News

Bahan Bakare Sepur Yaiku

×

Bahan Bakare Sepur Yaiku

Share this article

Bahan Bakare Sepur Yaiku – Tubuhnya gelap, kuat, tua dan primitif. Dari dekat, asap tebal terlihat mengepul ke langit. Tiba-tiba terdengar suara nyaring dengan jelas. Tuttttt…… Iya, ini kereta clutok bermesin uap B2502 yang hendak berangkat 6 km dari Museum Kereta Api Ambbarwa menuju Stasiun Tinting.

Demikian laporan Tangkas Pamoji, salah satu jurnalis Radar Banyumas yang ikut serta bersama rombongan jurnalis Purwokerto dalam grup PT KAI Daop 5 Purwokerto di Stasiun Ambarwa, Semarang pada 28 Maret 2013.

Bahan Bakare Sepur Yaiku

Suasana di Museum Kereta Api Ambarwa sepi pada Kamis pagi itu. Dua atau tiga pengunjung muncul. Melewati pintu masuk, terdengar suara tttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt dari Ambarwa. Suara berulangnya sangat spesifik. Membuka monumen ibarat mendengarkan suara kereta api era kolonial Belanda dan Jepang.

Fakta Shell, Raksasa Minyak Dunia Yang Asal Usulnya Dari Indonesia Halaman All

Iya betul, inilah kereta wisata Ambarawa yang diberi nama “Sepur Klutuk” dengan lokomotif B2502. Kereta Api (KA), demikian sebutan kereta tersebut, sebenarnya sedang bersiap memindahkan rel lama ke Museum Kereta Api Umbarwa yang rupanya sudah usang namun terawat. Tak lama kemudian, suara itu akhirnya muncul dan sampai ke rombongan dari salah satu gudang tua tempat penyimpanan lokomotif di Stasiun Ambaroa.

Setelah itu kami menaiki mobil penumpang yang siap ditarik oleh KA Kiltok. Semua jendela mobil penumpang terbuka. Wisatawan yang bepergian dengan KA Kulotok juga bisa melihat pemandangan alam yang diberikan Allah SWT di ibu pertiwi ini. Beberapa saat kemudian, kereta Klotoc tergelincir. Dalam perjalanan, hampir kanan dan kiri terpampang pemandangan indah Rawa Penang yang terkenal dengan legenda mistisnya. Hamparan air yang luas dipenuhi berbagai perahu nelayan yang sedang memancing di bawah hamparan air.

Terlebih lagi, Rao Penang juga berlatar belakang megahnya Gunung Merbabu yang mendominasi langit. Berbagai jenis burung juga terlihat terbang di atas Rawa Kalaming. Dalam perjalanan kami berbincang dengan petugas dari PT KAI Daop 4 Semarang. Adalah Sri Vahono, rekan satu grup sekaligus asisten pengelola stasiun Stasiun Umbarwa yang berada di KA Kulotok. Sri menjelaskan, asap tebal akibat proses pembakaran tunggul kayu jati.

Saya coba pakai kayu jenis apa saja (kecuali jati), tapi lokomotifnya tidak mau jalan. Beralih dari kayu kelengkeng ke kayu lain. Mesin ini hanya membakar tunggul kayu jati untuk menggerakkan mesin. Bisa, katanya.

Pemuda Vietnam Bikin ‘supercar’ Kardus Bahan Bakar Bensin, Bisa Jalan!

Menurut Sri, dengan menggunakan tunggul kayu jati, kompresi batu bara panas cukup untuk memanaskan 6000 liter air yang berfungsi sebagai penggerak uap. Ia mengatakan, panas dari arang kayu jati juga bertahan lebih lama.

Baca Juga  Contoh Wilayah Fungsional

Selama perjalanan, wisatawan mendengar suara kereta Sepur Klotok serta suara klakson yang berbeda-beda di setiap persimpangan. Wisatawan juga berkesempatan melihat mereka membakar pohon jati untuk memasukkan dua petugas ke dalam tempat pembakaran.

Kedua petugas itu adalah Salemette dan Priego. Di Radermas, Preugo mengaku sudah tiga tahun bekerja sebagai pembakar kayu jati di Kereta Api Klotok. Ia mengatakan, dibutuhkan setidaknya 2,5 meter kubik kayu jati untuk perjalanan dari Ambarwa hingga Tintang.

Sekitar 20 menit perjalanan, rombongan sampai di Stasiun Tintang. Di stasiun ini Sepur Klutuk berhenti. Mematikan melibatkan mengembalikan lokomotif ke posisi traksi di jalur kembali. Selama manuver, gerbong dan lokomotif dipisahkan dan disambungkan kembali dengan arah yang berlawanan. Sekitar 10 menit kemudian kafan itu hilang. Kereta Kaltuk pun siap kembali ke stasiun Ambarwa.

Kini Lebih Murah, Cek Daftar Harga Bahan Bakar Shell September 2022

“Jaraknya sekitar 12 kilometer pulang pergi,” Kepala Stasiun Museum Kereta Api Ambarwa Amin Sugyantu menyambut rombongan wisata setelah tiba di stasiun Ambarwa.

Menurut Amin, usia lokomotif KA Klotok sudah lebih dari satu abad. Lokomotif ini diproduksi pada tahun 1902. Paket perjalanan KA Kulotok dari Stasiun Ambarwa menuju Stasiun Tintang sejauh 12 km (pulang pergi) adalah Rp 5 juta.

Nilai yang fantastis untuk perjalanan hanya 12 km. Namun jangan salah, kata Amin, gagasan dan nuansa lama itu terlalu kaku. Hal ini mendekatkan wisatawan pada kenangan masa lalu kolonial.

Penetapan harga yang menguntungkan juga sebanding dengan operasional. Menurut dia, dibutuhkan setidaknya 2,5 meter kubik kayu jati untuk menempuh perjalanan sejauh 12 km. Padahal, sepotong kayu jati harganya Rp 1,2 juta. Total kebutuhan bahan bakarnya saja sebesar Rp 3 juta.

Revvo 90, Bbm Produksi Vivo Yang Ramah Di Kantong Tapi Salahi Aturan

“Untuk mengoperasikan Kalthok Sipur harus dibakar dulu selama 3 jam.

Ia mengatakan hanya ada tiga mesin B2502 tua di dunia. Satu di Umberto, satu di Swiss dan satu di India atau Pakistan.

Tak hanya tipe B2502, Museum Kereta Api Ambarawa sendiri menyimpan 21 lokomotif tua. Namun yang bisa berjalan hanya empat, dan salah satunya adalah kereta tunggal dari Kalthok.

“Wisata kereta api bersejarah di Museum Kereta Api Ambarwa sudah diakui dunia internasional. Kapal pesiar dari berbagai negara, Eropa yang bertemu di Tanjung Imas Semarang selalu menyempatkan diri untuk menggunakan kereta api Klotok tua ini,” ujar Mereka.

Baca Juga  Nilai Luhur Perumusan Pancasila Bagi Bangsa Indonesia Adalah

Resep Ayam Bakar Gampang, Cocok Jadi Menu Wajib Di Acara Keluarga

Selain itu, untuk menaiki Sepur Klutuk wisatawan juga perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu. Kalau mendadak, kata mereka, tidak bisa dilaksanakan. Karena memerlukan proses pemanasan yang lama.

Pada daftar penumpang wisata, seperti yang ada di papan tulis ruang KS, terlihat puluhan paket berjejer. Ia mengatakan, hampir setiap hari ada penumpang wisatawan.

“Sebulan rata-rata 20 hingga 25 perjalanan,” ujarnya seraya menambahkan, jalur Stasiun Umbarwa hingga Stasiun Beduno yang melewati berbagai jalan pegunungan dibanderol Rp7,5 juta untuk paket prioritas dengan maksimal 80 penumpang. (*) Jenis bahan bakar kendaraan sangat beragam dan mempunyai fungsi serta kegunaannya masing-masing. Bahan bakar minyak atau BBM merupakan komponen penting bagi mesin kendaraan. Bahan bakar berperan penting dalam menghidupkan dan memberikan tenaga pada mesin.

Memahami jenis bahan bakar sangatlah penting. Pengisian bahan bakar yang tidak tepat dapat berdampak besar pada kinerja mesin kendaraan. Nah, untuk menambah pemahaman Anda mengenai jenis bahan bakar kendaraan, TransTRACK akan menjelaskannya secara detail pada artikel kali ini. Ayo, lihat!

Resep Sate Maranggi Yang Empuk Untuk Hidangan Keluarga

Bahan bakar adalah suatu zat yang digunakan untuk menjalankan mesin kendaraan, seperti mobil, sepeda motor, pesawat terbang atau bahkan mesin industri. Bahan bakar ini dibakar di dalam mesin kendaraan untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan roda atau baling-baling. Dalam konteks otomotif, pemilihan bahan bakar sangatlah penting, karena dapat mempengaruhi kinerja mesin, emisi, dan biaya pengoperasian.

Ada banyak jenis bahan bakar yang biasa digunakan untuk kendaraan termasuk mobil. Di Indonesia, bahan bakar mobil yang paling umum digunakan adalah bensin (petrol) dan solar (solar). Namun, jenis bahan bakar ini berbeda-beda menurut produsen dan kualitasnya. Ada dua produsen utama yang menawarkan berbagai jenis bahan bakar di Indonesia:

Shell adalah salah satu perusahaan minyak dan gas terkemuka di dunia dan menawarkan berbagai macam bahan bakar di Indonesia. Jenis bahan bakar serpih seringkali memiliki formulasi khusus yang dirancang untuk meningkatkan kinerja mesin dan mengurangi emisi.

Produk bensin Shell yang umum digunakan di Indonesia antara lain Shell Regular, Shell Super, dan Shell V Power. Sedangkan untuk solar ada Shell Diesel, Shell V Power Diesel dan Shell Diesel Extra.

Resep Ayam Saus Wijen, Ide Bekal Praktis Dan Enak Untuk Si Kecil

Pertamina adalah perusahaan minyak dan gas milik negara dan juga memiliki berbagai bahan bakar. Pertamina memproduksi berbagai jenis bensin dan solar dengan nilai oktan dan setana yang berbeda-beda. Bahan bakar pertamina sering dikenal dengan nama tertentu.

Baca Juga  Pengertian Sederhana

Varian bensin Pertamina antara lain Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo. Sedangkan untuk mobil bermesin diesel, Pertamina menawarkan Diesel, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Selain kedua jenis bahan bakar di atas, masih banyak jenis bahan bakar lain yang dapat digunakan untuk kendaraan bermotor, mesin industri, dan sumber energi lainnya. Di bawah ini akan kami jelaskan macam-macam bahan bakar minyak (BBM) dan kegunaannya secara detail.

Bensin adalah bahan bakar minyak berwarna kuning atau bening yang ringan dan mudah terbakar. Bensin diperuntukkan bagi kendaraan yang menggunakan sistem pengapian. Bahan bakar jenis ini sering digunakan untuk kendaraan bermotor, seperti mobil dan sepeda motor. Bensin memiliki nilai oktan yang dapat disesuaikan dengan kendaraan Anda.

Supercar & Hypercar Paling Haus Bahan Bakar Di Dunia

Diesel merupakan salah satu jenis bahan bakar cair yang lebih padat dan memiliki titik nyala lebih tinggi dibandingkan bensin. Surya biasanya berwarna kuning atau hijau. Diesel adalah bahan bakar standar untuk mesin diesel pada kendaraan komersial, truk dan bus. Energi matahari sering digunakan untuk mesin industri, pembangkit listrik bahkan kapal.

Avtur merupakan bahan bakar yang umum digunakan dalam penerbangan. Avtur bisa berupa cairan bening atau biru. Jenis ini memiliki titik bakar yang tinggi sehingga membantu mencegah terjadinya kebakaran di udara. Avtur sering digunakan untuk pesawat terbang dengan turbin atau mesin pembakaran luar, misalnya pesawat jet.

Dikenal juga dengan istilah bensin penerbangan atau Avgas, merupakan bahan bakar khusus untuk pesawat bermesin piston. Avgas terdiri dari berbagai jenis dengan kadar oktan yang berbeda-beda, yaitu Avgas 80, 100 dan 100LL. Aerogas digunakan pada pesawat terbang yang menggunakan sistem pembakaran internal, seperti pesawat kecil dan helikopter.

LNG adalah gas alam sampai dicairkan. Biasanya cairan yang dihasilkan tidak berwarna atau bening. LNG dikenal dengan energinya yang tinggi dan emisi yang rendah. Sering digunakan pada transportasi terutama kapal dan truk yang menggunakan mesin LNG, serta pada pembangkit listrik dan mesin industri.

Sindografis: Keren! Hypercar Bertone Gb110 Gunakan Bahan Bakar Limbah Plastik

Biodiesel adalah bahan bakar yang terbuat dari sumber tumbuhan atau hewan yang diubah menjadi bahan bakar cair. Bahan bakar jenis ini biasa digunakan sebagai alternatif pengganti solar konvensional. Biodiesel sering digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Terlepas dari isinya