sisanya kasus positif aktif.

Menurut Yudono, faktor meningkatnya kasus bukan hanya karena momen libur Lebaran, melainkan juga hajatan. Banyak warga menggelar pernikahan setelah Idul Fitri. Sayangnya, para penyelenggara abai terhadap protokol kesehatan (prokes) Covid-19. ‘’Seperti tidak ada jaga jarak antartamu dan tiadanya pembatasan jumlah tamu yang datang,’’ ujarnya.

Yudono berharap masyarakat tidak abai prokes kendati ada pelonggaran kegiatan masyarakat. Kedisiplinan individu adalah cara terefektif mencegah persebaran virus. ‘’Kami terus lakukan upaya preventif agar prokes benar-benar diterapkan,’’ ucapnya. (sae/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button